Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 39 Votes - 3.28 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Jalur kereta api Cikampek - Cilamaya (3)

Post: #31
RE: Jalur kereta api Cikampek - Cilamaya
08-Jan-2010 13:56 PM

Penjelajah
ML - KML - SMP


*

Offline
RailTracker

Posts: 823
Likes Given: 0
Likes Received: 4 in 6 posts
Joined: Jun 2009
Reputation: 18



(05-Jan-2010 12:19 PM)D30180 Wrote:  usut punya usut, ternyata loko uap PG Sragi 16 ini adalah eks loko uap jenis TD yg pernah beroperasi di lintas Cikampek - Cilamaya.... perhatikan plat SS di samping loko ini...

Astaga naga ...! Betul mas. Nomor 16 ini di SS bernomor 203T 0-8-0T tahun 1912-1913, buatan Hartmann. Saya baru sadar kalo ini memang eks. lok SS. Selama ini saya ga begitu minat dengan narrow gauge milik pabrik gula seh ...

tambahan, dari meneer Rob Dickinson tahun 2002




Jadi penasaran nih, mau ngorek info lok eks. SS dan perusahaan lain yang dioper ke pabrik gula.

Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #32
RE: Jalur kereta api Cikampek - Cilamaya
08-Jan-2010 15:59 PM

rahmanx2
selalu bangun pagi2 buat mandiin ayam ^^v


*

Offline

Posts: 270
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Sep 2009
Reputation: 6



ternyata bener dugaan gw ada jalur trem di daerah kerawang...wktu umur 7thn dlo gw pernah liat ada semacem dipo loko gtu tp tempatnya agak jauh dari St.kerawang...gw tnya ke bude gw dy bilang itu kereta punya belanda... dlo klo mw ke sana harus masuk tengah2 kebon orang dlo baru ketemu tuh dipo + lokonya yg kecil2...entah sekarang masih ada atw ga...

jadi pgn mblusukan kesana..

145/146 Brantas, Selalu dihati Selalu dinanti

Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #33
RE: Jalur kereta api Cikampek - Cilamaya
08-Jan-2010 17:26 PM

Penjelajah
ML - KML - SMP


*

Offline
RailTracker

Posts: 823
Likes Given: 0
Likes Received: 4 in 6 posts
Joined: Jun 2009
Reputation: 18



"Out of Topic"
(08-Jan-2010 15:59 PM)rahmanx2 Wrote:  ternyata bener dugaan gw ada jalur trem di daerah kerawang...wktu umur 7thn dlo gw pernah liat ada semacem dipo loko gtu tp tempatnya agak jauh dari St.kerawang...gw tnya ke bude gw dy bilang itu kereta punya belanda... dlo klo mw ke sana harus masuk tengah2 kebon orang dlo baru ketemu tuh dipo + lokonya yg kecil2...entah sekarang masih ada atw ga...

jadi pgn mblusukan kesana..

Silahkan ke SINI untuk lintas Karawang, ke SINI untuk napak tilasnya, dan ke SINI untuk dipo Karawang yang mana sekarang sudah direnovasi dan beralih fungsi.






Lebih enak kalo nyari topic pake SEARCH dulu, kalo memang ga ada silahkan nanya ..

Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #34
RE: Jalur kereta api Cikampek - Cilamaya
08-Jan-2010 18:47 PM

D30180
Milik Sub Dipo PK


*

Offline

Posts: 453
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 5 posts
Joined: Nov 2008
Reputation: 5



(08-Jan-2010 13:56 PM)Penjelajah Wrote:  
(05-Jan-2010 12:19 PM)D30180 Wrote:  usut punya usut, ternyata loko uap PG Sragi 16 ini adalah eks loko uap jenis TD yg pernah beroperasi di lintas Cikampek - Cilamaya.... perhatikan plat SS di samping loko ini...

