Thread Closed 
 
Thread Rating:
  • 51 Votes - 3.16 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Kenapa Klakson Kereta Api (Semboyan 35) terdengar sampe jauh. (1)

Post: #1
Kenapa Klakson Kereta Api (Semboyan 35) terdengar sampe jauh.
29-Apr-2009 10:00 AM

g10d
Gio Dariyo


*

Offline

Posts: 1,780
Likes Given: 1
Likes Received: 2 in 2 posts
Joined: Nov 2008
Reputation: 5



Saya masih belum ngerti kenapa ya Klakson Kereta api (Tag_semboyan35) kalo dari deket kedengarannya gak memekakkan telinga tapi dari jauh kedengaran jelas. Beda dengan klakson mobil pada umumnya kalo dari deket sangat keras memekakan telinga tapi kalo dari jauh gak kedengaran.
Apa ada yang bisa ngasih penjelasan.. New_bingung


Pengin naik kereta ke Pangandaran lagi
Jalur hidup bisa mati, tapi jalur yang mati lebih baik dihidupkan lagi
Find all posts by this user
Post: #2
RE: Kenapa Klakson Kereta Api (Semboyan 35) terdengar sampe jauh.
29-Apr-2009 10:06 AM

XeoN
Parahyangan


*

Offline

Posts: 284
Likes Given: 0
Likes Received: 2 in 3 posts
Joined: Apr 2009
Reputation: 0



sekalian om, sy pengen tau konfigurasi teknis dari klakson lok itu gmana ya, pengen bgt sy adopsi menjadi klakson mobil, keren pasti nya om.. hahaha kebayang kacaunya gimana kalau mobil pake klakson lokomotif...
Find all posts by this user
Post: #3
RE: Kenapa Klakson Kereta Api (Semboyan 35) terdengar sampe jauh.
29-Apr-2009 10:09 AM

g10d
Gio Dariyo


*

Offline

Posts: 1,780
Likes Given: 1
Likes Received: 2 in 2 posts
Joined: Nov 2008
Reputation: 5



(29-Apr-2009 10:06 AM)XeoN Wrote:  sekalian om, sy pengen tau konfigurasi teknis dari klakson lok itu gmana ya, pengen bgt sy adopsi menjadi klakson mobil, keren pasti nya om.. hahaha kebayang kacaunya gimana kalau mobil pake klakson lokomotif...

Kalo mobil pake klakson kereta api ya para pengemudi bingung mobil yang mana yang bunyi klaksonnya, karena kedengaran sampe jauh hehe


Pengin naik kereta ke Pangandaran lagi
Jalur hidup bisa mati, tapi jalur yang mati lebih baik dihidupkan lagi
Find all posts by this user
Post: #4
RE: Kenapa Klakson Kereta Api (Semboyan 35) terdengar sampe jauh.
29-Apr-2009 11:32 AM

Agung [Portugal]
RAILHUNTER


*

Offline

Posts: 4,518
Likes Given: 0
Likes Received: 11 in 20 posts
Joined: Jan 2008
Reputation: 35



Kalo suaranya yang sampe jauh itu karena faktor angin, kalo arah angin berada di belakang kereta pasti suaranya kedengaran sampai jauh, sebaliknya kalo dari arah depan ya kecil suaranya namun masih tetap terdengar.

Konfigurasi teknisnya saya gak begitu paham, yang saya tau hanya klaksonnya itu dibunyikan oleh tekanan udara yang dihasilkan oleh kompresor lokomotif.
Visit this user's website Find all posts by this user
Post: #5
RE: Kenapa Klakson Kereta Api (Semboyan 35) terdengar sampe jauh.
29-Apr-2009 11:52 AM

Bravo Rezza Habibie
stellarcor


*

Offline

Posts: 4,118
Likes Given: 0
Likes Received: 5 in 26 posts
Joined: Sep 2008



(29-Apr-2009 10:06 AM)XeoN Wrote:  sekalian om, sy pengen tau konfigurasi teknis dari klakson lok itu gmana ya, pengen bgt sy adopsi menjadi klakson mobil, keren pasti nya om.. hahaha kebayang kacaunya gimana kalau mobil pake klakson lokomotif...

