Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 28 Votes - 3.14 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

KUNJUNGAN IRPS KE DIVRE III SUMATERA SELATAN (1)

Post: #1
KUNJUNGAN IRPS KE DIVRE III SUMATERA SELATAN
07-Jul-2009 18:07 PM

asep_0907 [Portugal]
Blusukan Tiada Tara


*

Offline

Posts: 3,206
Likes Given: 0
Likes Received: 4 in 13 posts
Joined: Jun 2008
Reputation: 43



Kendati masih lama, tak salahnya mulai saat ini pengumuman ini di publikasikan mengingat jelajah kali ini membutuhkan biaya yang agak besar.

KUNJUNGAN IRPS KE DIVRE III SUMATERA SELATAN

Sejalan dengan Calender Of Event (COE) Indonesian Railway Preservation Society (IRPS), serta dalam rangka kegiatan pembelajaran, eksplorasi dan kecinta keretaapian, maka pada bulan Desember 2009 akan diadakan kunjungan ke Divisi Regional (Divre) III Sumatera Selatan.

Kunjungan ini terbuka untuk teman-teman pecinta KA di luar IRPS sepanjang tetap bersedia memenuhi ketentuan yang akan digariskan oleh tim koordinasi kegiatan IRPS.

Adapun maksud serta tujuan kunjungan tersebut adalah untuk mengetahui lebih dekat perkeretaapian di wilayah paling selatan pulau Sumatera beserta semua keunikannya, yang pada akhirnya akan menambah wawasan serta kecintaan kita terhadap kereta api khususnya yang ada di Divre III. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwasanya perkeretaaapian di Divre III memiliki keunikan serta kekhasan tersendiri yang tidak dimiliki wilayah lain di Indonesia, maka kami harapkan teman-teman semua tidak melewatkan kesempatan ini.

Selain menikmati perjalanan menggunakan kereta api di Sumatera bagian selatan, kita juga dapat mengamati kegiatan angkutan batubara terbesar di Indonesia, mulai dari persiapan rangkaian gerbong yang terdiri dari 40-44 KKBW, persiapan lokomotif terkuat di Indonesia (CC202), pengisian muatan batubara di TLS Tanjung Enim, hingga pembongkaran muatan batubara setelah menempuh perjalanan sepanjang 412 kilometer di RCD PT. Bukit Asam (BA) di Tarahan. Selain itu kita juga dapat mengamati lokomotif-lokomotif yang hanya ada di Divre III, seperti CC202 dan BB202. Ditambah mempelajari proses perawatan serta perbaikan lokomotif , gerbong, dan kereta penumpang di Balai Yasa Lahat.

Mengingat lamanya waktu kunjungan serta jarak tempuh yang cukup jauh, maka kami harapkan agar rekan-rekan semua mempersiapkannya jauh-jauh hari.

Adapun rencana perjalanan kunjungan tersebut sebagai berikut ;

Hari pertama
    06 : 30 Kumpul di stasiun kereta api Tanjung Karang,
    07 : 00 Hunting di sekitar stasiun Tanjung Karang, ramah tamah dengan Kepala Stasiun Tanjung Karang beserta staffnya,
    08 : 00 Persiapan berangkat ke Kertapati menggunakan Kereta Api,
    08 : 30 Berangkat menuju Kertapati menggunakan Kereta Api,
    19 : 30 Tiba di Kertapati,
    20 : 00 Istirahat dan acara bebas.


Hari Kedua
    06 : 00 kumpul di stasiun Kertapati,
    06 : 30 Hunting di stasiun dan dipo Kertapati,
    08 : 00 Persiapan berangkat ke Lubuklinggau,
    08 : 30 Berangkat ke Lubuklinggau menggunakan Kereta Api,
    18 : 00 Tiba di stasiun Lubuklinggau, acara bebas,
    20 : 00 Persiapan berangkat kembali ke Kertapati,
    20 : 30 Berangkat ke Kertapati Menggunakan Kereta Api,


Hari ketiga
    05 : 00 Tiba di stasiun Kertapati
    05 : 15 Istirahat dan acara bebas,
    08 : 00 Kumpul di kantor DIVRE III
    08 : 15 Kunjungan di kantor DIVRE III
    09 : 45 Berangkat menuju BY Lahat,
    12 : 45 Tiba di BY Lahat, kunjungan di BY Lahat,
    14 : 45 Menuju Tanjung Enim, kunjungan di Tanjung Enim,
    16 : 45 Menuju Prabumulih,
    18 : 45 Tiba di Prabumulih, acara bebas,
    22 : 00 Kumpul di stasiun Prabumulih, Persiapan menuju Tanjung Karang
    22 : 25 Berangkat menuju Tanjung Karang dengan Kereta Api.


