18-11-2010, 08:40 AM
yang menaungi jalur nambo itu siapa? KCJ atau PT KA?
masih inget dulu ada KRD Nambo dari MRI cuma 2 gerbon aja. Penumpang berjubel
[/quote]
Mengenai jalur Nambo yang masih belum terelektrifikasi, itu sepenuhnya kewenangan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) seperti jalur BOO-SI.
Kewenangan PT. KCJ terbatas kepada jalur-jalur yang sudah terelektrifikasi dan dapat dilalui armada KRL.
KRD Nambo, seperti dianaktirikan padahal okupansinya membludak:
Dalam sejarahnya, KRD Nambo yang saya ketahui hanya menggunakan livery putih-oranye dan biru-kuning, tidak ada yang seluruhnya putih.
CMIIW.
Masalah pengaktifan kembali jalur ini, sepertinya belum bisa terealisasi dalam waktu dekat, karena persoalan armada yang akan menggunakan jalur ini masih dalam tahap wacana.
[/quote]
rangkaiannya belang yaa..
seingat saya waktu tahun 2003-2006 waktu nunggu KRL di Sta. UI sering lihat KRD yg warna biru (pada foto pada rangkaian ke2)..
saya bingung knp KRD ke Nambo di non aktifkan pdhl okupasinya bagus.. tp tidak tau jg sih penumpangnya bayar atau tidak krn banyak kambingnya jg loch
saya hanya berharap rencana pengaktifan itu dapat terealisasi secepatnya, supaya klo mo ke pabrik di cileungsi bisa naik KRD..
sedih bgt waktu lihat liputan jalur mati ini di TV kereta KA. Argo Gede (Alm)..
[/quote]
Karena okupansi membludak namun ketersediaan jumlah armada yang kurang membuat PT. KAI merugi dari pengoperasian KRD Nambo dikarenakan banyak penumpang yang tidak membeli tiket resmi (secara pengawasan penumpang saat itu masih lemah, tidak seperti sekarang).
Angkutan KRD Nambo berhenti beroperasi dikarenakan kedua unitnya mengalami kerusakan yang tak dapat ditangani oleh BY MRI, dan setahu saya kedua kereta yang rusak masih mangkrak di kebun BY MRI dengan kondisi yang mengenaskan.
Kalau tidak salah KRD-nya itu punya dipo THB (salah satunya yang warna kuning-biru sepertinya eks rangkaian Sukabumi Ekspres KD3-822xx).
Untuk ke depannya, apabila pengkajian pengaktifan kembali jalur ini sudah selesai dan memungkinkan dioperasikannya lagi KRD, kemungkinan armadanya menggunakan 2 atau 4 kereta KRDI (karena KRD MCW 302 milik dipo THB tidak memadai untuk jalur CTA-NMO disebabkan faktor usia sarananya).
CMIIW.
Tokyo Metro 05-108F|Sora Naegi
Jabodetabek no Tsuukin Dentetsu (KCJ)
Jabodetabek no Tsuukin Dentetsu (KCJ)