Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 44 Votes - 3.05 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta (1)

Post: #1
KRL Eco Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
08-May-2009 18:14 PM

bonbon
Tengah² GST - KMT, Seumur hidup rumah nggak jauh dari rel KA


*

Offline

Posts: 2,341
Likes Given: 0
Likes Received: 7 in 12 posts
Joined: Dec 2008
Reputation: 8



Bisa ga yah busway di gusur jadi Railbus, apalagi yang ngurus busway kelabakan tuh banyak tuntutan macem2 di tambah fasilitas yang makin amburadul + nyerobot jalur busway dll.

Nah kalo di ganti Railbus kan dijamin tuh ngga ada yang berani nyerobot jalurnya kecuali emang nekat mo kelindes gara2 ban motor/mobil selip di rel dan kricak. Kira2, jalur/koridor mana yah yang bagus dan cocok buat nge gusur busway. Kalau persimpangan/perempatan/U TURN sih, gampang diatur. Portal atau tutup saja sebagian persimpangan/perempatan/ U TURN, sebagian lagi dibuka cuman suruh muter yang jauh.

Gw rasa peminatnya banyak, apalagi di jamin bebas hambatan, jalurnya bisa juga berfungsi sebagai resapan air tanah atau penanggulangan banjir

Terdampar di Purwokerto setahun gara-gara proyek fiber optik Jateng ga kelarMarah
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
[+] 1 user Likes bonbon's post
Post: #2
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
08-May-2009 19:12 PM

bagus70 !!
ؤرمط غرك



Offline

Posts: 2,564
Likes Given: 0
Likes Received: 5 in 14 posts
Joined: Feb 2008



Lebih baik kalau diganti sama railbus yang jalan di rel layang, daripada menggunakan badan jalan yang sudah defisit.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #3
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
09-May-2009 16:24 PM

azu
Parahyangan


*

Away

Posts: 387
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 1 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 5



kalo menurut saya sepertinya tram lebih cocok untuk menggantikan busway dibanding railbus,, karena relnya bisa di atas aspal jalan raya.. contohnya seperti tram di Melbourne yang ada dimana2 jalurnya..

Dengan ponsel Samsung GT-S5233S + IM3, ditambah juga Telkom Speedy tetep bisa buka Semboyan35.com meskipun dengan penuh kesabaran.



My Name in QR-Code
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #4
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
10-May-2009 08:25 AM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,673
Likes Given: 45
Likes Received: 36 in 46 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



(08-May-2009 19:12 PM)bagus70 Wrote:  Lebih baik kalau diganti sama railbus yang jalan di rel layang, daripada menggunakan badan jalan yang sudah defisit.

betul mas. mendingan bikin jalur yang nggak nyampur sama jalan. kayak nggak tau jalanan jakarta aja. pada nggak mau ngalah.

ingat kejadian beberapa hari lalu ada metromini (atau kopaja?) ketabrak transjakarta gara2 masuk jalur busway, tiba2 berhenti mendadak untuk turunkan penumpang. dasar bodoh.

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #5
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
10-May-2009 09:21 AM

katyusha
Peron Stasiun UI


*

Offline

Posts: 2,294
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 6 posts
Joined: Aug 2008
Reputation: 1



lebih baik bis2 yang ada digantikan ama trem yang agak panjang,yang daya angkutnya diatas 85 penumpang..sekarang kan busway udah jelek,headwaynya ga tentu, kadang datang beriringan,kadang lama banget...kalo pake sistem sinyal kayak kereta asik tuh...

~Because Your Smilling Is Our Happiness~
My Railway Photos
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #6
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
10-May-2009 16:14 PM

azu
Parahyangan


*

Away

Posts: 387
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 1 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 5



untuk pengganti busway tram lebih cocok, cukup pasang rel di jalur busway, LAA, dan persinyalan. biaya pembangunan jg nampaknya akan lebih murah dibanding railbus. sedangkan railbus di rel layang lbh cocok utk pengganti monorel yg ga jadi2 aja..

tapi nampaknya lebih mudah utk membangun tram dibanding railbus elevated rail apabila melihat monorail yang ga jadi aja sampe sekarang..
untuk pengganti busway tram lebih cocok, cukup pasang rel di jalur busway, LAA, dan persinyalan. biaya pembangunan jg nampaknya akan lebih murah dibanding railbus. sedangkan railbus di rel layang lbh cocok utk pengganti monorel yg ga jadi2 aja..

tapi nampaknya lebih mudah utk membangun tram dibanding railbus elevated rail apabila melihat monorail yang ga jadi aja sampe sekarang..

Dengan ponsel Samsung GT-S5233S + IM3, ditambah juga Telkom Speedy tetep bisa buka Semboyan35.com meskipun dengan penuh kesabaran.



My Name in QR-Code
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #7
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
10-May-2009 17:50 PM

Faris GM-MarKA
Lokkes CC 203 18...


*

Offline

Posts: 785
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: May 2009
Reputation: 8



Iya, buswae sekarang kemana2 suka semaunya, gak ikut rute.
kalo saya boleh usul, pasang railbus listrik, tapi relnya kayak trem, dengan bentang 1067 mm, tanpa kricak.
pake separator, tapi ditinggikan.
jadi mobil dan motor ga bisa motong dari jalan ke jalur railbus. kalopun masih maksa lewat resikonya nubruk separator atau dicium railbus sampe remuk...
Tinggal pilih, 2-2nya gratis lho...



