Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Pekalongan Express
#11
Wah,, PK-SMC 40k ? Bingung
Memang sih secara efisiensi waktu perjalanan Pekalongan-Semarang munggunakan Kereta Api lebih cepat

[Spoiler=Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Didesak Beri Subsidi Tarif Kereta Api]

Angkutan massal di Jawa Tengah menjadi hal yang belum ramah di masyarakat. Adalah tugas pemerintah dalam mensosialisasikan angkutan massal, salah satunya kereta api. Sayangnya, tarif kereta api yang mahal menjadi kendala. Oleh karena itu, penting adanya pemberian subsidi kereta api.

Angota Komisi D DPRD Jawa Tengah, Hadi Santoso, mengatakan, pihaknya telah memberikan usulan tersebut kepada Dinas Perhubungan tentang subsidi kereta api di Jawa Tengah. Menurutnya, pemberian subsidi kereta api adalah untuk mengurangi harga agar setara dengan bus.

"Masyarakat Jawa Tengah saat ini lebih ramah dengan bus. Padahal, kalau harga kereta bisa disubsidi, hingga setara bus, akan lebih baik," kata dia di Semarang, Minggu 6 Juli 2014.

Menurut Hadi, subsidi kereta api yang dibutuhkan hanya pada kisaran Rp4-5 miliar di semua gerbong di Jawa Tengah. Seperti halnya jurusan Semarang-Solo, Semarang- Purwokerto, Cepu-Tegal. Dengan subsidi Rp5-6 ribu sudah sangat memberikan kemudahan angkutan massal.

"Sebagai contoh, subsidi kereta api untuk untuk jalur Semarang-Solo. Jika menggunakan kereta api seharga Rp25 ribu, beda dengan bus yang hanya Rp20 ribu," kata dia.

Selain itu, pemberian subsidi tarif kereta akan berpengaruh signifikan terhadap kepadatan jalan. Kemacetan jalan raya yang selalu jadi pemandangan biasa akan bisa ditekan.

"Pemerintah Jawa Barat sudah menerapkan subsidi tarif kereta api ini. Jawa Tengah seharusnya mengikuti," kata dia.

Harapannya, kata dia, usulan pemberian tarif kereta api itu akan dibahas di APBD perubahan hingga APBD murni 2015 mendatang. Oleh karenanya, usulan tersebut harus disikapi serius oleh Pemprov Jateng.

"Kalau melihat APBD provinsi maka dana Rp4-5 miliar itu kecil untuk penghematan," beber Politikus PKS itu.

Pakar Transportasi Unika Semarang, Djoko Setijowarno, mengatakan, pemberian subsidi tarif tersebut akan bisa efektif dengan adanya rencana pembukaan sejumlah jalur kereta api di wilayah Jawa Tengah yang selama ini ditutup.

“Subsidi untuk menarik minat publik menggunakan kereta lebih murah dan efisien,” kata Djoko Setijowarno.

Menurut Djoko, jalur kereta lama yang hendak dioperasionalkan kembali itu mampu mengurai kemacetan di sejumlah akses jalan antarkota di Jawa Tengah.

Dia mencatat, pada lima tahun ke depan terdapat akses rel kereta dari Semarang ke selatan dan timur yang dioperasikan kembali. Rute itu meliputi Semarang-Magelang-Yogyakarta dan Semarang-Kudus-Pati-Rembang.

“Itu akan efektif mengurai kemacetan akibat penggunaan angkutan pribadi di sepanjang jalan nasional ke timur dan ke selatan,” beber Djoko.



[/Spoiler]
UTAMAKAN KESELAMATAN..........!
Keluarga Anda Menanti di Rumah !