klo dipasang di mobil membutuhkan tenaga kompressor yang gede,kompressor kecil jg ngga cukup.

back to seruling 35 lagi yah.... Tersenyuum

Visit this user's website Find all posts by this user
Post: #6
RE: Kenapa Klakson Kereta Api (Semboyan 35) terdengar sampe jauh.
29-Apr-2009 12:33 PM

Agus Budhy Nugroho
Argo Jati


*

Offline

Posts: 841
Likes Given: 0
Likes Received: 2 in 2 posts
Joined: May 2008
Reputation: 2



kalau nggak salah neh ye... (karena itu ditaon 1989) bareng pak S*par*o mantan KDT Jng sedang bersihakan suling BB203... terdiri dari 2 bagian yang panjang dan bagian belakang yang pendek...

yang panjang gak ada isinya apa-apa sedangkan yang pendek (buntut) isinya hanya membran terbuat dari plat besi tipis sebanyak 2 buah dan pegas... peletakannya seperti nempatin membrannya "plat kopling motor".... mengenai strukturnya ???... swear.. 'dah lupa.

waktu itu troublenya suara suling yang dihasilkan sember dan ternyata penyebabnya adalah AIR YANG ADA DI SULING akibat PROSES KONDENSASI UDARA KOMPRESSOR.....

tapiiiiii..... akan lebih afdol kalau ada yang lebih "lugas dan gape" jelasin masalah ini...
Find all posts by this user
Post: #7
RE: Kenapa Klakson Kereta Api (Semboyan 35) terdengar sampe jauh.
29-Apr-2009 13:51 PM

Bravo Rezza Habibie
stellarcor


*

Offline

Posts: 4,118
Likes Given: 0
Likes Received: 5 in 26 posts
Joined: Sep 2008



klakson pneumatic dengan isi membran klakson ude hehehe

Visit this user's website Find all posts by this user
Post: #8
RE: Kenapa Klakson Kereta Api (Semboyan 35) terdengar sampe jauh.
29-Apr-2009 15:41 PM

spoorsoni
Senja Utama


*

Offline

Posts: 222
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 1 posts
Joined: Jun 2008
Reputation: 8



(29-Apr-2009 10:00 AM)g10d Wrote:  Saya masih belum ngerti kenapa ya Klakson Kereta api (Tag_semboyan35) kalo dari deket kedengarannya gak memekakkan telinga tapi dari jauh kedengaran jelas. Beda dengan klakson mobil pada umumnya kalo dari deket sangat keras memekakan telinga tapi kalo dari jauh gak kedengaran.
Apa ada yang bisa ngasih penjelasan.. New_bingung

Siapa bilang dari dekat ndak memekakkan telinga. Waktu ngumpet di ruang batere CC203, trus masinisnya membunyikan Tag_semboyan35, kaya mau pecah kuping saya, pengeng banget... Cari punya cari, ternyata suling CC203 itu tepat di atas ruang batere... Ndak percaya, cobaen rek...

Soni
Visit this user's website Find all posts by this user
Post: #9
RE: Kenapa Klakson Kereta Api (Semboyan 35) terdengar sampe jauh.
29-Apr-2009 16:19 PM

bejitta
bejitta a.k.a Neo


*

Offline

Posts: 266
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 1 posts
Joined: Nov 2008
Reputation: 0



setuju om soni, saya juga pernah deck ride pas loko posisi long hood, terompet ngadep ke belakang, pas mbuyiin Tag_semboyan35 wauww .... dengung nya ampe gak ilang berjam2 ... Big Grin

Find all posts by this user
Post: #10
RE: Kenapa Klakson Kereta Api (Semboyan 35) terdengar sampe jauh.
29-Apr-2009 16:35 PM

Bravo eling
KM1-KM2 Lovers


*

Offline

Posts: 6,451
Likes Given: 0
Likes Received: 15 in 20 posts
Joined: Jul 2008



bujug dah klason segitu kenceng dibilang tidak memekakan telinga,hehehehhehe.......
saat thn baruan kmaren di dipo JNG, terompet tahun barunya Tag_semboyan35 dari C1, saya hanya berjarak 5 meter dari C1, kuping saya sdh sakit.....
Find all posts by this user
Post: #11
RE: Kenapa Klakson Kereta Api (Semboyan 35) terdengar sampe jauh.
29-Apr-2009 16:42 PM

g10d
Gio Dariyo


*

Offline

Posts: 1,780
Likes Given: 1
Likes Received: 2 in 2 posts
Joined: Nov 2008
Reputation: 5



Tapi kan kalo dengerinnya di dalem gerbong gak memekakan telinga hehehe....