Hari keempat
    06 : 45 Tiba di Tanjung Karang,
    07 : 00 Istirahat dan Acara Bebas,
    09 : 00 Kumpul di stasiun Tarahan,
    09 : 15 Kunjungan di stasiun serta dipo lokomotif Tarahan,
    11 : 00 Penutupan acara, persiapan kembali ke kediaman masing-masing.


Adapun perkiraan besar biaya, pilihan sarana transportasi dari dan ke Tanjung Karang, serta sarana akomodasi dan Kereta Api yang digunakan adalah sebagai berikut :

Disediakan beberapa pilihan angkutan untuk menuju titik pertemuan 1 (Stasiun KA Tanjungkarang) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, namun dengan titik keberangkatan yang sama yaitu Jakarta :
  1. Menggunakan Bus Damri dengan tujuan akhir Stasiun KA Tanjungkarang. Bus tersebut berangkat dari pelataran parkir stasiun Gambir Jakarta dengan 2 jadwal keberangkatan ; a. pukul 19:30 WIB, b. pukul 20:00 WIB, dan keduanya akan tiba di Stasiun Tanjungkarang pada pukul 04:00 WIB dini hari, adapun harga tiket untuk sekali jalan sebesar Rp 110.000- Rp 150.000,-
  2. Menggunakan KA. Patas Merak dengan jadwal keberangkatan pukul 12:10 dari Stasiun Jakartakota dengan harga tiket Rp 6.000,-. KA. Patas Merak akan tiba di Pelabuhan Merak sekitar pukul 18:30 WIB, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kapal penyebrangan menuju Pelabuhan Bakauheni dengan harga tiket Rp 12.500,-. lama perjalanan antara Pelabuhan Merak dengan Pelabuhan Bakauheni -/+ 2 jam. Perjalanan dilanjutkan menggunakan taksi pelabuhan berupa minibus (biasanya Mitsubishi Kuda, Toyota Kijang, ataupun Suzuki APV) menuju Tanjungkarang dengan biaya sebesar Rp 30.000 s/d Rp 50.000. diperkirakan akan tiba di Tanjungkarang pada pukul 22:30 WIB.



Kedua plilihan moda angkutan tersebut akan tiba di Tanjungkarang paling lambat 3 jam sebelum waktu kumpul di meeting point pertama Stasiun KA Tanjungkarang (Bus Damri tiba di pelataran Stasiun KA Tanjungkarang pada pukul 04:00 WIB dini hari, sedangkan taksi pelabuhan lebih awal 6 jam sekitar pukul 23:00 WIB malam hari sebelumnya). Kepada yang memerlukan sarana penginapan, di sekitar Stasiun KA Tanjungkarang terdapat beberapa pilihan hotel mulai dari Rp. 150.000- Rp 350.000/malam. Dapat pula melakukan koordinasi dengan pihak KS apabila akan menginap di Stasiun KA Tanjungkarang.

Perkiraan rincian biaya per orang yang diperlukan selama tour jelajah Divre III selama 4 hari adalah sebagai berikut :
  1. Tiket KA Express Siang Rajabasa kelas EKONOMI tujuan akhir Stasiun Kertapati, sebesar Rp 17.500,-
  2. Biaya Transport dari Stasiun Kertapati menuju hotel di Palembang, sebesar Rp 15.000,-/orang.
  3. Biaya Penginapan malam pertama di Palembang, (berkisar antara Rp 175.000- Rp350.000/kamar/ malam) atau sebesar Rp 75.000,-/orang.
  4. Biaya Transport menuju Stasiun Kertapati dari hotel di Palembang, sebesar Rp 15.000,-/orang.
  5. Tiket KA Express Siang Bukit Serelo (Buser) kelas EKONOMI tujuan akhir Lubuklinggau , sebesar Rp 17.500,-
  6. Tiket KA Ekspres Malam Sindang Marga kelas Eksekutif/BISNIS tujuan akhir Kertapati, sebesar Rp 75.000/40.000, -
  7. Biaya Carter angkutan untuk menuju Kantor Divre III, BY Lahat, dan Tanjung Enim Baru, sebesar Rp 225.000/orang.
  8. Tiket KA Ekspress Malam Limex Sriwijaya kelas eksekutif/BISNIS tujuan akhir Tanjungkarang, sebesar Rp 90.000/60.000, -
  9. Biaya Transport menuju Stasiun Tarahan dari Stasiun Tanjungkarang Pp. sebesar Rp. 30.000,- /orang.
  10. Biaya partisipasi souvenir untuk staff PT.KA Divre III, sebesar Rp 30.000,- /orang.
  11. Biaya kontribusi bagi kas IRPS, Rp 20.000,- /orang.



