Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
KRL Commuter Line sampai Rangkas Mulai 2016
#1
Berita :

KRL Commuter Line sampai Rangkas Mulai 2016

Bisnis.com, JAKARTA—Pembangunan jalur ganda KA dan elektrifikasi Maja-Rangkasbitung sepanjang 17 km akan dilanjutkan pada tahun depan dengan anggaran Rp270 miliar sehingga KRL Commuter Line bisa melaju sampai ke rute itu pada 2016.

Kepala Humas Ditjen Perekeretaapian Kementerian Perhubungan Muhartono mengatakan kebutuhan total anggaran proyek itu mencapai Rp765 miliar tetapi khusus untuk anggaran tahun depan dialokasikan Rp270 miliar.

“KRL Commuter Line diharapkan pada 2016 bisa beroperasi hingga Rangkasbitung, tahun depan kami mulai akan melanjutkan rel ganda dan elektrifikasi jalur eksisting,” katanya ditemui di Jakarta, Rabu (25/9/2013).

Anggaran Rp270 miliar itu terbagi atas elektrifikasi track existing antara Maja-Rangkasbitung sepanjang 17 km termasuk pembangunan catu daya (gardu) dengan dana Rp218,34 miliar.

Pembangunan gardu yang dimaksud adalah dua gardu (substation) listrik aliran atas yakni di Citeras dan Rangkasbitung, sedangkan sisa dana Rp52 miliar akan digunakan untuk membangun badan jalan jalur ganda KA Maja-Rangkasbitung sepanjang 8,4 km.

Saat ini Ditjen Perkeretaapian tengah merampungkan pekerjaan pemasangan jalur ganda KA baru dan penyelesaian persinyalan dan elektrifikasi jalur ganda antara Parung Panjang-Maja yang diperkirakan tuntas pada akhir tahun ini.

Meski belum double track, per 17 April lalu KRL sebetulnya sudah diresmikan beroperasikan antara Parung Panjang-Maja tetapi baru didukung oleh jalur tunggal. Akhir tahun ini double track Parung Panjang-Maja ditargetkan selesai dan awal tahun depan dapat beroperasi.

“Akhir tahun ini selesai double track dari Parung Panjang hingga Maja dan tahun depan beroperasi lalu dilanjutkan dengan double track hingga ke Rangkasbitung,” katanya.

Sejak 2006, katanya, Kemenhub melaksanakan program pembangunan prasarana di Banten dan pada 2007 sudah dirampungkan pembangunan jalur ganda KA rute Tanah Abang-Serpong sepanjang 22,7 km yang diresmikan oleh Presiden SBY pada Juli 2007.

Pada 2006, juga dituntaskan elektrifikasi listrik aliran atas jalur tunggal KA lintas Serpong-Parung Panjang sehingga KRL bisa beroperasi hingga stasiun itu. Pada tahun lalu, dirampungkan pembangunan jalur ganda KA Serpong-Parung Panjang dan diujicoba pada akhir tahun lalu. (ltc)
Reply
#2
berita bagus. setelah krl sampai cikarang dan rangkas, semoga bertahap rencana jangka panjang elektrifikasi seluruh rel daop 1 akan terwujud.
"Train approaching! Please remain behind yellow line!"
Reply
#3

dan Berita buruknya.
odong-odong dari Angke ke RK PP langsung menghilang. Nangis

dan yang tersisa odong-odong Angke ke MER PP. Sedih
berharap jadwal odong-odong ex Angke - RK dialihkan rutenya dari RK ke MER. sebanyak 5 kali trip setiap harinya. Mikir Dulu

"Memburu kereta api keseluruh nusantara."
Facebook :
Reply
#4

dan Berita buruknya.
odong-odong dari Angke ke RK PP langsung menghilang. Nangis

dan yang tersisa odong-odong Angke ke MER PP. Sedih
berharap jadwal odong-odong ex Angke - RK dialihkan rutenya dari RK ke MER. sebanyak 5 kali trip setiap harinya. Mikir Dulu
[/quote]

Depo Rangkas jg Gimana tuh Bingung APa mau dipindahin aja ke serang?
Reply
#5
Jangan-jangan kedepannya seluruh lokalan daop I pake krl lagi...mungkin yang agak sulit cuma di petak BOO-SI...
Sosmed sayaBig Grin

Line:Luthfi20606
Instagram:Luthfi_20606

Ingin menjadi insan yang lebih baikWek


Reply
#6

Out of Topic ʕ•́ᴥ•̀ʔっ
sulit bukan ga mungkin kan?






Semoga secepatnya selesai
Plymouth PKC menuju hari kejayaannya dengan angkutan yang berbeda, yaitu BATUBARA

walau koleksi foto belon banyak
Reply
#7

Out of Topic ʕ•́ᴥ•̀ʔっ
sulit bukan ga mungkin kan?






Semoga secepatnya selesai
[/quote]
Out of Topic ʕ•́ᴥ•̀ʔっ
tentu saja bukan mustahil om...cuma mungkin agak ribet aja...Xie Xie





Sosmed sayaBig Grin

Line:Luthfi20606
Instagram:Luthfi_20606

Ingin menjadi insan yang lebih baikWek


Reply
#8
bukannya malah ideal itu krl dimedan pegunungan? disamping TM nya banyak jadi lebih powerful untuk menanjak, pas turun gunung malah menghasilkan listrik hasil regenerative braking yang bisa diumpan balik ke catenary.

teorinya sih lebih efisien.
"Train approaching! Please remain behind yellow line!"
Reply
#9

benar, sekali. tahun 2014, direktorat jenderal perkeretaapian ( kemenhub ) akan membuka lelang untuk project elektrifikasi jalur tunggal lintas Maja - Rangkasbitung. selengkapnya silahkan klik di
RF spoor_jadul, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Jul 2010.
Reply
#10

benar, sekali. tahun 2014, direktorat jenderal perkeretaapian ( kemenhub ) akan membuka lelang untuk project elektrifikasi jalur tunggal lintas Maja - Rangkasbitung. selengkapnya silahkan klik di
[/quote]

Kalau DT aktifnya kapan ya parungpanjang-Maja? udah setahunan blm ada tanda2 pengaktifan, lumayan kan sampai Maja, mengurangi persilangan commuter,Langsam dkk.

Kalimaya heading to Merak via Pondok Ranji station
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)