Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 44 Votes - 3.05 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta (2)

Post: #16
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
15-May-2009 10:33 AM

Bravo Gege
Mblusuk'an, nyariin Tapal Kudanya CC20145


*

Offline

Posts: 3,387
Likes Given: 2
Likes Received: 27 in 44 posts
Joined: May 2008



Back on Topic

Trims.

Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #17
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
16-May-2009 04:12 AM

hasan
my Paray....


*

Offline

Posts: 485
Likes Given: 0
Likes Received: 2 in 2 posts
Joined: Mar 2009
Reputation: 4



namun busway itu membutuhkan jalan-jalan yang lebar loh termasuh railbus....kan tau sendiri kota2 di indonesia jalanya sempit2 di perparah dengan buruknya rencana ruang dan tatakota ngak seperti di luar negeri. di jakarta aJA yang termasuk kota dengan jalan2 lebar di indonesia bisa parah banget apalagi di kota lain yang jalannya ngak selebar di jakarta...

Cikeusal stasion

New_sedihtisue
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #18
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
02-Apr-2012 18:49 PM

UnionExpress
CC205


*

Offline

Posts: 133
Likes Given: 2
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Aug 2011
Reputation: 2



Di Tangan Jokowi, TransJ Bakal Digeser ke Pinggiran Jakarta
Hendrik - detikNews
Senin, 02/04/2012 17:55 WIB

Jakarta Saat ini bus TransJakarta melayani transportasi di tengah Jakarta. Namun kelak jika Joko Widodo (Jokowi) menjadi Gubernur DKI Jakarta, armada TransJ akan digeser ke pinggiran Jakarta.

"Untuk jalur padat akan diganti dengan trem, menjadi railbus. Transjakarta akan digeser ke pinggiran Jakarta," kaya bakal calon gubernur DKI, Jokowi, usai memberikan kuliah umum di UI, Depok, Jawa Barat, Senin (2/4/2012).

Keberadaan TransJ, secara desain makro sudah benar. Namun sekarang yang harus dikembangkan adalah objek angkut yang harus lebih besar mengingat banyaknya warga Jakarta.

"Sehingga bisa mengangkut 500-1.000 sekali angkut yaitu dengan trem itu," imbuh sarjana kehutanan UGM ini.

Jokowi juga menyoroti pentingnya kerja sama dengan daerah-daerah penyangga Jakarta dalam hal transportasi. Di mana perlu digalang hubungan sinergitas dengan kota-kota di sekitar Jakarta seperti Banten dan Jawa Barat.

"Akan menjadi sebuah rumah line transportation authority yang harus terintegrasi. Selain itu saling berhubungan satu sama lain dalam satu lintasan," lanjut pria 52 tahun ini.

Demikian pula soal banjir, Jokowi yang berpasangan dengan Basuki T Purnama alias Ahok akan membuat otoritas penanganan banjir terpusat dan terintegritas dengan daerah penyangga. Daerah penyangga itu berada di hulu sungai Jakarta. Untuk itu harus dilibatkan dalam suatu rumah otoritas banjir di mana Pusat sebagai koordinator.

Meski memperhatikan masalah banjir dan transportasi, namun Jokowi-Ahok fokus pada kebutuhan dasar rakyat seperti kesehatan dan pendidikan. "Upah buruh yang akan segera dibicarakan oleh teman-teman seluruh serikat pekerja semuanya untuk mengetahui apa keluhan mereka. Itu upah selama ini sudah mencukupi tidak dengan kesejahteraan mereka," imbuh Wali Kota Surakarta ini.

(vit/nrl)

Sumber: Busway Diganti Tram

busway mau diganti tram neh... asek...
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #19
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
02-Apr-2012 20:22 PM

Anggara Torres
menatap pembangunan new st maja +40m


*

Offline

Posts: 434
Likes Given: 5
Likes Received: 4 in 11 posts
Joined: Jan 2012
Reputation: 16



1000% setuju sekali ! asal nanti dalam pembangunan nya gak bikin macet ya!