Juragan Warteg yang Juga Seorang Aktivis KA
Reply
#12
Kira2 pinjem rangkaian siapa ya.. Jadi pake rangkaian Kamandaka kah?
Reply
#13
IMHO kalo perjalanan singkat gini bukannya emang seringnya minjem ya?
Cuma emang belom ketahuan aja atau emang kurang update info.... hahahah
Reply
#14
Palingan juga rangkaian pake ngalap ndekok (bobo siang) / idle an si kamandaka . Kan kelihatan dari pola setingan waktu pemberangkatan dan jumlah tempat duduk nya... juga terkesan kagok ini relasi nya... kalo diteruskan sampai Tg ya kepaksa ngubah malka kamandaka berangkat smt lebih sore lagi. Cmiiw... .
Xie Xie
btw ....about ... pekalongan ekpres... hmmm maaf yak sy kok merasa kurang yakin yak ama okupansi ini ka nantinya... seandainya membidik yg bertamasya ke plabuan palingan bisa yg naik dari smt/c sedangkan yg naik dari pk gimana...pulang nya naik apa..?? Terus berapa indeks signifikansi kwantitas yg sekedar berwisata ke plb yg mana terlihat di tiket online kapasitasnya nyampe 636 tempat duduk (idem dengan kapasitas kamandaka) .
Ya sebagai rf berharap si okupansi ka ini bisa berhasil..sukses. dan semoga berharap bisa di perpanjang sampai Tg sebagai penambahan variasi pilihan ke smc. Bye Bye
Semboyan35debaran hatiku
WAHANA DAYA PERTIWI

yen nglurug tanpo bolo ...menang tanpo ngasorake
Reply
#15
Palingan juga rangkaian pake ngalap ndekok (bobo siang) / idle an si kamandaka . Kan kelihatan dari pola setingan waktu pemberangkatan dan jumlah tempat duduk nya... juga terkesan kagok ini relasi nya... kalo diteruskan sampai Tg ya kepaksa ngubah malka kamandaka berangkat smt lebih sore lagi. Cmiiw... .
Xie Xie
btw ....about ... pekalongan ekpres... hmmm maaf yak sy kok merasa kurang yakin yak ama okupansi ini ka nantinya... seandainya membidik yg bertamasya ke plabuan palingan bisa yg naik dari smt/c sedangkan yg naik dari pk gimana...pulang nya naik apa..?? Terus berapa indeks signifikansi kwantitas yg sekedar berwisata ke plb yg mana terlihat di tiket online kapasitasnya nyampe 636 tempat duduk (idem dengan kapasitas kamandaka) .
Ya sebagai rf berharap si okupansi ka ini bisa berhasil..sukses. dan semoga berharap bisa di perpanjang sampai Tg sebagai penambahan variasi pilihan ke smc. Bye Bye
[/quote]

Kalo dibikin Kaligung yg berhenti di PLB 1 mnt gimana?
Fanboys are people who are willing to defend and promote the object of their affection. They are rarely objective and disregard facts that contradict their opinions.
BB: 55FFFBE5
Reply
#16
Palingan juga rangkaian pake ngalap ndekok (bobo siang) / idle an si kamandaka . Kan kelihatan dari pola setingan waktu pemberangkatan dan jumlah tempat duduk nya... juga terkesan kagok ini relasi nya... kalo diteruskan sampai Tg ya kepaksa ngubah malka kamandaka berangkat smt lebih sore lagi. Cmiiw... .
Xie Xie
btw ....about ... pekalongan ekpres... hmmm maaf yak sy kok merasa kurang yakin yak ama okupansi ini ka nantinya... seandainya membidik yg bertamasya ke plabuan palingan bisa yg naik dari smt/c sedangkan yg naik dari pk gimana...pulang nya naik apa..?? Terus berapa indeks signifikansi kwantitas yg sekedar berwisata ke plb yg mana terlihat di tiket online kapasitasnya nyampe 636 tempat duduk (idem dengan kapasitas kamandaka) .
Ya sebagai rf berharap si okupansi ka ini bisa berhasil..sukses. dan semoga berharap bisa di perpanjang sampai Tg sebagai penambahan variasi pilihan ke smc. Bye Bye
[/quote]