Pengin naik kereta ke Pangandaran lagi
Jalur hidup bisa mati, tapi jalur yang mati lebih baik dihidupkan lagi
Find all posts by this user
Post: #12
RE: Kenapa Klakson Kereta Api (Semboyan 35) terdengar sampe jauh.
29-Apr-2009 16:45 PM

hedwigus
6th anniversary


*

Offline

Posts: 2,006
Likes Given: 18
Likes Received: 33 in 48 posts
Joined: Jan 2008
Reputation: 40



ha ha... kalo di ruang battery, selain pekak terkena suara horn, juga keracunan uap battery.. hiiiiiii....

semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


Konsep kerjanya, tekanan angin yang menggetarkan membran metal yang terpasang rapat di belakang terompet. Getaran tersebut yang membuat suara, semakin besar tekanan angin, getaran semakin keras dan suara semakin tinggi.
Visit this user's website Find all posts by this user
Post: #13
RE: Kenapa Klakson Kereta Api (Semboyan 35) terdengar sampe jauh.
29-Apr-2009 16:49 PM

g10d
Gio Dariyo


*

Offline

Posts: 1,780
Likes Given: 1
Likes Received: 2 in 2 posts
Joined: Nov 2008
Reputation: 5



(29-Apr-2009 16:45 PM)hedwigus Wrote:  ha ha... kalo di ruang battery, selain pekak terkena suara horn, juga keracunan uap battery.. hiiiiiii....

semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


Konsep kerjanya, tekanan angin yang menggetarkan membran metal yang terpasang rapat di belakang terompet. Getaran tersebut yang membuat suara, semakin besar tekanan angin, getaran semakin keras dan suara semakin tinggi.
Ooo gitu ya sistenmya, terus yang bikin suara terompet ada echonya yang mana? Kan kedengerannya suka ada buntutnya tuh suara panjang bangeeeet makin lama makin pelan...


Pengin naik kereta ke Pangandaran lagi
Jalur hidup bisa mati, tapi jalur yang mati lebih baik dihidupkan lagi
Find all posts by this user
Post: #14
RE: Kenapa Klakson Kereta Api (Semboyan 35) terdengar sampe jauh.
29-Apr-2009 17:00 PM

hedwigus
6th anniversary


*

Offline

Posts: 2,006
Likes Given: 18
Likes Received: 33 in 48 posts
Joined: Jan 2008
Reputation: 40



(29-Apr-2009 16:49 PM)g10d Wrote:  Ooo gitu ya sistenmya, terus yang bikin suara terompet ada echonya yang mana? Kan kedengerannya suka ada buntutnya tuh suara panjang bangeeeet makin lama makin pelan...

Mungkin dari sisa getaran membrannya.

oh iya ini tuasnya:


Loko_merahbiru
Visit this user's website Find all posts by this user
Post: #15
RE: Kenapa Klakson Kereta Api (Semboyan 35) terdengar sampe jauh.
29-Apr-2009 19:09 PM


Posts: 2,627
Likes Given: 2
Likes Received: 10 in 29 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 31



(29-Apr-2009 16:42 PM)g10d Wrote:  Tapi kan kalo dengerinnya di dalem gerbong gak memekakan telinga hehehe....

beuh apa lagi kalo denger semboyan nya di dalem terowongan kang.. bercampur deru mesin.....

weehhh.. bikin merinding........New_nyerah

koleksi jepretan ane
http://www.flickr.com/photos/jhon_ipenk/


me whit ss-2v5 PInDAD
Visit this user's website Find all posts by this user
Thread Closed 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Lokomotif Yang Sering Berlaju Sendiri Utk Jarak Jauh Dana Komuter 15 6,001 31-May-2011 20:58 PM
Last Post: Dana Komuter

Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)