JOGJA! JOGJA! TETAP ISTIMEWA, ISTIMEWA NEGRI NYA, ISTIMEWA ORANG NYA

"JOGJA HIP-HOP FOUNDATION"

FACEBOOK

TWITTER

POSTIMAGE
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #20
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
02-Apr-2012 20:23 PM

Kyoshu
Parahyangan


*

Offline

Posts: 287
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 1 posts
Joined: Nov 2010
Reputation: 2



(02-Apr-2012 18:49 PM)UnionExpress Wrote:  Di Tangan Jokowi, TransJ Bakal Digeser ke Pinggiran Jakarta
Hendrik - detikNews
Senin, 02/04/2012 17:55 WIB

Jakarta Saat ini bus TransJakarta melayani transportasi di tengah Jakarta. Namun kelak jika Joko Widodo (Jokowi) menjadi Gubernur DKI Jakarta, armada TransJ akan digeser ke pinggiran Jakarta.

"Untuk jalur padat akan diganti dengan trem, menjadi railbus. Transjakarta akan digeser ke pinggiran Jakarta," kaya bakal calon gubernur DKI, Jokowi, usai memberikan kuliah umum di UI, Depok, Jawa Barat, Senin (2/4/2012).

Keberadaan TransJ, secara desain makro sudah benar. Namun sekarang yang harus dikembangkan adalah objek angkut yang harus lebih besar mengingat banyaknya warga Jakarta.

"Sehingga bisa mengangkut 500-1.000 sekali angkut yaitu dengan trem itu," imbuh sarjana kehutanan UGM ini.

Jokowi juga menyoroti pentingnya kerja sama dengan daerah-daerah penyangga Jakarta dalam hal transportasi. Di mana perlu digalang hubungan sinergitas dengan kota-kota di sekitar Jakarta seperti Banten dan Jawa Barat.

"Akan menjadi sebuah rumah line transportation authority yang harus terintegrasi. Selain itu saling berhubungan satu sama lain dalam satu lintasan," lanjut pria 52 tahun ini.

Demikian pula soal banjir, Jokowi yang berpasangan dengan Basuki T Purnama alias Ahok akan membuat otoritas penanganan banjir terpusat dan terintegritas dengan daerah penyangga. Daerah penyangga itu berada di hulu sungai Jakarta. Untuk itu harus dilibatkan dalam suatu rumah otoritas banjir di mana Pusat sebagai koordinator.

Meski memperhatikan masalah banjir dan transportasi, namun Jokowi-Ahok fokus pada kebutuhan dasar rakyat seperti kesehatan dan pendidikan. "Upah buruh yang akan segera dibicarakan oleh teman-teman seluruh serikat pekerja semuanya untuk mengetahui apa keluhan mereka. Itu upah selama ini sudah mencukupi tidak dengan kesejahteraan mereka," imbuh Wali Kota Surakarta ini.

(vit/nrl)

Sumber: Busway Diganti Tram

busway mau diganti tram neh... asek...

ohh jadi ,ntar jalur busway sama pemerintah bakal di taruh di pinggiran .. ,karena pemprov yang berhak mengatur tentang busway (selain BLU dan Operator).


Ntar halte busway yang ada bakal di renov buat penyesuaian dengan Trem ataupun Railbus ,lalu tambahin Rel dah disepanjang jalurnya New_ngiler

mau sehat ? minumlah jamu !
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #21
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
02-Apr-2012 21:56 PM

aatea_goparmania
Argo Jati


*

Offline

Posts: 1,156
Likes Given: 5
Likes Received: 47 in 42 posts
Joined: Oct 2010
Reputation: 8



semoga saja bisa jadi kenyataan
Tersenyuum

RF aatea_goparmania, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Oct 2010.
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #22
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
02-Apr-2012 22:01 PM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,683
Likes Given: 46
Likes Received: 37 in 47 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



saya coba berpikir obyektif saja. trem/lrt barangkali bisa lebih unggul dari busway. tapi selama relnya tetap pakai badan jalan yang ada, kemungkinan jalur tidak steril masih tetap ada. buat jakarta, nanti hasilnya akan sama saja dengan busway yang sering terhadang macet.

di jakarta, busway lebih unggul dari trem karena manuvernya sangat fleksibel. jika jalur lancar, akselerasi, deselerasi dan kecepatan busway juga sangat bagus. lebih baik busway dioptimalkan koridornya misalnya membangun underpass khusus busway disetiap persimpangan sehingga busway tidak ikut2 kena macet di lampu merah.