Astaga naga ...! Betul mas. Nomor 16 ini di SS bernomor 203T 0-8-0T tahun 1912-1913, buatan Hartmann. Saya baru sadar kalo ini memang eks. lok SS. Selama ini saya ga begitu minat dengan narrow gauge milik pabrik gula seh ...

tambahan, dari meneer Rob Dickinson tahun 2002

Jadi penasaran nih, mau ngorek info lok eks. SS dan perusahaan lain yang dioper ke pabrik gula.
Dulu, di PG Sragi ada 3 buah lok jenis ini yang didatangkan dari Tegal(konon lok ini pernah dipakai untuk mengankut material saat membangun bendungan cacaban). tapi sekarang tinggal 1 yang masih mondar - mandir saat musim giling tiba, menurut orang sana(Sragi) beberapa loko uap ada yang dijual entah dikilokan atau dikoleksi railfans asing, takutnya loko2 yang hampir punah semacam ini bakal hilang untuk selama2nya New_crying

Back on Topic

Tag_semboyan35
Awas!!! pintu perlintasan tak berpalang...
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #35
RE: Jalur kereta api Cikampek - Cilamaya
08-Jan-2010 18:54 PM

Penjelajah
ML - KML - SMP


*

Offline
RailTracker

Posts: 823
Likes Given: 0
Likes Received: 4 in 6 posts
Joined: Jun 2009
Reputation: 18



(08-Jan-2010 18:47 PM)D30180 Wrote:  Dulu, di PG Sragi ada 3 buah lok jenis ini yang didatangkan dari Tegal (konon lok ini pernah dipakai untuk mengankut material saat membangun bendungan cacaban). tapi sekarang tinggal 1 yang masih mondar - mandir saat musim giling tiba, menurut orang sana(Sragi) beberapa loko uap ada yang dijual entah dikilokan atau dikoleksi railfans asing, takutnya loko2 yang hampir punah semacam ini bakal hilang untuk selama2nya New_crying

Back on Topic

Menurut catatan kang Indra Krishnamurti, 4 ekor ..

A number of ex-SS 600 mm gauge locomotives found their way to Sragi sugar mill:
- SS 201T became Sragi 13, currently stored
- SS 202T became Sragi 12
- SS 203T became Sragi 16
- SS 301T became Sragi 18, currently stored

Sumber : keretapi.tripod.com

Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #36
RE: Jalur kereta api Cikampek - Cilamaya
08-Jan-2010 19:03 PM

D30180
Milik Sub Dipo PK


*

Offline

Posts: 453
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 5 posts
Joined: Nov 2008
Reputation: 5



(08-Jan-2010 18:54 PM)Penjelajah Wrote:  
(08-Jan-2010 18:47 PM)D30180 Wrote:  Dulu, di PG Sragi ada 3 buah lok jenis ini yang didatangkan dari Tegal (konon lok ini pernah dipakai untuk mengankut material saat membangun bendungan cacaban). tapi sekarang tinggal 1 yang masih mondar - mandir saat musim giling tiba, menurut orang sana(Sragi) beberapa loko uap ada yang dijual entah dikilokan atau dikoleksi railfans asing, takutnya loko2 yang hampir punah semacam ini bakal hilang untuk selama2nya New_crying

Back on Topic

Menurut catatan kang Indra Krishnamurti, 4 ekor ..

A number of ex-SS 600 mm gauge locomotives found their way to Sragi sugar mill:
- SS 201T became Sragi 13, currently stored
- SS 202T became Sragi 12
- SS 203T became Sragi 16
- SS 301T became Sragi 18, currently stored

Sumber : keretapi.tripod.com
Betul, terakhir sekitar tahun 1993an ketika saya cuma melihat ada 3 unit saja... trus sekitar tahun 2000an tinggal 2 unit yaitu SR 12 dan SR 16, dan sekarang tinggal 1 unit. Mungkin lok yang 1 unit (SR 18) didatangkan dari jalur Banyuwangi - lumajang yang juga terdapat spoor dgn lebar 600mm...

