10-04-2011, 07:19 AM
^
ini pendapat saya,
dulu waktu wacana pertama blok m - kota malah mau full 100% subway. pertimbangannya pakai elevated sepertinya untuk mengirit biaya.
gak bisa bayangin kalo dari bunderan hi ke arah kota (sudirman-thamrin-monas-glodok) lewat atas. pertimbangannya estetika saja. pemandangan bisa rusak oleh rel layang.
banjir? tahu peristiwa di singapura beberapa waktu lampau? orchard road kebanjiran parah kayak di jakarta. bayangan kita, jalanan diatas kelelep, pasti dibawah tanah sudah jadi "kereta selam". ternyata hal tersebut tidak terjadi.
kalo masalah penurunan tanah, tinggal keberanian pemda. getok aja itu pengelola gedung2 bertingkat sepanjang sudirman-thamrin-kota. bilang pada mereka: lu jangan ngebor tanah dan nyedot aer jor-joran lagi. karena akan diberlakukan moratorium pengambilan air tanah. kalo enggak, awas.
karena penurunan air tanah itu biang keroknya apalagi kalo bukan pengambilan air tanah yang tidak terkendali.
ini pendapat saya,
dulu waktu wacana pertama blok m - kota malah mau full 100% subway. pertimbangannya pakai elevated sepertinya untuk mengirit biaya.
gak bisa bayangin kalo dari bunderan hi ke arah kota (sudirman-thamrin-monas-glodok) lewat atas. pertimbangannya estetika saja. pemandangan bisa rusak oleh rel layang.
banjir? tahu peristiwa di singapura beberapa waktu lampau? orchard road kebanjiran parah kayak di jakarta. bayangan kita, jalanan diatas kelelep, pasti dibawah tanah sudah jadi "kereta selam". ternyata hal tersebut tidak terjadi.
kalo masalah penurunan tanah, tinggal keberanian pemda. getok aja itu pengelola gedung2 bertingkat sepanjang sudirman-thamrin-kota. bilang pada mereka: lu jangan ngebor tanah dan nyedot aer jor-joran lagi. karena akan diberlakukan moratorium pengambilan air tanah. kalo enggak, awas.
karena penurunan air tanah itu biang keroknya apalagi kalo bukan pengambilan air tanah yang tidak terkendali.
"Train approaching! Please remain behind yellow line!"