Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 1 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
KA Semen NMO - BW
#11
Pengangkutan Semen Menggunakan Kereta Api Bisa Menghemat Rp. 11 Milyar
HeranLok Merah Biru
[Spoiler=Pengangkutan semen PT Indocement dari moda truk menjadi kereta api diyakini dapat menghemat pemakaian bahan bakar minyak hingga 1 juta liter per tahun. Bila diasumsikan harga bahan bakar minyak (BBM) industri senilai Rp 11 ribu per liter, penghematan yang dilakukan dapat mencapai Rp 11 miliar.]

Hal itu diungkapkan Direktur Umum PT Indocement Tunggal Prakasa TBK, Kuky Permana, di Bogor, Rabu, 2 Juli 2014. "Dengan penghematan BBM sebesar itu, kita juga bisa mengurangi emisi karbondioksida lebih dari 3.000 ton per tahun," ujar Kuky saat meresmikan rute kereta api pengangkut semen Semen Roda Tiga dari Nambo-Banyuwangi pada Rabu, 2 Juli 2014.

Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Ignasius Jonan, juga mengatakan konsumsi BBM kereta api hanya seperdelapan sampai sepersepuluh dibandingkan dengan truk. Ditambah lagi, emisi gas buangan kereta api sangat rendah. "Penggunaan kereta api juga akan mengurangi kepadatan kendaraan di jalan raya," ujar Jonan.

Menurut Jonan, pertumbuhan angkutan logistik berkembang semakin pesat sejak lima tahun lalu. Di Pulau Jawa saja, pertumbuhan tonase angkutan logistik telah tumbuh hingga lima kali lipat. Namun, pertumbuhan ini belum diimbangi dengan pertumbuhan jalur kereta api.

"Kalau rel yang digunakan masih sama, pasti akan semakin banyak kereta yang harus saling mengalah saat berpapasan," kata Jonan.

Sementara itu, Direktur Utama Indocement Christian Kartawijaya mengatakan akan terus menjajaki pengangkutan semen dengan kereta api selama masih menguntungkan. Dia meminta pertambahan gudang serta penyederhanaan sistem loading barang agar pengangkutan dengan kereta api semakin kompetitif.

Xie Xie

[/Spoiler]
UTAMAKAN KESELAMATAN..........!
Keluarga Anda Menanti di Rumah !

Juragan Warteg yang Juga Seorang Aktivis KA
Reply
#12
daripada bingung-bingung, nih saya kasih bocorannya:

PLB 8051
Semen Lintas CTA-KPB

CTA 01.30
DP 01.36
THB 02.05 – 02.25
KPB 02.41

PLB 8052
Semen Lintas KPB – KLM

KPB 02.41
JNG 02.57
BKS 03.12
CKP 04.09
CNP 06.16-06.26
PK 08.39
SMC 10.04 – 10.15
CU 12.30 – 12.40
SBI 15.00 – 15.05
MST 15.10 – 15.11
KLM 15.18

PLB 8053
Semen Lintas KLM – BW

KLM 15.50
MST 15.54
STM 15.56
SDT 16.02 – 16.32
SGU 16.39 – 16.43
SDA 17.27
BG 17.50 – 17.58
PB 18.59 – 19.09
JR 21.00 – 21.46
BW 00.03


PLB 8058
KAMEN BW-KLM

BW 17:45
JR 20.11 – 20.33
PB 22.21 – 22.28
BG 23.40 – 23.50
SDA 00.12
SGU 00.36 -00.38
SDT 00.46 -01.25
STM 01.30
MST 01.32
KLM 01.37

PLB 8053
Kamen KLM-KPB

KLM 07.10
MST07.17 -07.18
SBI 07.23-07.28
CU 09.43-10.05
SMC 12.22 – 12.35
PK 13.59
CNP 16.13 – 16.30
CKP 18.39
BKS 19.36
JNG 19.51
KPB 20.07

PLB 8050
KAMEN Lintas KPB – CTA

KPB 20.07
THB 20.30 – 22.30
DP 23.02
CTA 23.08

Untuk yang mau berburu foto, silahkan liat tanggal keberangkatannya di:

[spoiler]

[/spoiler]
Reply
#13
jadi lewat Sidotopo ya karena ke Kalimas dulu, kirain lewat shortcut.
Reply
#14

ternyata bener dugaan saya, mampir SDT dulu. soalnya shortcut sampe sekarang belum ada kabar penyerahannya dari satker ke KAI
apa pergantian krunya di SDT sekalian ganti lok ya? Bingung
semoga komuter di Surabaya dan sekitarnya lebih baik lagi Malaikat
Reply
#15

Berarti lewat Tegal PLB 8052 sekitar jam 7 ya ? Bingung
Saya masih bingung membedakan antara KA Semen NMO-BW dengan KA Semen AWN-BBN

[Spoiler=Kereta Semen]

[/Spoiler]
UTAMAKAN KESELAMATAN..........!
Keluarga Anda Menanti di Rumah !

Juragan Warteg yang Juga Seorang Aktivis KA
Reply
#16
Oiya, di THB, ada ganti crew, gak?
Reply
#17
benar2 mantap... semoga nanti berlanjut dengan penumpangnya agar juga di perhatikan. KA emang hemat irit BBM jaga atmosfer bumi.. salut
Lok Merah Biru telah jadi member Semboyan 35 sejak Juli 2011
Reply
#18
Sekitar jam setengah 7 pagi,,
Kereta Semen melintas di Sumurpanggang, Tegal Bye Bye

Terpal kuningnya sepertinya masih baru Ngiler
UTAMAKAN KESELAMATAN..........!
Keluarga Anda Menanti di Rumah !

Juragan Warteg yang Juga Seorang Aktivis KA
Reply
#19
Wah keren banget nih dan lumayan juga NMO-BW, 1000km. Seandainya saja aja jalur langsung Nambo-Cikarang, pasti lebih cepat lagi dan lebih hemat bahan bakar lagi.
Wah padahal rumah saya dekat dengan jalur Nambo-Citayam, tapi belum pernah sekalipun lihat keretanya. kalau lihat jadwalnya sih, tiba CTA jam 23an, dan berangkat dari CTA jam 1-2an malem, berarti harus hunting di Stasiun Cibinong jam 11malem-2dini hari. Tiap malem cuma kebagian klakson si Puongs nya aja T__T
Hanya seorang penglaju Jakarta-Bandung
Banyak sekali kenangan manis di antara Stasiun Jatinegara - Stasiun Bandung
Reply
#20
Malem juga lewat PSE, sama aja bohong Wek
kalau mau di add monggo, ga di add/follow juga ora popo Ngeledek

Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)