KCJ 7000 series-7117F
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #8
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
10-May-2009 18:27 PM

azu
Parahyangan


*

Away

Posts: 387
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 1 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 5



^^

itu tram yg saya maksud, jadi relnya bisa ditanam di jalan raya. kalau jalurnya banjir, tinggal kirim lok DH kecil seperti BB300 utk menarik tram.

sebagai contoh, di Melbourne, jalur tram berada di sejajar di bagian tengah jalan raya tanpa separator! tetapi pengendara di sana ga pernah nyerobot di jalur tram, daripada bonyok ditabrak tram. bahkan tram di melbourne ada dimana2, sampai ke pinggir kota, mungkin seperti angkot disini..

Dengan ponsel Samsung GT-S5233S + IM3, ditambah juga Telkom Speedy tetep bisa buka Semboyan35.com meskipun dengan penuh kesabaran.



My Name in QR-Code
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #9
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
10-May-2009 19:00 PM

Ginza Tamagawa
快速 中央林間 01K


*

Offline

Posts: 144
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Mar 2009
Reputation: 1



kalo disini harus pakai separator yang tinggi.
orang2 terkadang suka semaunya, tanpa memikirkan akibatnya.
sekarang aja pakai busway yang bisa berhenti mendadak masih banyak orang yang masuk jalurnya dan akhirnya mati konyol gara-gara nekat masuk jalur busway.
kalo pakai railbus kan gak bisa berhenti mendadak, jadi ya harus pakai separator yang tinggi.
demi keselamatan bersama.
kalo masih diterobos juga, ya tanggung sendiri resikonya.

Berat rasanya meninggalkan pekerjaan dibalik kabin yang baru kujalani 5 bulan ini...
tapi, aku harus meninggalkannya...
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #10
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
10-May-2009 23:12 PM

Toto
Van Tram


*

Offline

Posts: 397
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 2 posts
Joined: Feb 2009
Reputation: 8



(09-May-2009 16:24 PM)azu Wrote:  kalo menurut saya sepertinya tram lebih cocok untuk menggantikan busway dibanding railbus,, karena relnya bisa di atas aspal jalan raya.. contohnya seperti tram di Melbourne yang ada dimana2 jalurnya..

Wah,kalau mau meniru Melbourne boleh juga tuh.... Asal ada trem gratisannya juga macam "City Circle" Melbourne....Tersenyuum

Yang jelas,kalau dbikin seperti di Melbourne, investasi pasti butuh dana besar untuk membangun rel berikut jaringan listrik penggeraknya.

Makanya, jika dihitung-hitung, nampaknya busway tetap lebih membutuhkan dana investasi lebih kecil.


Salam,
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #11
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
11-May-2009 10:54 AM

B 30 S
Kulon railways


*

Offline

Posts: 518
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 4 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 0



Kalaw gw lebih setuju koridor buswaee diganti dengan tram. karena lebar jalan di jakarta kan tidak terlalu besar, jalur tram tidak terlalu banyak memakan bahu jalan dan tanpa kricak. Lagian tram menggunakan LAA sehingga tidak menimbulan polusi udara.
Untuk jumlah gerbong tram cukup dengan satu gerbong saja, karena menggunakan halte yang sudah ada cuma armadanya diperbanyak sehingga penumpang tidak perlu menunggu lama di halte. intervalnya 2-3 menit di jam sibuk.
Pembangunannya diprioritaskan untuk koridor yang bebas banjir dan berbadan lebar seperti koridor I (lebak bulus-Blok M-Kota)
CMIIW..

" Pecinta Rangkas jaya "
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #12
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
11-May-2009 11:46 AM

bonbon
Tengah² GST - KMT, Seumur hidup rumah nggak jauh dari rel KA


*

Offline

Posts: 2,341
Likes Given: 0
Likes Received: 7 in 12 posts
Joined: Dec 2008
Reputation: 8



masalahnya pengendara mobil dan motor ga boleh liat aspal mulus, aspal ancur aja disikat bleh Tongue walau di pasang rel tanam, makanya pengandaian saya tuh pake kricak, lebih murah ketimbang ngaspal, silakan deh di terobos jalurnya kalo pengen "Gubrak!!", tapi tetep semisal di UTurn, persimpangan ataupun perempatan pakai aspal dengan di tambah rambu2 peringatan dan sinyal otomatis. Railbus diesel electric ataupun trem menggunakan LAAmungkin jadi solusinya, tapi ntar ada railfans yg protes karena LAAnya mengganggu jika di potret...hehehehehe

Terdampar di Purwokerto setahun gara-gara proyek fiber optik Jateng ga kelarMarah
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #13
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
13-May-2009 19:30 PM

b777
Parahyangan


*

Offline

Posts: 449
Likes Given: 0
Likes Received: 4 in 4 posts
Joined: Jan 2008
Reputation: 1



Railbus bisa menggantikan busway, asal investor & kreditornya mau.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #14
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
14-May-2009 20:18 PM

hasan
my Paray....


*

Offline

Posts: 485
Likes Given: 0
Likes Received: 2 in 2 posts
Joined: Mar 2009
Reputation: 4



Truzzz busway yang udah ada mau di kemanain????

Cikeusal stasion

New_sedihtisue
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #15
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
15-May-2009 00:59 AM

Michael Arka
Argo Jati


*

Offline

Posts: 908
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 2 posts
Joined: Dec 2008
Reputation: 1



Di pindahin ke Yogya?Semarang ja.Di sna kan ada alat transportasi kyk Busway.

Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  pengandaian saja: jika pak SBY railfans raihan 36 10,752 05-Aug-2011 20:38 PM
Last Post: priyanto zig
  seandainya(pengandaian yang tak mungkin) Haidar Murtadho 111 37,076 18-Nov-2009 13:53 PM
Last Post: titotea
  Pengandaian Lingkar Jakarta (Fiktif Belaka) Dana Komuter 16 5,914 06-Mar-2009 15:31 PM
Last Post: andri_a

Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)