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #23
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
08-Apr-2012 06:14 AM

Dana Komuter
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,622
Likes Given: 2
Likes Received: 20 in 30 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



Di Amsterdam aku pernah nyaksiin sendiri segimana padatnya di suatu pertigaan jalan raya sehingga si trem sulit melaju padahal antrian sudah cukup padat kalau gak salahb inget ada 2 atau 3 unit trem berjejer mengantri depan - belakang. Tapi mungkin karena penduduknya gak gitu padet dan aku sendiri lupa saat itu lagi siang atau sudah jelang malem, tapi situasi lalinnya gak bikin macet. Selain tertib berkendara, mereka juga mengutamakan yang hijau yang didahulukan. Bukan di negara kita yang merah pun diterabas saja... yang penting jalanan sepi atau pun sepian dikit, tancep dha...!!

Kalau situasi yang serupa juga terjadi di Jakarta, apa yang terjadi yah? Berandai di prapatan Radio Dalem deh... ruas jalan yang sesempit di Amsterdam spt yg aku pernah saksiin sendiri, apa ntar gak semakin semrawut tuh? Secara nyata tampak Jl. Radio Dalem saja gak punya separator pembatas ruas jalan dari 2 arah... Makanya perlu kesadaran warga masyarakat utk tertib dalam berkendara dan sabar selalu...

Teman2 sekalian... krn kcerobohan aku sendiri, aku memohon utk mundur dr forum ini yah.. Demi ketenangan teman2 skalian akibat ulah aku sendiri... Tp aku dtg cm utk baca doank koq... gak ngebales.. OK.. Terhitung akhir Juli 2012..
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #24
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
08-Apr-2012 09:41 AM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,683
Likes Given: 46
Likes Received: 37 in 47 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



pak jokowi ingin mengganti beberapa koridor padat dengan trem/lrt. mungkinkah? sebelum kita menyimpulkan apakah trem dapat menggantikan busway, saya ingin coba berikan deskripsi beberapa koridor busway terpadat di jakarta. semoga bermanfaat.

koridor2 terpadat (Click to View)

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #25
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
08-Apr-2012 11:33 AM

Dana Komuter
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,622
Likes Given: 2
Likes Received: 20 in 30 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



Ada yang sependapat dan kurang sependapat dengan pendapat di atas...New_mikir
Menurut aku, salah satu koridor 5 besar terpadat gak lain Koridor Pulo Gadung - Kalideres. Koridor ini langsung menyambung antara kawasan barat Jakarta melalui terminal Kalideres-nya dengan kawasan jelang ujung timur Jakarta melalui terminal Pulo Gadung-nya.

Sedikit gambaran tentang keduanya :
- Terminal Kalideres itu terminal di mana rute perjalanan ke dan dari Merak, bahkan Bodetabek sekalipun mengakhiri dan mengawali perjalanannya masing2.
- Terminal Pulo Gadung terminal di mana salah satu yang tersibuk setelah terminal Blok M. Terminal ini menampung ragam bus reguler, bus besar AKAP, angkot dan sejenisnya, bahkan kalau perlu mini cab. Di terminal inilah menjadi ujung perjalanan angkutan umum luar kota jarak menengah dan jauh pulau Jawa. Makanya kondisinya terbilang semrawut dan kotor.
Kalau berbicara segimana minat para calon penumpang bus Trans Jakarta di rute ini tentu menjadi mayoritas yang mana setiap si pramudi bus bagian jaga pintu bus bilang "Harmoni!", maka minim yang masuk karena semisal kita berada di koridor 3, justru mereka mayoritas hendak ke arah Pulo Gadung. Begitu pun sebaliknya jika kita berada di posisi halte - halte persinggahan Koridor 2.
Jadi, jangan lupakan untuk koridor yang 1 ini...

