18-09-2011, 11:18 AM
betul mas..... KA ini tetap rame, baik oleh penumpang jarak terjauh ato penumpang tengah... meskipun dah ada Sacnaka dan Lodaya... ya karena disamping sebagai satu2nya KA yang prima yg jalan siang di lintas yg sepenuhnya lintas selatan... ni train tidak menggunakan mekanisme single tarif... jadi cukup worthed untuk bepergian yg ga dikejar waktu.... selain itu dengan jarak yg cukup jauh dan tarif yg beragam.. KA ini memberi pilihan pelayanan untuk rute2 tanggng seperti: Surabaya - Kroya, Banjar-Madiun dsb yg tentu saja tidak mungkin bisa dicover Sancaka dan Lodaya
selain itu... faktor pendukungnya adalah... di Jawa Timur dan Jawa Tengah,, lebih banyak kota besar atau kota2 dengan potensi penumpang besar yg ada di lintas selatan dibanding utara.... mari kita bandingkan
utara: Surabaya, Bojonegoro (mengcover wil. Bojonegoro, Lamongan Tuban), Semarang, Pekalongan, Tegal, CN dst...
selatan: Surabaya, Jombang (mengcover wil Jombang, Kediri, Lamongan, bahkan Blitar dan Malang), Kertosono (mengcover wil. Nganjuk, Kediri, Tulungagung) Madiun (mengcover wil. Madiun, Ponorogo, Pacitan, Magetan n Ngawi), Solo dan Jogja (jelas mengcover banyak wilayah).. Kutoarjo (mengcover wil. Purworejo, Wonosobo bahkan Magelang), Kroya (mengcover Cilacap dan Purwokerto) dst... tentu potensi tersebut sudah terbaca dengan sangat baik oleh perencana KA pada jaman PERUMKA ketika Wilis pertama kali diluncurkan... (tahun 1998)
selain itu dengan topografi jalur selatan yg cenderung bergunung-gunung... membuat KA mempunyai keunggulan mutlak dibanding moda pesaing... sebagai contoh: orang tua saya kalo pulkam ke Purwokerto dulunya pake mobil... dan membutuhkan waktu minimal 10 jam siang hari (itu kalo nyetirnya gantian dan istirahat cuman di pom)..sekarang Jombang Purwokerto bisa 12 jam pake mobil.... nah sekarang lebih milih naek Wilis... lah perjalanan cuman 6 jam (JG-KYA: 8.20 - 14.20 sementara KYA-JG 11.30 - 17.30)....
so justru di lintas selatan lah wilis bisa tetep eksis... bisa mengcover penumpang terjauh dan melayani penumpang jarak tanggung dengan tetep prima.... meskipun brentinya banyak (Gubeng, Jombang, Kertosono, Madiun, Solo, Jokdja, Kutoarjo, Kroya, Banjar, Tasik, Cipendey dan Bandung)
[/quote]
kalou menurut sy lintas utara nantinya masih memungkinkan ada ka setara argo relasi Sbi-Bj-Cu-Smt-Pk-Tg-Cn-Pwk-Pdl-Cmi-Bd bisa megcover penumpang dari sbi yang lebih menyenangi waktu tempuh laksana analog ka varian (ka 33 dengan 35). ka ini bisa berangkat siang /malam mungkin untuk awal2 satu x saja dulu perjalanannya bisa siang bisa jam 09.00 /kalou malam bisa 19.00 // 6/7 petak dibelakang/didepan ka1/ka3 dengan prediksi cukup relevan nantinya ka ini waktu tempuh nya bisa 11 jam bahkan bisa kurang, hal ini bisa dilakukan jika setting jam keberangkatan dan juga menimbang merupakan waktu favorit penumpang. adapun basis penumpang bisa dari Bj(megcover lamongan/babat/tuban kota kaya minyak dan Cu/cepu; juga kota kaya minyak mengcover blora rembang,purwodadi
juga ka ini bisa sampai Smt sekitar jam 13.00 atau 23.00 sehingga tidak berdekatan dengan ka 47/ ka 17177 dan basis penumpang lainnya di pk(mengcover batang,pemalang)(industri tekstil/batik) juga di tg (mencover slawi,brebes) prediksi sampai Cn 16.15/ 02.15 kemudian jika shortcut Tjs-Cbr clear bisa sampai Bd jam 20.00 / 06.00 ...apalagi kalou shortcut sbi-sgu sudah diresmikan maka relasi ka ini bisa menjadi Ml-Sgs-Bg-Sda-Wo-Sgu-Sbi-Bj-Cu-Smt-Pk-Tg-Cn-Pwk-Pdl-Cmi-Bd
selain itu... faktor pendukungnya adalah... di Jawa Timur dan Jawa Tengah,, lebih banyak kota besar atau kota2 dengan potensi penumpang besar yg ada di lintas selatan dibanding utara.... mari kita bandingkan
utara: Surabaya, Bojonegoro (mengcover wil. Bojonegoro, Lamongan Tuban), Semarang, Pekalongan, Tegal, CN dst...