Tag_semboyan35
Awas!!! pintu perlintasan tak berpalang...
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #37
RE: Jalur kereta api Cikampek - Cilamaya
27-Aug-2010 22:53 PM

van Baso
Plymouth


*

Offline

Posts: 712
Likes Given: 2
Likes Received: 10 in 15 posts
Joined: Aug 2010
Reputation: 6



Sta. Cilamaya masih ada ko, bentuknya masih tetep cuma dah beralih fungsi jadi rumah tinggal. Klo soal relnya kecil kemungkinan masih ada, tp jalurnya sama kya jalur mobil cuma nyimpang di daerah............ (lupa tepatnya dimana)
Klo ada waktu nanti saya upload sisa2 jalur-nya

Plymouth PKC menuju hari kejayaannya dengan angkutan yang berbeda, yaitu BATUBARA

walau koleksi foto belon banyak
koleksi foto saya
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #38
RE: Jalur kereta api Cikampek - Cilamaya
02-Sep-2010 09:26 AM

optibus prime
Parahyangan


*

Offline

Posts: 509
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 3 posts
Joined: Jun 2010
Reputation: 2



(27-Aug-2010 22:53 PM)van Baso Wrote:  Sta. Cilamaya masih ada ko, bentuknya masih tetep cuma dah beralih fungsi jadi rumah tinggal. Klo soal relnya kecil kemungkinan masih ada, tp jalurnya sama kya jalur mobil cuma nyimpang di daerah............ (lupa tepatnya dimana)
Klo ada waktu nanti saya upload sisa2 jalur-nya

di tunggu fotonya gan....
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #39
RE: Jalur kereta api Cikampek - Cilamaya
04-Sep-2010 21:19 PM

van Baso
Plymouth


*

Offline

Posts: 712
Likes Given: 2
Likes Received: 10 in 15 posts
Joined: Aug 2010
Reputation: 6



Klo sejarahnya saya ga tau, yg saya tau dahulu ada jalur Cikampek-Cilamaya dan ditutup antara tahun 1975-1990 (saya ga tauNew_ngeledek)
lebar gauge yg dipake narrow gauge (antara 600-800 ga tau pastinya da belon pernah liat)
bahan bakar pertama yg dipakai, menggunakan kayu bakar. lalu diganti batu bara, lalu diganti minyak bakar, terakhir lokomotif diganti dengan yg bermesin diesel
model kereta yg dipakai tidak umum alias beda dari yg lain. posisi tempat duduk dibuat saling membelakangidengan di ujung kiri dan kanan terdapat tiang penahan atap kereta
seiring membaiknya keadaan jalan raya, KA Cilamaya kehilangan pamor (gimana engga, kecepatan oplet & angkutan umum yg lain bisa 60kpj, KA cuma 20-40kpj walau diganti loko diesel keadaannya 11-12 alias ga ada bedanya) akhirnya dengan pertimbangan merugi jalur Cikampek-Cilamaya wafat (inalillahi......)New_sedihtisue
Setelah di cek ke nyokap saya, ternyata memang bener itu lokomotif yg pertama beroperasi dan semua lokomotif yg ada di jalur Cilamaya-Cikampek bentuknya sama tp ga tau ada berapa jumlahnya. untuk sisa rel & jembatan saya belon mblusukan tp tadi pagi (04-09-2010) pulang ke rumah mertua nyempetin foto bekas rel berpijak:

Catatan; buat yg mau mblusukan jalur Cikampek - Cilamaya, sebelum foto-foto ada baiknya minta ijin terlebih dahulu ke RT/RW setempat, orang di daerah itu aga sensitif untuk urusan yg berhubungan ama PT. Kereta Api Indonesia (Persero) (mereka takut tanah & bangunan yg mereka tempati digusur, karena sampai sekarang ternyata kepemilikan tanah masih atas nama PT. Kereta Api Indonesia (Persero))

kalo kualitas foto kurang memuaskan mohon dimaafkan karena pake hp U5i
kalo kegedean mohon dimaafkan juga karena belon sempet ngedit (ga punya PC ini juga pake PC kantor upload ama postingnya)

Ampir lupa.... klo diliat dari posisi ujung rel yg mengarah ke utara, kemungkinan besar tadinya rel akan diteruskan ke laut n dibuat pelabuhan di Cilamaya tp belandanya keburu diusir

Plymouth PKC menuju hari kejayaannya dengan angkutan yang berbeda, yaitu BATUBARA

walau koleksi foto belon banyak
koleksi foto saya
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #40
RE: Jalur kereta api Cikampek - Cilamaya
04-Sep-2010 22:31 PM

ahmadi
Satria Bergetar


*

Offline

Posts: 533
Likes Given: 0
Likes Received: 5 in 2 posts
Joined: Aug 2009
Reputation: 2



