Thread Rating:
  • 23 Vote(s) - 3 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Dompet Pecinta KA Peduli Korban Gempa Sumatra Barat
#1
Anggota Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) dan pecinta Kereta Api (KA) yang budiman, sejak beberapa bulan terakhir Tanah Air kita dilanda musibah. Bencana alam gempa bumi, tanah longsor dan lainnya seolah datang silih berganti.

Masih segar dalam ingatan kita, pada awal bulan September 2009 lalu saudara-saudara kita di Tasikmalaya dan sekitarnya dilanda musibah gempa bumi dan tanah longsor. Puluhan orang meninggal dunia dan ratusan bangunan rusak parah. Rabu (30/9) lalu, giliran suadara-saudara kita di Sumatra Barat yang mendapat cobaan berupa bencana alam gempa bumi. Ratusan orang meninggal dunia, ribuan orang mengalami luka-luka dan ribuan bangunan hancur, termasuk salah satunya adalah infrastruktur kereta api juga tidak luput dari dampak dari gempa.

Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama dan dalam rangka meringankan beban penderitaan para korban, organisasi pecinta kereta api Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) membuka Dompet Peduli Gempa Sumatra Barat untuk para pecinta/pemerhati Kereta Api (KA).

Bagi rekan IRPS dan pecinta/pemerhati Kereta Api yang ingin membantu atau menjadi donatur, dapat menyalurkan sumbangan tersebut melalui Bank BCA Cabang Margonda nomor rekening 8690380898 atas nama Saleh Purwanto. Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi ke Saleh Purwanto di +628158875915 untuk pencatatan administrasinya (nama donatur, tanggal/jam transfer dan jumlah donasi).

Selanjutnya, bantuan para dermawan akan kami salurkan kepada saudara-saudara kita yang menjadi korban gempa di Sumatera Barat melalui bantuan perwakilan/anggota IRPS di Sumatra Barat yaitu pak Adrian Zulfikar (mobile: +6281363628910, domisili di bukit tinggi) dan pak Yulnofrins Napilus (mobile: +62811918008, domisili di padang).

Marilah kita bersama-sama menunjukkan kepedulian pecinta kereta api terhadap korban gempa di Sumatra Barat.
menurut informasi (via sms) yang kami terima dari pak Djoko Margono (Direktur Personalia dan Umum, pt KA) bahwa tidak ada karyawan pt KA yang meninggal dunia ataupun luka-luka namun rumah karywan banyak yang rusak, fasilitas kantor dan balai yasa mengalami kerusakan berat. untuk informasi lainnya yang kami dapatkan dari sumber di internet, kami lampirkan di bawah ini.

Atas perhatian dan kepeduliannya, kami ucapkan terima kasih.

salam,
Artanto Rizky Cahyono
sekretaris IRPS Jakarta
http://www.irps.or.id

=====================================================

sumber:
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=48673

Sabtu, 03 Oktober 2009 , 06:22:00
Operasional KA Terhenti, Rugi Rp23 M

PADANG -- Hampir semua sarana pelayanan publik mengalami kerusakan akibat gempa di Sumatera Barat. Jalur kereta api (KA) yang sebenarnya menjadi alternatif untuk mengangkut bantuan, ternyata juga tidak bisa difungsikan. Humas PT KA Divre Sumbar Romeyo kepada JPNN menjelaskan, lintasan KA menuju Pariaman dan sekitarnya yang termasuk daerah paling parah mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan 7,9 skala richter, Rabu (30/9) lalu.

Khusus jalur Padang-Pariaman, menurut Romeyo, kerusakan yang terjadi yang terparah ada di kawasan Alai rel kereta api turun sekitar 50 cm, pilar jembatan Linggarjati Padang retak. Lalu, jembatan Pasarusang Padangpariaman pilarnya turun dan rel di Parakkopi Padang turun 20 cm. Stasiun Pariaman juga diperkirakan alami kerusakan parah.

Sedangkan jalur kereta api Indarung-Bukitputus khusus membawa semen, juga rusak dan operasional terhenti. Kerusakan paling parah terjadi di KM 4, bantalan menggantung 16 meter. Lalu, bantalan lari 40 cm di KM 11.

Saat ini, lintasan KA yang rusak itu terus dalam proses diperbaiki. Dia memperkirakan, keinginan PT KA untuk mengangkut bantuan secara gratis, baru bisa dilaksanakan setelah tiga hari ke depan akibat kerusakan jalur. Keinginan untuk memberikan bantuan penyaluran secara gratis itu lantaran para petinggi KA melihat masih banyak bantuan menumpuk di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) akibat kemacetan di jalan raya. Kata Romeyo, langkah manajemen KA ini atas instruksi Direktur Personalia dan Umum Joko Margono juga sudah menginstruksikan itu secara khusus dalam kunjunganya dua hari lalu.

"Akibat kerusakan jalur kereta api itu, sekarang ini seluruh operasional kereta dihentikan untuk sementara waktu. Selain jalur itu, kebijakan tersebut juga diterapkan pada jalur kereta api lainnya. Kerugian sementara diperkirakan mencapai Rp23 miliar," ujar Romeyo.

Khusus Dipo Padang, menurut Romeyo, banyak gedung roboh dan tak bisa digunakan lagi. Kerusakan juga terjadi pada perumahan karyawan. Tercatat, 32 rusak parah, 51 sedang dan 25 ringan. Sebanyak tiga gerbong di dipo Padang anjlok, dua gerbong di balai jasa Padang rebah dan dua lainnya anjlok.

Khusus yang perbaikan Dipo dan perumahan karyawan ini, masih harus menunggu bantuan dari pusat. "Tapi sarana yang bersifat krusial seperti perbaikan jalur Padang-Pariaman, dan Indarung-Paritputus, kita talangi telebih dahulu. Untungnya, stok solar kita masih aman," katanya. (rdo/JPNN)
Reply


Messages In This Thread
Dompet Pecinta KA Peduli Korban Gempa Sumatra Barat - mas_rizky - 03-10-2009, 12:37 PM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)