Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Stasiun Cibinong
#1
Halo Admin dan kawan RF semuanya, izinkan saya untuk membuat thread. Setelah saya search ternyata topik tentang stasiun Cibinong belum ada, jadi saya bermaksud membuatnya. Kalau ternyata thread-nya sudah ada silakan digembok saja.

Berkenaan akan dibukanya kembali jalur Nambo-Citayam pada April 2015 untuk angkutan penumpang yang bakal dilayani oleh Kereta Rel Listrik (KRL), rasanya tidak lengkap kalau tidak membahas salah satu stasiun yang cukup besar di jalur ini yaitu Stasiun Cibinong.

Untuk sekedar pengetahuan, jalur KA Nambo-Citayam sebelumnya sudah pernah digunakan untuk angkutan penumpang dengan menggunakan KRD (Kereta Rel Diesel) dengan relasi Citayam-Manggarai. Tetapi karena kurangnya okupansi, KRD relasi Citayam-Manggarai akhirnya dihentikan (saya kurang tahu tahun kapan dihentikan, mungkin antara tahun 2006-2008).

Berikut informasi mengenai stasiun Cibinong (berdasarkan website Wikipedia Indonesia)
Nama Stasiun : Cibinong
Operator : DAOP I Jakarta
Ketinggian : +126m dpl
Lokasi : Jln. Kelurahan Pabuaran, Cibinong (berdasarkan googlemaps)
Posisi pada jalur Nambo-Citayam (dengan panjang jalur sekitar 12-13 km)
Sta. Nambo <---> Sta. Gunung Putri <---> Sta. Cibinong <---> Sta. Pondok Rajeg <---> Sta. Citayam

Sumber tulisan:
1.
2.
3.
dll

Bila terjadi kesalahan Informasi harap kawan-kawan RF dapat mengoreksi.

Untuk foto disajikan di bawah dan selamat berdiskusi Bye Bye

Berikut beberapa foto di stasiun Cibinong dan sekitarnya. Saya ambil sekitar awal Januari 2015, saat saya sedang olahraga pagi. Mohon Maklum bila masih kurang sempurna.

1. Stasiun tampak depan


2. Dari dekat rel


3. Papan nama stasiun




4. Pintu masuk stasiun


5. Peron


6. Stasiun tampak dari samping (di dalam stasiun)


7. Sepur utama (kiri) dan sepur belok (kanan) yang mengarah ke Citayam.



8. Sedang ada pembuatan persinyalan (masih belum selesai pada saat itu). Mengarah ke stasiun Nambo.



9. Kabel buat apa ya?



10. Wesel (di sepur belok) 



11. Persinyalan yang belum selesai dibuat



12. Badug



13. Ada yang tahu ini apa?



14. Wesel


15. Semboyan35 yang mengarah ke Nambo


16. Masih di sekitar wesel dan sepur belok



17. Kenapa diwarnai kuning ya?


18. Masih wesel Ngeledek 



19. Sinyal setelah PJL Jalan Tapos yang mengarah ke Stasiun Cibinong (sebelum fly over)
Hanya seorang penglaju Jakarta-Bandung
Banyak sekali kenangan manis di antara Stasiun Jatinegara - Stasiun Bandung
Reply
#2
Saat itu th 2001an antusiasme penumpang saat itu sgt tinggi hingga bejubel bahkan sampai byk yg gratisan naeknya... Jelas merugi dg jumlah unitnya kadang 3 unit bahkan cuma 2 doank dalam 1 rangkaian...


Pernah suatu hari saat itu jg aku coba ngejar tuh KRD yg msh ngetem di Nambo... Ber2 om aku bela2in pake mobil rumah... Gak taunya si KRD berangkat lbh cepet... Saat bbrp hari sebelumnya cuma skedar pengen lihat stasiun Nambo kyk apa sih... sempet nyaksiin si KRD pas mau berangkat... Bener aja bejubel gak karuan dg stripping putih hijau putih kala itu...

Reply
#3
itu peronnya cuma sebelah yaa...?
Reply
#4
9. Kabel buat apa ya?




kemungkinan kabel2 buat sistem sinyal blok.
---------------------------------------------------------------------

12. Badug


hey, ada alat derailer rupanya. tapi kok kebalik masangnya?
----------------------------------------------------------------------

13. Ada yang tahu ini apa?


itu axle counter masbro. alat penghitung gandar.
----------------------------------------------------------------

17. Kenapa diwarnai kuning ya?


sekarang kalo ada alat2 sensor dekat sinyal blok pasti diwarnai kuning. mungkin buat memudahkan perawatan.
-----------------------------------------------------------------------------------

keren liputannya masbro. Kado
"Train approaching! Please remain behind yellow line!"
Reply
#5
Yang di tandai Kuning, artinya operator kereta pecok dilarang mecok disini
RF fajarwe, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Nov 2010.
Reply
#6
Perlu penambahan peron ,atap & gerbang elektronik kalau mau menjalankan KRLBerarti mecoknya secara manual dong?
Fanboys are people who are willing to defend and promote the object of their affection. They are rarely objective and disregard facts that contradict their opinions.
BB: 55FFFBE5
Reply
#7
Jalur KRL baru : Citayam - Cibinong - Nambo.  
Stasiun Pondok Rajeg dan Gunung Putri berjalan langsung sepertinya.
Stasiun Citayam sebagai stasiun transit.
Kabar gembira untuk warga Cibinong.  Xie Xie




Btw, stasiun Cibinong disingkat jadi apa ya?
Citayam (CTA)
Cibinong (???)
Nambo (NMO)
Hanya seorang penglaju Jakarta-Bandung
Banyak sekali kenangan manis di antara Stasiun Jatinegara - Stasiun Bandung
Reply
#8
itu maksudnya dibunderin garis putus2 maksudnya belum beroperasi?

sayang ya rajeg gak berhenti. padahal kalo dari kawasan pemkab cibinong lebih deket ke rajeg (2.5km) daripada ke bojonggede (4km).
"Train approaching! Please remain behind yellow line!"
Reply
#9

Sampai saat ini memang belum dioperasikan. Menurut jadwal akan beroperasi mulai bulan April. Semoga tidak molor.

OOT dikit
Sama saya juga setuju, kenapa stasiun Pondok Rajeg dan Gunung Putri tidak dioperasikan. Padahal cukup potensial untuk mengangkut penumpang. Apalagi stasiun gunung putri, jadi akses terdekat untuk warga Citeureup untuk naik KRL daripada harus ke Nambo. 
Atau stasiun Pondok Rajeg dan Gunung Putri hanya sebatas halte ya? Bingung
Hanya seorang penglaju Jakarta-Bandung
Banyak sekali kenangan manis di antara Stasiun Jatinegara - Stasiun Bandung
Reply
#10
Btw koq liat foto si st Cibinong no 1 dan2  dr atas serasa de javu yah???  Bingung Apa krn udah saking byk yg motret dg spot yg hampir sama jd bgitu situ motret jg seolah hehe posting foto yg udah punya... Xie Xie  Hihiii....
Knapa line-nya warna oranye jg yah disamain ama rute loop line Jatinegara??? Harusnya kl emang rute terpisah (rute Nambo) yah warna laen donk yah....

Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)