Total biaya yang diperlukan untuk Tour Divre III selama 4 hari adalah Jika menggunakan KA kelas Eksekutif ± Rp. 615.000, dan KA kelas Bisnis ± Rp 550.000,-. Biaya tersebut tidak termasuk biaya perjalanan menuju dan pulang dari Tanjungkarang, Biaya konsumsi, serta biaya lain yang tidak dicantumkan diatas. Tanpa mengurangi rasa hormat, jadwal perjalanan diatas sudahlah tetap, adanya pengurangan maupun penambahan obyek serta waktu kunjungan akan sangat mempengaruhi biaya yang dibutuhkan. Akan tetapi para calon peserta diberikan kebebasan untuk memilih rangkaian acara serta pilihan obyek kunjungan yang dikehendaki dengan terlebih dahulu melakukan koordinasi kepada panitia.

PENTING
  1. Biaya konsumsi dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing masing,
  2. Adanya penambahan ataupun pengurangan waktu kunjungan sangat mempengaruhi biaya yang diperlukan, walaupun para peserta diberikan kebebasan untuk memilih acara yang hendak diikuti, namun diwajibkan berkoordinasi terlebih dahulu dengan panitia yang ada,
  3. Pendaftaran dibuka 1 minggu setelah pengumuman ini dibuat, dan ditutup 2 minggu kemudian,
  4. Bagi para calon peserta yang akan ikut, diharapkan menyertakan Down Payment sebesar Rp 150.000,-pada saat pendaftaran,
  5. Informasi pendaftaran akan diumumkan kemudian,
  6. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sdr. Ario Wibisono di 08122342136 dan Asep Suherman 085222166780



Terima kasih dan salam,
a.n. Koordinator Jelajah Divre III 2009 IRPS
Aryo Wibisono 08122342136
Asep Suherman 085222166780



New_xiexieNew_xiexieNew_xiexie

Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #2
RE: KUNJUNGAN IRPS KE DIVRE III SUMATERA SELATAN
07-Jul-2009 20:24 PM

julfikar
DAOP 4


*

Offline

Posts: 713
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Mar 2009
Reputation: 2



mahal bgt ya...

New_sedihtisue

lebih baek naek kereta bisa liat pemandangan, dari pada naek kendaraan liat kemacetan

my flickr
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #3
RE: KUNJUNGAN IRPS KE DIVRE III SUMATERA SELATAN
08-Jul-2009 09:07 AM

Bravo Rezza Habibie
stellarcor


*

Offline

Posts: 4,117
Likes Given: 0
Likes Received: 4 in 25 posts
Joined: Sep 2008



(07-Jul-2009 20:24 PM)julfikar Wrote:  mahal bgt ya...

New_sedihtisue

makanya nabung dr skarang...

Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #4
RE: KUNJUNGAN IRPS KE DIVRE III SUMATERA SELATAN
08-Jul-2009 09:13 AM

julfikar
DAOP 4


*

Offline

Posts: 713
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Mar 2009
Reputation: 2



(08-Jul-2009 09:07 AM)Rezza Habibie Wrote:  
(07-Jul-2009 20:24 PM)julfikar Wrote:  mahal bgt ya...

New_sedihtisue

makanya nabung dr skarang...

enggeh pak bklan nabung dari skrg..

lebih baek naek kereta bisa liat pemandangan, dari pada naek kendaraan liat kemacetan

my flickr
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #5
RE: KUNJUNGAN IRPS KE DIVRE III SUMATERA SELATAN
08-Jul-2009 18:26 PM

Agung [Portugal]
RAILHUNTER


*

Offline

Posts: 4,518
Likes Given: 0
Likes Received: 10 in 19 posts
Joined: Jan 2008
Reputation: 35



nasib....tahun ini aku gak bisa pergi jauh2 lagi.......Big_icon_sadwet
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #6
RE: KUNJUNGAN IRPS KE DIVRE III SUMATERA SELATAN
08-Jul-2009 18:28 PM

