03-08-2010, 05:11 PM
Sperti sekilas gw bilang d postingan gw sblomnya, sbenernya uda d bilang bermasalah dari lama, wong justru yg bilang itu teknisi & PUK malahan dari brapa waktu pertama anjlok, cuma kembali lagi tabiat qta kan klo bukan pemimpinnya yg bicara artinya masi blom sah ato bner beritanya itu, sementara versinya pemimpin (dalem artian d sini dirut) kan berpikirannya hanya masalah perawata yg lebi ketat lagi terhadap rangkaian ini, mreka istilahnya kekeuh mempertahankan pendapet mreka klo rangkaian ini paling nyaman & soal anjlok itu cuma adanya d karenakan ksalahan d lapangan semata, bukan pada rangkaian. padahal apa mreka ga tau soal boggie ini dari beberapa kli pertama anjlok itu karna ga sesuai dengan track qta? tau bnernya, cuma kan daripada mubazir, beli dari INKA rangkaian ini ga murah, malahan paling mahal dari beli rangkaian laennya, cuma akhirnya dirut baru mau mengakui & menyatakan scara gamblang stelah kjadian berulang kli tiap taun sampe kek kmaren ini, tabiat buruk sbenernya.
yg cukup bermasalah ya awalnya boggienya ga bner2 cocok, baru d tunjang faktor kdua yaitu perawatannya.
Klo menurut gw, ksalahan awal yg d sepelekan dalam pemutasian rangkaian ini adalah d opernya boggie K9 k SLO kmudian d lanjut k SMC yg menyebabkan tadinya uda bner2 rangkaian anggrek itu ada 4 (2 d MRI & 2 d SBI) menjadi cuma ada 3 (1 d MRI & 2 d SBI)
hal ini gw pendapatkan buruk knapa? karna dari skema perjalanan & pertukaran rangkaian ABA yg uda d jelaskan d postingan terdahulu thread ini & secara teknis perawatan rangkaian yg pernah kang bagus 70 sebut d dalam thread sebelah klo sbuah rangkaian KA itu harus d istirahatkan minimal 8 jam seharinya stelah dia berdinas sekalipun perawatannya isa slesai cpet.
nyatanya karna skarang rangkaian ABA tinggal 3 bgini kpankah rangkaian ABA bner2 istirahat slama 8 jam? jawabannya hanya saat 1 rangkaian itu stabiling d SBI, yg artinya hanya 2 hri skli sbuah rangkaian ABA dapet istirahat & perawatan yg cukup.
karna ABA yg sampe d GMR dari SBI itu langsir d MRI itung aja paling lama bangetnya cuma dapet waktu idle 3 jam & perlu d ketahui aja klo BP & smua listrik dalem rangkaiannya itu aja ga da yg d matiin lho sklipun lok dah pulang JNG, sedangkan aktifitas yg d lakuin slama jalan balik dari GMR k MRI sampe k GMR lagi itu cuma sapu & pel interior KA, bersiin WC, cucui exterior rangkaian & pengecekan rem & boggie, apa lagi sperti yg uda d bilang bahwa MRI ga punya teknisi khusus atopun spare part lengkap boggie K9, jadi y cuma penggantian rem block doank paling yg d lakuin & pengelasan dadakan klo2 ada roda yg benjol, uda itu aja, gmana bisa maksimal klo bgitu? 2 hri skli cuma istirahat paling lama 13jam.
Padahal klo tetep ada 4 rangkaian yg bergulir sperti dulu, maka istirahat & perawatan rangkaian KA ini isa cukup paling ga nya 1hri skli sluruh rangkaian dapet waktu istirahat minimal 8 jam d MRI & SBI.
bgitu sekilas tanggepan gw, selebihnya soal teknis uda d jlasin oleh huda d bawah ini:
thanks kang, uda menambahkan ilmu & penjelasan
mungkin gmana jadinya boggie anggrek & sindoro ini qta tungguin berita berikutnya aja kli ya, karna ksus boggie K9 ini uda komplikasi sana sini