selatan: Surabaya, Jombang (mengcover wil Jombang, Kediri, Lamongan, bahkan Blitar dan Malang), Kertosono (mengcover wil. Nganjuk, Kediri, Tulungagung) Madiun (mengcover wil. Madiun, Ponorogo, Pacitan, Magetan n Ngawi), Solo dan Jogja (jelas mengcover banyak wilayah).. Kutoarjo (mengcover wil. Purworejo, Wonosobo bahkan Magelang), Kroya (mengcover Cilacap dan Purwokerto) dst... tentu potensi tersebut sudah terbaca dengan sangat baik oleh perencana KA pada jaman PERUMKA ketika Wilis pertama kali diluncurkan... (tahun 1998)
selain itu dengan topografi jalur selatan yg cenderung bergunung-gunung... membuat KA mempunyai keunggulan mutlak dibanding moda pesaing... sebagai contoh: orang tua saya kalo pulkam ke Purwokerto dulunya pake mobil... dan membutuhkan waktu minimal 10 jam siang hari (itu kalo nyetirnya gantian dan istirahat cuman di pom)..sekarang Jombang Purwokerto bisa 12 jam pake mobil.... nah sekarang lebih milih naek Wilis... lah perjalanan cuman 6 jam (JG-KYA: 8.20 - 14.20 sementara KYA-JG 11.30 - 17.30)....
so justru di lintas selatan lah wilis bisa tetep eksis... bisa mengcover penumpang terjauh dan melayani penumpang jarak tanggung dengan tetep prima.... meskipun brentinya banyak (Gubeng, Jombang, Kertosono, Madiun, Solo, Jokdja, Kutoarjo, Kroya, Banjar, Tasik, Cipendey dan Bandung)
[/quote]
kalou menurut sy lintas utara nantinya masih memungkinkan ada ka setara argo relasi Sbi-Bj-Cu-Smt-Pk-Tg-Cn-Pwk-Pdl-Cmi-Bd bisa megcover penumpang dari sbi yang lebih menyenangi waktu tempuh laksana analog ka varian (ka 33 dengan 35). ka ini bisa berangkat siang /malam mungkin untuk awal2 satu x saja dulu perjalanannya bisa siang bisa jam 09.00 /kalou malam bisa 19.00 // 6/7 petak dibelakang/didepan ka1/ka3 dengan prediksi cukup relevan nantinya ka ini waktu tempuh nya bisa 11 jam bahkan bisa kurang, hal ini bisa dilakukan jika setting jam keberangkatan dan juga menimbang merupakan waktu favorit penumpang. adapun basis penumpang bisa dari Bj(megcover lamongan/babat/tuban kota kaya minyak dan Cu/cepu; juga kota kaya minyak mengcover blora rembang,purwodadi
juga ka ini bisa sampai Smt sekitar jam 13.00 atau 23.00 sehingga tidak berdekatan dengan ka 47/ ka 17177 dan basis penumpang lainnya di pk(mengcover batang,pemalang)(industri tekstil/batik) juga di tg (mencover slawi,brebes) prediksi sampai Cn 16.15/ 02.15 kemudian jika shortcut Tjs-Cbr clear bisa sampai Bd jam 20.00 / 06.00 ...apalagi kalou shortcut sbi-sgu sudah diresmikan maka relasi ka ini bisa menjadi Ml-Sgs-Bg-Sda-Wo-Sgu-Sbi-Bj-Cu-Smt-Pk-Tg-Cn-Pwk-Pdl-Cmi-Bd