Muhammad Dhafin Khomsah
Plasser & Theurer Crew


*

Offline

Posts: 778
Likes Given: 4
Likes Received: 2 in 5 posts
Joined: May 2009
Reputation: 13



(08-Jul-2009 18:26 PM)Agung Wrote:  nasib....tahun ini aku gak bisa pergi jauh2 lagi.......Big_icon_sadwet


sama om....

jangankan ke sumsel...ke kiaracondong aja susah....New_crying

Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #7
RE: KUNJUNGAN IRPS KE DIVRE III SUMATERA SELATAN
08-Jul-2009 22:10 PM

asep_0907 [Portugal]
Blusukan Tiada Tara


*

Offline

Posts: 3,206
Likes Given: 0
Likes Received: 4 in 13 posts
Joined: Jun 2008
Reputation: 43



(08-Jul-2009 18:26 PM)Agung Wrote:  nasib....tahun ini aku gak bisa pergi jauh2 lagi.......Big_icon_sadwet

udah aja situ mah yang deket-deket aja....
Back on Topic

Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #8
RE: KUNJUNGAN IRPS KE DIVRE III SUMATERA SELATAN
03-Nov-2009 12:30 PM

Bravo Gege
Mblusuk'an, nyariin Tapal Kudanya CC20145


*

Offline

Posts: 3,386
Likes Given: 2
Likes Received: 23 in 40 posts
Joined: May 2008



Udah bulan November...

Yang mo ikud dah syap-syap blom???

Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #9
RE: KUNJUNGAN IRPS KE DIVRE III SUMATERA SELATAN
03-Nov-2009 13:15 PM

Bravo denzuko
SS16031


*

Offline

Posts: 1,595
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 2 posts
Joined: May 2008



wah sebenernya pengen ikut bgt tp apa daya lg nunggu anak ke-2... maybe next year

TRAVEL WARNING TRAIN DANGEROUSLY exotic VEHICLE
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #10
RE: KUNJUNGAN IRPS KE DIVRE III SUMATERA SELATAN
03-Nov-2009 13:21 PM

asep_0907 [Portugal]
Blusukan Tiada Tara


*

Offline

Posts: 3,206
Likes Given: 0
Likes Received: 4 in 13 posts
Joined: Jun 2008
Reputation: 43



Pengurus belum rapat lagi, menunggu acara-acara bulan November kelar...

Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #11
RE: KUNJUNGAN IRPS KE DIVRE III SUMATERA SELATAN
03-Nov-2009 17:14 PM

Riky R Soeripno
Divre 1 Railfans


*

Offline

Posts: 416
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 2 posts
Joined: Apr 2009
Reputation: 5



kalo ke DIVRE 3 ajah dah segitu gimana lagi ke DIVRE 1 om ??
haduhh ..
pengen deh IRPS maen ke DIVRE 1 .
New_ngakak
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #12
RE: KUNJUNGAN IRPS KE DIVRE III SUMATERA SELATAN
07-Nov-2009 00:59 AM

putro46
Tawang Jaya


*

Offline

Posts: 92
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Jul 2009
Reputation: 0



jauh ya dari sini
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #13
RE: KUNJUNGAN IRPS KE DIVRE III SUMATERA SELATAN
07-Nov-2009 01:56 AM

asep_0907 [Portugal]
Blusukan Tiada Tara


*

Offline

Posts: 3,206
Likes Given: 0
Likes Received: 4 in 13 posts
Joined: Jun 2008
Reputation: 43



Kemarin sempet ngobrol dan kasih masukan sama ketua, kemungkinan acara ke Divre III akan di undur tahun depan mengingat banyak acara di bulan November. Untuk kepastiannya kami masih mengadakan diskusi dan dengar pendapat sama pengurus lain...

Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  IRPS Jakarta : Kunjungan ke BY MRI Gege 18 2,897 03-Apr-2013 12:28 PM
Last Post: Gege
  IRPS - Hut IRPS Wilayah Semarang Gege 2 2,066 13-Apr-2009 12:11 PM
Last Post: Gege
  IRPS - HUT IRPS Wilayah Yogya Gege 4 1,921 30-Jun-2008 12:48 PM
Last Post: Gege
  IRPS - Kunjungan ke Divre III Sumatera Selatan Gege 1 1,828 18-Jun-2008 13:53 PM
Last Post: luke_q

Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)