Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 37 Votes - 2.97 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Antara Solo Jebres dan Solo Balapan. (1)

Post: #1
Antara Solo Jebres dan Solo Balapan.
04-Dec-2009 15:56 PM

Prameks Palur
Kambing


*

Offline

Posts: 4
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Dec 2009
Reputation: 0



Mungkin semua dah pada pernah lewat / singgah di kota Solo ketika naik kereta-Api, dan pada tau lah nama stasiun yang cukup terkenal, yaitu Solo Balapan.

Tapi yang jadi perhatian menarik adalah stasiun Solo Jebres. Saat kemarin aku sedang menunggu ka matarmaja di stasiun Solo Jebres (saat itu mau ke Kediri), sekitar pukul 01.00 dini hari, datang satu kereta yang berjalan langsung, yaitu KA Bangunkarta jurusan Jombang. Kereta itu tak berhenti di stasiun Solo Jebres, dan yang aku tahu KA Bangunkarta relasi Jakarta - Jombang lewat utara (SMT). Wah, Berarti KA Bangunkarta ini sama sekali tak singgah Solo dong !?

Seperti kita ketahui, kota Solo adalah pertemuan 2 cabang jalur KA terpadat di Indonesia, yaitu utara dan selatan. Solo sendiri memiliki 4 stasiun KA, yaitu Solo Jebres, Solo Balapan, Solo Purwosari, dan Solo Kota.

Untuk jalur rel nya dari timur ke barat : dari Stasiun Sragen-Palur-lalu masuk Stasiun Solo Jebres-lalu percabangan(yg satu langsung ke arah Semarang, yang satu ke arah Jogja lewat Solo Balapan)-dari Solo Balapan-ke Solo Purwosari-(Percabangan lagi, yang satu ke Solo Kota diteruskan ke Wonogiri, yang satu ke Klaten, Jogja).

Nah bila diturut jalurnya, KA yang lewat utara hanya akan lewat di Stasiun Solo Jebres saja! tidak lewat Solo Balapan.

Jumlah KA yang lewat utara (Solo-Semarang) selama ini ada 3, yaitu KA Bangunkarta, KA Brantas, dan KA Matarmaja, untuk 2 KA terakhir otomatis berhenti di Jebres, karena status mereka K3 dan Jebres memang diperuntukkan untuk kelas Ekonomi, tp bagaimana dengan KA Bangunkarta?

terkadang sangat miris, Solo sebagai salah satu dari 10 kota terbesar di Indonesia (bahkan karesidenannya +/-9 jt jiwa menjadi yang terbesar setelah Jadebotabek) tidak disinggahi KA relasi Jombang-Pasar Senen, alias lewat langsung tanpa berhenti.. belum lagi besok diluncurkan KA Bangunkarta exa dan Senja Kediri yang (lagi-lagi) lewat utara dan bakal bilang bye-bye kota Solo.New_bye

Pernah pula saya sempat utarakan maksud saya ke pihak PJKA di Solo Jebres untuk menaikkan 'status' nya agar bisa melayani KA kelas 1 & 2, toh selama in KA Prameks adalah K2 dan tetap bisa berhenti di Jebres. Tp mereka berkilah saat ini belum ada fasilitas ticketing online yang diperuntukkan untuk kelas bisnis dan exa.

Oleh karena itu, Pihak PT Kereta Api harus cpt tanggap masalah ini, toh tak ada mudhorotnya bila KA-KA diatas berhenti sejenak di kota Solo, yah sekedar menambah okupansi. gmn bung?
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #2
RE: Antara Solo Jebres dan Solo Balapan.
04-Dec-2009 17:04 PM

argolawu69
SMA N 1 KLATEN


*

Offline

Posts: 992
Likes Given: 26
Likes Received: 7 in 8 posts
Joined: Mar 2009
Reputation: 14



kan udah ada senja utama SLO. jadi kalo ada wong solo yg mau ke jakarta pake K2, naek senja utama aja.
itu pendapat saya
Pertamax.png" style="vertical-align: middle;" border="0" alt="U20c_Pertamax" title="U20c_Pertamax" />Pertamax.png" style="vertical-align: middle;" border="0" alt="U20c_Pertamax" title="U20c_Pertamax" />
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #3
RE: Antara Solo Jebres dan Solo Balapan.
04-Dec-2009 18:03 PM

Prameks Palur
Kambing


*

Offline

Posts: 4
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Dec 2009
Reputation: 0