(04-Sep-2010 21:19 PM)van Baso Wrote:  Klo sejarahnya saya ga tau, yg saya tau dahulu ada jalur Cikampek-Cilamaya dan ditutup antara tahun 1975-1990 (saya ga tauNew_ngeledek)
lebar gauge yg dipake narrow gauge (antara 600-800 ga tau pastinya da belon pernah liat)
bahan bakar pertama yg dipakai, menggunakan kayu bakar. lalu diganti batu bara, lalu diganti minyak bakar, terakhir lokomotif diganti dengan yg bermesin diesel
model kereta yg dipakai tidak umum alias beda dari yg lain. posisi tempat duduk dibuat saling membelakangidengan di ujung kiri dan kanan terdapat tiang penahan atap kereta
seiring membaiknya keadaan jalan raya, KA Cilamaya kehilangan pamor (gimana engga, kecepatan oplet & angkutan umum yg lain bisa 60kpj, KA cuma 20-40kpj walau diganti loko diesel keadaannya 11-12 alias ga ada bedanya) akhirnya dengan pertimbangan merugi jalur Cikampek-Cilamaya wafat (inalillahi......)New_sedihtisue

Setelah di cek ke nyokap saya, ternyata memang bener itu lokomotif yg pertama beroperasi dan semua lokomotif yg ada di jalur Cilamaya-Cikampek bentuknya sama tp ga tau ada berapa jumlahnya. untuk sisa rel & jembatan saya belon mblusukan tp tadi pagi (04-09-2010) pulang ke rumah mertua nyempetin foto bekas rel berpijak:

keterangan; bahu jalan sebelah kiri dulunya ditempatin ama rel KA lalu belok menyambung di foto kedua. posisi jalan raya dahulu aga ke sebelah kanan dan bukan menggunakan aspal, tetapi masih jalan tanah


09042010036 by Mario van Baso, on Flickr

keterangan; lanjutan foto yg diatas. bahu jalan sebelah kanan tempat rel berpijak tp saya ga tau ujung, turn table, wesel, jumlah spoor ada dimana n ada berapa (jalur mati pas nyokap saya pindah ke Bogor)


09042010037 by Mario van Baso, on Flickr

keterangan; rumah yg cat kuning dulunya adalah stasiun cilamaya, perhatikan bagian tembok yg cat-nya krem, tinggal itu sisa dari stasiunnya

Catatan; buat yg mau mblusukan jalur Cikampek - Cilamaya, sebelum foto-foto ada baiknya minta ijin terlebih dahulu ke RT/RW setempat, orang di daerah itu aga sensitif untuk urusan yg berhubungan ama PT. Kereta Api (Persero) (mereka takut tanah & bangunan yg mereka tempati digusur, karena sampai sekarang ternyata kepemilikan tanah masih atas nama PT. Kereta Api (Persero))

kalo kualitas foto kurang memuaskan mohon dimaafkan karena pake hp U5i
kalo kegedean mohon dimaafkan juga karena belon sempet ngedit (ga punya PC ini juga pake PC kantor upload ama postingnya)

Ampir lupa.... klo diliat dari posisi ujung rel yg mengarah ke utara, kemungkinan besar tadinya rel akan diteruskan ke laut n dibuat pelabuhan di Cilamaya tp belandanya keburu diusir
[/quote]

Kalau lihat keadaan dilapangan sepertinya kecil peluang untuk mengaktifkan jalur ini.New_sedihtisue
Bekas relnya apakah 100% telah raib atau masih bisa ditemui di beberapa titik bekas rel?
Orang tuanya pindah ke abesin ya..New_ngikik
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #41
RE: Jalur kereta api Cikampek - Cilamaya
04-Sep-2010 23:05 PM

van Baso
Plymouth


*

Offline

Posts: 712
Likes Given: 2
Likes Received: 10 in 15 posts
Joined: Aug 2010
Reputation: 6