Kalo dibikin Kaligung yg berhenti di PLB 1 mnt gimana?
[/quote]

Nah.. Kenapa ga Kaligung nya aja yang berhenti sebentar di Plabuan? Saya rasa siang2 Kaligung juga sepi kan? Ketambahan ada KA ini, apa ga mubazir? Feeling saya kok bakal mengulang Ajisaka.
Kapan ya...
Reply
#17
Palingan juga rangkaian pake ngalap ndekok (bobo siang) / idle an si kamandaka . Kan kelihatan dari pola setingan waktu pemberangkatan dan jumlah tempat duduk nya... juga terkesan kagok ini relasi nya... kalo diteruskan sampai Tg ya kepaksa ngubah malka kamandaka berangkat smt lebih sore lagi. Cmiiw... .
Xie Xie
btw ....about ... pekalongan ekpres... hmmm maaf yak sy kok merasa kurang yakin yak ama okupansi ini ka nantinya... seandainya membidik yg bertamasya ke plabuan palingan bisa yg naik dari smt/c sedangkan yg naik dari pk gimana...pulang nya naik apa..?? Terus berapa indeks signifikansi kwantitas yg sekedar berwisata ke plb yg mana terlihat di tiket online kapasitasnya nyampe 636 tempat duduk (idem dengan kapasitas kamandaka) .
Ya sebagai rf berharap si okupansi ka ini bisa berhasil..sukses. dan semoga berharap bisa di perpanjang sampai Tg sebagai penambahan variasi pilihan ke smc. Bye Bye
[/quote]

Kalo dibikin Kaligung yg berhenti di PLB 1 mnt gimana?
[/quote]

Nah.. Kenapa ga Kaligung nya aja yang berhenti sebentar di Plabuan? Saya rasa siang2 Kaligung juga sepi kan? Ketambahan ada KA ini, apa ga mubazir? Feeling saya kok bakal mengulang Ajisaka.
Kapan ya...
[/quote]

itung2 biar ada kerjaan disana wag... Ngakak
Reply
#18
Palingan juga rangkaian pake ngalap ndekok (bobo siang) / idle an si kamandaka . Kan kelihatan dari pola setingan waktu pemberangkatan dan jumlah tempat duduk nya... juga terkesan kagok ini relasi nya... kalo diteruskan sampai Tg ya kepaksa ngubah malka kamandaka berangkat smt lebih sore lagi. Cmiiw... .
Xie Xie
btw ....about ... pekalongan ekpres... hmmm maaf yak sy kok merasa kurang yakin yak ama okupansi ini ka nantinya... seandainya membidik yg bertamasya ke plabuan palingan bisa yg naik dari smt/c sedangkan yg naik dari pk gimana...pulang nya naik apa..?? Terus berapa indeks signifikansi kwantitas yg sekedar berwisata ke plb yg mana terlihat di tiket online kapasitasnya nyampe 636 tempat duduk (idem dengan kapasitas kamandaka) .
Ya sebagai rf berharap si okupansi ka ini bisa berhasil..sukses. dan semoga berharap bisa di perpanjang sampai Tg sebagai penambahan variasi pilihan ke smc. Bye Bye
[/quote]
Kalo saya punya usul mending di bikin berhenti di tiap stasiun aj, sbg tambahan alternatif masy sktr stasiun yg mau ke PK or SMC, semacam ka lokal gitu..
Reply
#19
Masih kelihatan miris 6K3 KA 7057 tgl 15 ini masih keisi 3 pnp..
7066 nya juga keisi 3 pnp..
Reply
#20

Apa ga sekalian dipecah aja ya jadi 2 set @3 K3? kalo sepi begini mah bawa 1 K3 pun tetep aja rugi
Fanboys are people who are willing to defend and promote the object of their affection. They are rarely objective and disregard facts that contradict their opinions.
BB: 55FFFBE5
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)