Jadi... untuk Jokowi... menyambung segimana trem diperlukan dan dari kita pribadi selaku penggemar KA dan trem yang menambah kepahaman segimana pentingnya keberadaan trem - trem jaman dulu, apakah di beberapa koridor busway akan berubah menjadi koridor trem utk menghidupkan lagi sejarah kelam hilangnya trem dari Bumi Nusantara ini? Khususnya di tanah Betawi....

Teman2 sekalian... krn kcerobohan aku sendiri, aku memohon utk mundur dr forum ini yah.. Demi ketenangan teman2 skalian akibat ulah aku sendiri... Tp aku dtg cm utk baca doank koq... gak ngebales.. OK.. Terhitung akhir Juli 2012..
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #26
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
08-Apr-2012 20:26 PM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,683
Likes Given: 46
Likes Received: 37 in 47 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



mas dana, data2 dari blu transjakarta adalah jumlah penumpang per koridor. sementara koridor pulogadung-kalideres itu dilayani 2 koridor (k-2 dan k-3). saya kan sudah bilang diatas, jika 2 koridor pulogadung digabung, jumlah penumpangnya bisa langsung nangkring di posisi 2. tapi berhubung yang dibandingkan adalah tiap2 koridor, maka hasilnya seperti pada data diatas.

mengenai koridor yang mas dana maksud, yaitu pulogadung-kalideres, justru rencananya mrt-3 itu melewati koridor ini. meskipun belum final karena masih banyak alternatif koridor timur-barat ini seperti lewat blokm, atau lewat cawang.

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #27
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
09-Apr-2012 15:29 PM

phepe_ph
Argo Rider


*

Offline

Posts: 1,486
Likes Given: 3
Likes Received: 9 in 25 posts
Joined: Jul 2009
Reputation: 5



Lho mau dijadiin trem?? Jadi penasaran gimana nanti pembangunannya di bekasi... juga penasaran nanti sepanjang apa macetnya haha

Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #28
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
09-Apr-2012 16:36 PM

Muhammad Dhafin Khomsah
Plasser & Theurer Crew


*

Offline

Posts: 779
Likes Given: 4
Likes Received: 5 in 8 posts
Joined: May 2009
Reputation: 13



Emm maaf nih numpang ikut pendapat New_xiexie
Kalo memakai supply listrik, yang dikhawatirkan itu kalo udah mati lampu, yaa mau gimana lagi susah jadinya New_bethe

Pendapat saya sih bagaimana kalau trem pengganti busway memakai mesin diesel seperti tram yang ada di bakrie tower? Yang denger2 lebih ramah lingkungan New_mawar


Mohon maaf kalo pendapat saya kurang berkenan New_bye

Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #29
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
12-May-2012 12:59 PM

panji_pradhana
argo bromo anggrek


*

Offline

Posts: 23
Likes Given: 2
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Dec 2011
Reputation: 1



(14-May-2009 20:18 PM)hasan Wrote:  Truzzz busway yang udah ada mau di kemanain????

pindahin ke surabaya wkwkw buat nambahain armada bus kota

Loko_merahbiru
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #30
RE: Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta
22-Sep-2012 11:12 AM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,683
Likes Given: 46
Likes Received: 37 in 47 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



sepertinya jakarta bakal punya gubernur baru. dengan terpilihnya jokowi, akankah rencana besarnya menggunakan trem/railbus di jalur2 busway akan terlaksana?

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  pengandaian saja: jika pak SBY railfans raihan 36 10,773 05-Aug-2011 20:38 PM
Last Post: priyanto zig
  seandainya(pengandaian yang tak mungkin) Haidar Murtadho 111 37,147 18-Nov-2009 13:53 PM
Last Post: titotea
  Pengandaian Lingkar Jakarta (Fiktif Belaka) Dana Komuter 16 5,928 06-Mar-2009 15:31 PM
Last Post: andri_a

Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)