Quote:kan udah ada senja utama SLO. jadi kalo ada wong solo yg mau ke jakarta pake K2, naek senja utama aja.
itu pendapat saya
U20c_pertamaxU20c_Pertamax

tuh jg bs dijadiin alasan, tp gmn untuk relasi sebaliknya, misal warga Solo ingin ke Jombang? Semua K1/K2 dr Solo ke timur tak ada yang berhenti di Jombang, Sancaka/Bima/Argo wilis/Turangga semua tak berhenti di Jombang. begitu jg jika ingin ke Kediri? mungkin lebih enak bila Bangunkarta dan Senja Kediri nantinya berhenti sejenak di Jebres.

Atau alternatif lain dari timur (Kediri/Jombang), lalu masuk Solo Jebres(berjalan langsung)->lalu ada segitiga percabangan ke semarang jangan belok,->lurus aja ke Solo Balapan(berhenti, dan loko nya dibalik di gerbong belakang->balik lagi ke segitiga percabangan balu belok ke Semarang..

hihihi ribet ya??New_xiexie
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #4
RE: Antara Solo Jebres dan Solo Balapan.
04-Dec-2009 21:35 PM

argolawu69
SMA N 1 KLATEN


*

Offline

Posts: 992
Likes Given: 26
Likes Received: 7 in 8 posts
Joined: Mar 2009
Reputation: 14



ada yg berhenti di jombang kok.

dari solobalapan ke jombang bisa naek argo wilis, BIMA. itu kalo kelas eksekutif.
kalo bisnis bisa naek sancaka, mutiara selatan jg..
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #5
RE: Antara Solo Jebres dan Solo Balapan.
04-Dec-2009 22:14 PM


Posts: 2,627
Likes Given: 2
Likes Received: 10 in 29 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 31



buset kalo mau ke SLO dari jakk naik K-1 yah naik KA yg lagi jadi primadoaa PT KA lah

Argo lawu sama dwipangga ..

kalo dari timur tuh .. pilihan nya udah di sebutin di atas buanyak lagih jgn bilang kalo dari malang,tulung agung, kediri ga ada kereta nya

ada gajayana loh, korek si dikit ...

jalur gundih - jebres ada KA lokal nya juga loh .. kek pandan wangi .. lom ada ka barang nya juga yg liwat sana

ga cuma kereta dari dan mau ke jakarta ajah

koleksi jepretan ane
http://www.flickr.com/photos/jhon_ipenk/


me whit ss-2v5 PInDAD
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #6
RE: Antara Solo Jebres dan Solo Balapan.
05-Dec-2009 09:34 AM

Agus_Faisal
Life must go on


*

Offline

Posts: 1,050
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 4 posts
Joined: Oct 2009
Reputation: 19



Yohaa, kalo dari SLO mo ke JG mah kalo mo murah ada Sancaka, K2 nye 50rebu, K1 nye 75rebu..Itulah alasan kenapa K1 dan K2 nyang lewat utara tidak berhenti di Solo Jebres..Soalnye dari Solo sendiri KA nya udah bejibun..

My Photos on Flickr CLICK HERE

My Facebook CLICK HERE
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #7
RE: Antara Solo Jebres dan Solo Balapan.
05-Dec-2009 17:33 PM

RaGa17
Odong-Odong


*

Offline

Posts: 17
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Nov 2009
Reputation: 0



Tapi kalo dipikir lg ya agak aneh jg ya KA Bangunkarta nggak berhenti di Solo yg termasuk kota besar. Bukan mslh mau naik apa dan mau kemana, tp anehnya itu knp Bangunkarta nggak singgah di Solo.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #8
RE: Antara Solo Jebres dan Solo Balapan.
05-Dec-2009 18:07 PM

argolawu69
SMA N 1 KLATEN


*

Offline

Posts: 992
Likes Given: 26
Likes Received: 7 in 8 posts
Joined: Mar 2009
Reputation: 14



bangunkarta kan kelas eksekutif(sebelumnya dia bisnis). kalo mau berhenti di solo, stasiun yg bisa melayani adalah st solobalapan. karena hanya st solobalapan yg melayani kelas eksekutif dan bisnis. sedangkan kelas ekonomi dilayani di st solojebres dan purwosari.

tetapi karena KA bangunkarta tdk melewati st solobalapan(lepas st solojebres, setelah sinyal masuk st solobalapan langsung belok kanan ke arah semarang tanpa melewati emplasemen st solobalapan), KA bangunkarta otomatis tdk berhenti di solo.

