02-11-2012, 09:52 AM
Masi lama kayaknya gan.
Scara kalo gw ikuti cara pandang operator mengupgrade pelayanan suatu KA itu diliat dari 2 kriteria yg tampaknya 80% saling terkait.
Pertama, berdasarkan jarak KA.
Digandengnya K3 ac cangkok dirangkean k3 reg itu uda jd program pasti & lahan pencarian omset baru buat operator. Kayak gapeka, pelayanan (berupa prioritas slama di lintas) diurutkan berdasarkan jarak yg ditempuh KA itu, dg no pertama di gapeka 2011 ini untuk k3 adl 113 & 114 ditempati buat matarmaja, 115 & 116 ditempati buat gbms, dst.
Gw liat mungkin sama ma penyebaran k3 ac cangkok yg dianggap mereka sbagai peningkatan pelayanan, bukan tanpa tujuan, tp pd tahap pertama penjajakan program k3 ac cangkok diprioritaskan pd k3 k3 jarak jauh lebi dulu krn operator berpikir smakin jauh jarak & lama waktu tempuh sbuah k3 maka desakan kbutuhan buat kenyamanan smakin besar & itu adl peluang uji coba buat operator, baru stelah k3 jarak sangat jauh slesai digandengi, ditahap brikutnya baru penggandengan pd k3 k3 jarak yg lebi pendek, sjauh ini uda sampe ke tahap yg mungkin gw sebut tahap 2, dg uda adanya k3 ac cangkok di rangkean jarak menengah macem kutojaya. Walopun menurut gw meliat rute KA ini yg ditempatkan harus lewat BD dl & sbnernya masuknya sbg jarak menengah setara sama kutojaya, tp nyatanya operator menggolongkan dia sbg jarak pendek.
Kedua, berdasarkan tingkatan okupansi/dipandang menghasilkan ato ga nya ka itu.
Ambil contoh dari gapeka pd k3 lg, stelah gbms diurutkan brantas lalu kertajaya baru pasundan & kahuripan, pdhl jarak & waktu tempuh pasundan lebi lama dari kertajaya. Itu gw liat si krn operator masi berpatokan bahwa ibu kota negara itu adl omset paling utama & ibu kota atau kota2 besar laennya mengikuti diblakangnya untuk soal omset, jadi apa2 aja yg berasal dr jak pasti menghasilkan keuntungan yg lebih besar (makanya jg daop 1 ditetapkan di jak & daop 2 ditempatkan di bd sbg kota yg dianggap berkembang pesat kedua di pulau jawa, dst)
Nah, ini gw liat jg mungkin berpengaruh sama peningkatan pelayanan KA ini dlm kasus pemberian k3 ac cangkok. Skalipun jarak KA ini bisa dimasukan sbg jarak menengah, tp bagi mereka KA ini setara dg tegal arum & tawang jaya yg ga begitu memberikan dampak positif bagi operator, malah cenderung datar2 aja, jd dimasukan dlm jajaran tahap terakhir KA yg layak dpt k3 ac.
Blom lg, alesan pribadi dr operator khusus buat KA ini. Krn KA ini harus melintasi 2 pegunungan skaligus, rangkean yg di bawa ga memungkinkan buat bawa panjang2, secara t100nya pun bnernya hanya ditugaskan 1 unit lok CC 201 sbg lokkes nya (1 unit CC 201 di petak BD-BJR yg terjal hanya mampu bawa 7-8 kereta pd ketentuan sbnernya). Alesan laennya kata operator karna k3 yg dijalankan oleh daop 5 cukup banyak (4 KA dg 7 rangkean) maka stock k3 yg ada harus dibagi2 & padet jam dinasnya.
K3 ac cangkok kan buat pemasangannya harus menumbalkan bbrapa unit k3 buat ga dinas demi menjalani proses pemasangan ac (kayak k3 k3 laen yg sempet disunati sampe akhirnya muncul k3 ac cangkok itu) & itu dinilai ga efektif buat pemeliharaan kondisi k3 laen yg SO skalipun daop 5 uda dpt jg k3 yg dipasangin ac, tp diperuntukan buat logawa & kutojaya yg jd prioritas, bserta cadangannya.
Ya smentara pendapat gw si bgitu keadaannya skarang
[/quote]
Smoga jd K3 AC..