05-11-2012, 01:35 PM
(31-10-2012, 07:01 PM)lanapurwa Wrote: maap om om,dan agan agan sekalian,mau nanya....
kan kalo pake sistim dc analog harus make lebih dari 1 controller untuk mengendalikan kereta model,nah pertanyaan sya:
1.apakah 1 adaptor untuk 1 controller,atau 1 adaptor bisa di pake rame rame controller??
2.kalo yang di atas bisa,apakah aksesoris,seperti lampu jalan di lay out bisa di ikutkan adaptor untuk controller atau harus di buatkan adaptor sendiri??
terimakasih(maap banyak nanya)maklum newbie
1. Sebenarnya, kalo pake pengontrol analog, gak perlu dua kok mas bro. Satu cukup. kalo dua itu misalnya kalo pengen menjalankan dua loko atau lebih dalam satu layout secara bersamaan dan mandiri. Misalnya loko A narik penumpang pengen dihentikan di stasiun, loko B narik rangkaian barang ingin tetap dijalankan. Kalo kasusnya begini baru dibutuhkan dua pengontrol. Kalo kasusnya begini bisa pake satu trafo untuk dua pengontrol asal trafonya memiliki kuat arus yang cukup (minimal satu ampere). Tapi musti tetep dibikin pengaturan kabel yang cukup cermat di rel supaya gak konslet antar dua pengontrol tadi. Lumayan ribet si apalagi kalo dah masang kabel di wesel.
2. Kalo semua aksesori tambahan pengen dimasukkan ke satu trafo yang sama, bisa aja. Tapi sebaiknya gunakan trafo dengan kuat arus yang cukup (misalnya dua ampere atau lebih tergantung ukuran layout dan banyaknya aksesori). Bisa juga menggunakan trafo tersendiri yang terpisah dari trafo untuk pengontrol kereta. Yang penting, lakukan pemasangan kabel dengan cermat supaya tidak terjadi hubung singkat.
kalo saran ogut, mendingan langsung aja pake sistem digital mas bro. Lebih mahal sedikit tapi lebih lebih gampang nambah rangkaian dan loko, perkabelan lebih sederhana, dan banyak lagi. Kalo masalahnya dana, ya sebaiknya nabung dulu dengan sabar untuk beli sistem digital (loko & controller) . Gak perlu keburu-buru.