kalau harus berhenti di solo balapan, untuk menuju ke semarang harus putar lok seperti KA HArina. Repot kan?

lagipula, penumpang KA bangunkarta tdk banyak yg naik turun di solo. karena kalo mau ke solo, udah ada KA yg lain seperti penjelasan di atas.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #9
RE: Antara Solo Jebres dan Solo Balapan.
06-Dec-2009 17:26 PM

Prameks Palur
Kambing


*

Offline

Posts: 4
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Dec 2009
Reputation: 0



Sancaka beneran tuh berhenti di Jombang?? setahuku abis KTS langsung Mojokerto..

Yups, sebenarnya hanya masalah Surakarta kota sebesar ini kok kagak disinggahi, kurang sopan gituu..New_bingung

sebenarnya dulu saya juga sempat melihat Bangunkarta berhenti di Solo Jebres saat ke timur, entah apa maksudnya, penumpangnya banyak yang turun juga, tapi ya di satu hari itu aja..
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #10
RE: Antara Solo Jebres dan Solo Balapan.
06-Dec-2009 18:37 PM

Agus_Faisal
Life must go on


*

Offline

Posts: 1,050
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 4 posts
Joined: Oct 2009
Reputation: 19



(06-Dec-2009 17:26 PM)Prameks Palur Wrote:  Sancaka beneran tuh berhenti di Jombang?? setahuku abis KTS langsung Mojokerto..

Berhenti dong, ini buktinya (diambil dari situs resmi PT. Kereta Api Indonesia (Persero))

semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


Sancaka pagi dari SGU dan Sancaka sore dari YK berhenti normal di JG...

My Photos on Flickr CLICK HERE

My Facebook CLICK HERE
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #11
RE: Antara Solo Jebres dan Solo Balapan.
10-Dec-2009 12:20 PM

nino
mondar-mandir palbapang-kebonpolo


*

Offline

Posts: 2,081
Likes Given: 1
Likes Received: 53 in 78 posts
Joined: Dec 2008
Reputation: 12



(05-Dec-2009 17:33 PM)RaGa17 Wrote:  Tapi kalo dipikir lg ya agak aneh jg ya KA Bangunkarta nggak berhenti di Solo yg termasuk kota besar. Bukan mslh mau naik apa dan mau kemana, tp anehnya itu knp Bangunkarta nggak singgah di Solo.

ya... kejar tayang lah, semakin jarang brenti kan semakin mendekati tepat waktu jadwal kedatangan.... New_ngeledeks New_ngikik

jerit peluit iringi putaran cakram membelai batang baja
. . . . .


Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #12
RE: Antara Solo Jebres dan Solo Balapan.
27-Mar-2011 09:26 AM


Posts: 369
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 3 posts
Joined: Aug 2010
Reputation: 2



bangunkarta tdk brhnti di slo jebres mgkn biar penumpang mnggunakan senja utama slo atau argo dwipangga yg brgkt mlm hri dr slo balapan.,.,.

http://www.semboyan35.com/images/smilies...ahbiru.gif


MENUNGGU DIJALANKANNYA LAGI BANYUBIRU


SETELAH ISTIRAHAT PANJANG
Ba_senang
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #13
RE: Antara Solo Jebres dan Solo Balapan.
27-Mar-2011 09:42 AM

Dj_Dj_300791
CC 2040801 a.k.a CC 20408 YK


*

Offline

Posts: 1,779
Likes Given: 6
Likes Received: 14 in 21 posts
Joined: Sep 2009
Reputation: 27



Bangunkarta dan Senja Kediri berhenti di Solojebres karena menunggu sinyal aman dari stasiun berikutnya, tapi tidak ada aktivitas turun naik penumpang.
Kenapa Senja Kediri dan Bangunkarta tidak berhenti normal di SK (hanya sekedar nunggu sinyal aman), karena penumpang yang akan ke timur telah siap dicover oleh Argo Wilis dan Sancaka pagi (pagi hari) serta Turangga, Bima, Mutiara Selatan, dan Sancaka sore (sore dan malam hari) yang berhenti normal di Jombang, belum lagi ada si Gajayana yang siap ngecover sampe KTS-KD. Kalo bangunkarta dan Senja kediri berhenti normal di SK, akan terjadi rebutan okupansi dan yang ada malah sepi penumpang, keterlambatan KA akan terjadi, lagipula untuk Akses penumpang eksekutif yang turun dari bangunkarta seandainya benar berhenti di Jebres, kurang begitu layak, karena nyelempit, peronnya rendah, deket pasar dan kurang strategis (jauh ke jalan utamanya). Untuk Dari Jakk mau ke SLO pun telah dilayani argo lawu, argo dwipangga, S.U Solo, Bima dan Gajayana dengan pelayanan Balapan yang lebih dari Jebres. New_xiexie

