12-09-2009, 09:00 AM
Ide awal pembangunan jalur ini adalah murni untuk angkutan barang, dalam hal ini semen dan batubara. Tetapi karena krisis 1998 mengubah semua rencana karena calon pengguna terbesar yaitu Indocement diambil alih BPPN sebagai jaminan kasus BLBI keluarga Salim. Sekitar 2001 BPPN menjual saham Indocement ke Heidelberg Cement Gmbh. Jerman.
Paska pengalihan saham tsb. Heidelberg melakukan rasionalisasi besar2-an di Indocement. Termasuk melikuidasi divisi2 yg tidak termasuk bisnis inti. Salah satunya Divisi Transportasi yg meng-handle pengiriman batubara dan semen. Otomatis semua perjanjian awal kerjasama pengangkutan batal semua, krn saat ini semua pengangkutan dipegang oleh Kontraktor Ekspedisi macam Mitra Rajasa,Intitrans,Anggada Perkasa. Harap diingat pada masa ORBA keluarga Cendana punya jatah saham di Indocement.
Yang perlu dilakukan sekarang PT.KAI harus berani inisiatif untuk bersaing dengan perusahaan2 ekspedisi dengan membentuk anak perusahaan khusus menangani potensi angkutan semen dan barang di sekitar Cibinong & Citeureup. Dari sisi bisnis jangka panjang sangat menjanjikan. Deposit gamping di sekitar Citeureup baru habis untuk jangka 150thn mendatang. Serta di kawasan ini ada 2 pabrik semen besar yaitu Indocement dan HOLCIM dengan total produksi sekitar 30% dari hasil produksi semen nasional. Sebuah prospek bisnis yg bagus apabila selayaknya pejabat2 kereta api kita berjiwa Entrepreuner......
Paska pengalihan saham tsb. Heidelberg melakukan rasionalisasi besar2-an di Indocement. Termasuk melikuidasi divisi2 yg tidak termasuk bisnis inti. Salah satunya Divisi Transportasi yg meng-handle pengiriman batubara dan semen. Otomatis semua perjanjian awal kerjasama pengangkutan batal semua, krn saat ini semua pengangkutan dipegang oleh Kontraktor Ekspedisi macam Mitra Rajasa,Intitrans,Anggada Perkasa. Harap diingat pada masa ORBA keluarga Cendana punya jatah saham di Indocement.
Yang perlu dilakukan sekarang PT.KAI harus berani inisiatif untuk bersaing dengan perusahaan2 ekspedisi dengan membentuk anak perusahaan khusus menangani potensi angkutan semen dan barang di sekitar Cibinong & Citeureup. Dari sisi bisnis jangka panjang sangat menjanjikan. Deposit gamping di sekitar Citeureup baru habis untuk jangka 150thn mendatang. Serta di kawasan ini ada 2 pabrik semen besar yaitu Indocement dan HOLCIM dengan total produksi sekitar 30% dari hasil produksi semen nasional. Sebuah prospek bisnis yg bagus apabila selayaknya pejabat2 kereta api kita berjiwa Entrepreuner......