Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Jalur double-double track manggarai-cikarang

Sumber :


Proyek Rel DDT KA Cikarang - Manggarai Kembali Tertunda
28 March 2011

Proyek infrastruktur jaringan kereta api (KA) empat jalur (double-double track/DDT) ruas Manggarai (Jakarta)-Cikarang (Bekasi) sepanjang 32 kilometer kembali mengalami penundaan. Hal ini menyusul belum tuntasnya penyelesaian masalah pembebasan lahan di kawasan Jatinegara (Jakarta Timur) dan Manggarai (Jakarta Selatan).

Hingga saat ini, dana untuk pembebasan lahan dari pemerintah belum digunakan PT Kereta Api (PT KA) untuk mengosongkan lahan yang dihuni pensiunan PT KA itu. Padahal, pekerjaan konstruksi proyek ini dijadwalkan sudah harus dimulai tahun ini.

Proyek yang menelan dana sekitar Rp 6 triliun ini, menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Freddy Numberi, harus dievaluasi. Apalagi, saat ini sudah memasuki tahap prakualifikasi untuk selanjutnya dilakukan tender. Saat ini, tim panitia lelang sedang melakukan persiapan.

Menurut Freddy, kendati mengalami beberapa kali penundaan, pemerintah menekankan, proyek infrastruktur angkutan massal ini harus berjalan sesuai target. Namun, sejumlah kendala, termasuk pembebasan lahan, menjadi salah satu penyebab molornya pelaksanaan pekerjaan konstrtuksi. "Pelaksanaan proyek strategis ini terkendala, tapi tetap harus jalan," katanya di Jakarta, kemarin.

Sementara itu, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, sebelum dilakukan tender ulang, tim pelaksana terlebih dulu akan melaporkan perkembangan yang ada ke pihak Japan Bank for International Corporation (JBIC). Setelah ada kesepakatan bersama, maka tender akan dimulai.

Proyek yang pembiayaannya menggunakan pinjaman lunak jangka panjang dari JBIC itu dilaksanakan untuk mempercepat aktivitas angkutan massal dari Cikarang ke Jakarta. Jaringannya juga akan terhubung dengan KA Bandara Soekarno-Hatta.

Keterlambatan proyek ini berawal dari minimnya anggaran dari pemerintah. Pada 2004 dianggarkan sebesar Rp 49 miliar dari usulan Rp 220 miliar. Ini membuat proses pembebasan lahan terhambat, dan akibatnya harga tanah terus melambung dan pemiliknya menuntut peningkatan nilai ganti-rugi.

Pembangunan proyek DDT dilakukan mencakup tahap I dari Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan-Stasiun Bekasi. Pada tahap ini juga dilakukan pemasangan kelistrikan untuk kereta dari arah Stasiun Bekasi ke Stasiun Cikarang. Proyek tahap I ini menyedot anggaran senilai 42 miliar yen atau setara dengan Rp 3 triliun. (suarakarya)
RF spoor_jadul, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Jul 2010.
Reply


Messages In This Thread
RE: Jalur double-double track manggarai-cikarang - by spoor_jadul - 05-07-2011, 07:47 PM
Proyek Double Double Track - DDT - by indomi - 25-06-2009, 01:18 PM
Pembangunan LAA Bekasi - Cikarang - by CC_20413 - 21-12-2013, 08:55 PM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 2 Guest(s)