Cobalah Cari tahu sendiri dulu baru bertanya bila benar - Benar Bingung dan tidak ada penjelasan, jangan maunya disuapin terus. Gak ada Nubie atau Master, semua sama, sama - sama belajar. New_lupa
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
[+] 1 user Likes Dj_Dj_300791's post
Post: #14
RE: Antara Solo Jebres dan Solo Balapan.
27-Mar-2011 09:54 AM

nikmuracell
SpyTrain


*

Offline

Posts: 890
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 4 posts
Joined: Nov 2010
Reputation: 17



(27-Mar-2011 09:42 AM)Dj_Dj_300791 Wrote:  Bangunkarta dan Senja Kediri berhenti di Solojebres karena menunggu sinyal aman dari stasiun berikutnya, tapi tidak ada aktivitas turun naik penumpang.
Kenapa Senja Kediri dan Bangunkarta tidak berhenti normal di SK (hanya sekedar nunggu sinyal aman), karena penumpang yang akan ke timur telah siap dicover oleh Argo Wilis dan Sancaka pagi (pagi hari) serta Turangga, Bima, Mutiara Selatan, dan Sancaka sore (sore dan malam hari) yang berhenti normal di Jombang, belum lagi ada si Gajayana yang siap ngecover sampe KTS-KD. Kalo bangunkarta dan Senja kediri berhenti normal di SK, akan terjadi rebutan okupansi dan yang ada malah sepi penumpang, keterlambatan KA akan terjadi, lagipula untuk Akses penumpang eksekutif yang turun dari bangunkarta seandainya benar berhenti di Jebres, kurang begitu layak, karena nyelempit, peronnya rendah, deket pasar dan kurang strategis (jauh ke jalan utamanya). Untuk Dari Jakk mau ke SLO pun telah dilayani argo lawu, argo dwipangga, S.U Solo, Bima dan Gajayana dengan pelayanan Balapan yang lebih dari Jebres. New_xiexie
SEMPURNA ... New_topbgt

BRAKE.Emergency use only (Click to View)
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #15
RE: Antara Solo Jebres dan Solo Balapan.
27-Mar-2011 09:57 AM


Posts: 369
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 3 posts
Joined: Aug 2010
Reputation: 2



http://www.semboyan35.com/images/smilies...tangan.gif


MENUNGGU DIJALANKANNYA LAGI BANYUBIRU


SETELAH ISTIRAHAT PANJANG
Ba_senang
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Ka Jaka Tingkir, Solo Jebres - Pasar Senen PP Anggara Torres 90 12,930 Yesterday 11:44 AM
Last Post: panji084
  Double Track Solo-Madiun-Surabaya UQIXpakeX 74 11,179 28-Oct-2014 15:25 PM
Last Post: Brama Kumbara
  Elektrifikasi (Sinyal dan LAA) Lintas Solo-Jogja argolawu69 275 45,208 27-Oct-2014 07:40 AM
Last Post: argolawu69
  KRL Solo Jogja Eko Widodo 46 4,178 25-Aug-2014 21:32 PM
Last Post: Hendra20409
  KA. KALIJAGA SOLO-SEMARANG pak yo 1 651 15-Feb-2014 21:24 PM
Last Post: Garry KAHP
  Menemukan gerbong aneh di rangkaian Senja Utama Solo, ada yang tahu? Sthrattoff 32 15,372 25-Aug-2012 08:11 AM
Last Post: Garry KAHP
  Jalur Solo Zweet_Fais 45 16,116 23-Jul-2012 04:31 AM
Last Post: kuli bangunan
  Pemkot Solo siapkan gerbong kereta api ditarik kuda animaX 68 23,444 05-Jan-2012 21:44 PM
Last Post: ayiknumapaksepur
  Banyuwangi-Mlg-Solo-Yogya & Malang-Semarang-Pk.Longan kapan ya..? Shiro_MaJa 37 10,926 30-Jul-2011 14:17 PM
Last Post: rifan sempre

Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)