Prinsip nomor satu bagi kebanyakan orang Indonesia ada uang, ada jalan New_heran tp daripada ngeaktifin jalur Cilamaya mending ngeaktifin jalur Bogor-Bandung atau jalur Pangandaran atau yg lebih jos lagi jalur ke Bayah

Iya nih pindah ke Abesin ga jauh dari rumah Ino New_ngeledek

Plymouth PKC menuju hari kejayaannya dengan angkutan yang berbeda, yaitu BATUBARA

walau koleksi foto belon banyak
koleksi foto saya
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #42
RE: Jalur kereta api Cikampek - Cilamaya
10-Oct-2010 07:18 AM

van Baso
Plymouth


*

Offline

Posts: 712
Likes Given: 2
Likes Received: 10 in 15 posts
Joined: Aug 2010
Reputation: 6



sundul dulu ah

Jalur Cikampek - Cilamaya dilihat dari peta lama


Lingkaran Kuning di daerah Jomin
Lingkaran Merah di sekitar pasar Gempol

Jomin lama



Jomin Sekarang


garis kuning merupakan jalur Narrow Gauge

Gempol


garis kuning merupakan jalur Narrow Gauge

New_mawar
boleh diuji kebenarannya

Plymouth PKC menuju hari kejayaannya dengan angkutan yang berbeda, yaitu BATUBARA

walau koleksi foto belon banyak
koleksi foto saya
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #43
RE: Jalur kereta api Cikampek - Cilamaya
24-Dec-2010 15:05 PM

andhykandrian
Tawang Jaya


*

Offline

Posts: 87
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Sep 2010
Reputation: 0



Melihat postingan bro van Baso, kalo mau di aktifkan kembali jalurnya, bakal nelen banyak biaya, bisa kena prinsip bangun tol dengan pembebasan tanah, dll. Mungkin bisa di alokasikan ke pengaktifan jalur (mati) lainnya. Tapi tanahnya (masih) atas nama PT.KAI? Dilihat dari 24 stasiun yang hilang, cukup banyak juga yah kehilangannya. Tapi dari fotonya udah rata sama tanah, agaknya emang gak mungkin lagi.

RF andhykandrian, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Sep 2010.
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #44
RE: Jalur kereta api Cikampek - Cilamaya
08-Jan-2011 01:29 AM

van Baso
Plymouth


*

Offline

Posts: 712
Likes Given: 2
Likes Received: 10 in 15 posts
Joined: Aug 2010
Reputation: 6



(24-Dec-2010 15:05 PM)andhykandrian Wrote:  Melihat postingan bro van Baso, kalo mau di aktifkan kembali jalurnya, bakal nelen banyak biaya, bisa kena prinsip bangun tol dengan pembebasan tanah, dll. Mungkin bisa di alokasikan ke pengaktifan jalur (mati) lainnya. Tapi tanahnya (masih) atas nama PT.KAI? Dilihat dari 24 stasiun yang hilang, cukup banyak juga yah kehilangannya. Tapi dari fotonya udah rata sama tanah, agaknya emang gak mungkin lagi.

Bisa diaktifkan dengan dua syarat
1. Dana (bukan bro @Dana Komuter)
2. Okupansi

Kita anggap dananya ada. Melihat keadaan angkutan yg ada (Angkot dan Elf), okupansi bagus hanya pada jam-jam tertentu (03.00-08.00, 11.00-13.00, 15.00-20.00). Bilapun ada KA, nasibnya ga jauh beda ama Argo Peuyeum (loko BB+2K3) maksimal loko BB+3K3

Okupansi bisa bagus bila ada penambahan jalur dari Kecepet ke Wadas, nantinya trayek menjadi Cikampek-Cilamaya, Cilamaya-Kecepet-Wadas Cikampek. pada jam2 sibuk jalur yg baru ini bisa bawa 4-8K3 (kambing jangan diitung dulu)

kalo saya yg jadi Presiden sih mending diaktifin sekaigus buat nostalgia orangtua saya
New_bye

Plymouth PKC menuju hari kejayaannya dengan angkutan yang berbeda, yaitu BATUBARA

walau koleksi foto belon banyak
koleksi foto saya
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)