Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Sekedar Panduan -> Transportasi ke / dari Stasiun KA
#1
Buat temen2 yang suka hunting, traveling, sekedar refreshing pulang - pergi naik KA di hari yang sama, kerja, sekolah, dll mungkin sudah saatnya butuh sebuah panduan yang akurat untuk mengetahui segala medan yang bakal dan pernah kita rasain di sekeliling kita selepas dari dan siap menuju ke stasiun tertentu.

Berikut aku sekedar mau ngasih panduan agar teman2 tidak kecele kalau saja siap naik KA atau pun juga baru saja turun dari KA. Beritahu juga sanak kerabat jika memang ada yang membutuhkannya :
1. Keluar dari stasiun Gambir
Siapa sih yang enggak mengenal stasiun utama di Jakarta ini dengan pandangan Monas-nya? Semua warga pendatang juga pasti akan tahu dan pernah dikasih tahu demikian sepanjang tahun. Tapi ada 1 hal yang sulit sekali lepas dari kesan Jakarta-nya, yaitu bus Trans Jakarta. Bus ini skarang jd primadona warga Jabodetabek bahkan di luarnya sekalipun.

Tapi ada 1 hal yang mesti teman2 tahu, yaitu JANGAN MENAIKINYA DI HARI KERJA DI JAM2 SIBUK...! Kenapa?
Bethe Karena di jam2 sibuk itulah teman2 akan kesulitan menikmati transportasi super murah dan konon cepat sampai itu. Semua itu hanya tipuan belaka jika teman2 tetap memaksakan diri menaiki bus2 berkoridor tsb. Apalagi teman2 semua banyak yg membawa barang2 berat. Rasakan deh tuh antrian lama nan panjang... Tidak ortu, anak2, remaja, dsb semua menanti keangkut.

Alternatifnya :
Mending naik ojek aja jika barang bawaan gak banyak. Jika teman2 domisili di luar Jabodetabek dan jarang sekali menjumpai Jabodetabek, maka ojek menjadi salah satu pilhan tepat.
Selain itu, mungkin karcis terusan utk naik KRL AC Pakuan masih berlaku bagi teman2 ada yg ingin nerusin ke Bogor-nya. Gimana teman2 komuter Jabodetabek sekalian? Apa bener?

2. Bersabar di dalem KRL Jabodetabek di mana pun turunnya.
Kalau utk kita2 yg komuter Jabodetabek sejati, pasti sudah gak asing dg yang namanya telat dan ngaret dg Gapeka KRL Jabodetabek yg slama ini ada... Tapi bagi teman2 yg ingin sekedar hunting, berlibur, dinasan kerja, dsb di Jabodetabek, sebaiknya mengikuti ke mana pun alur perjalanan KRL itu berlaju. Semisal yg ada KRL Ekonomi AC tujuan Tn. Abang. Baru ada yg ke Jakarta Kota semisal 1 jam lagi krn misal alasan mengalami gangguan. Maka, jika misalnya teman2 ada yg hendak ke Ps. Baru yg harusnya turun di st. Juanda, mending turun di stasiun Sudirman. Lanjut naik bus Trans Jakarta sbg salah satu alternatifnya. Atau, alternatif lain silahkan naik Mikrolet tujuan Kota dr stasiun Tn. Abang. Turunnya di Harmoni, lanjut ojek setidaknya bisa cuma Rp 6.000 lha...

1x lagi, alternatif bus Trans Jakarta tidak dapat sepenuhnya dihandalkan. Dari segi waktu, sering datang telat krn armadanya minim (Kor. 8, 2 dan bbrp yg lain).

3. Ada yg bisa nambahin? Silahkan juga utk di luar Jabodetabek, agar kami kelak dan mungkin dlm waktu dekat bisa siap menempuh segala medan...
Di Solo naek becak ke PJL deket hotel Agas Rp 10ribu.
Di Bandung mau ke Istana Plaza malah dibawa ke Dago bawah gara2 salah nyebut malah "Istana Dago". Si sopir responnya sih "Dago"-nya itu...
Kecele dha aku.... Sakit

Reply
#2
Kalo dari GMR saya biasanya minta jemput, jadi ga mikir ngantri di busway hehehe.

Dari SMT bisa naek angkot atau taksi...
Reply
#3
Kalo dari PSE banyak..

mau ke arah pulogadung selain TraJa jg banya Bis Kota, macam 507 atau P 7
banyak juga metromini ke arah semper,rw sari,rw mangun
(traja jarang sih..soal ny jauh dari stasiun)

mau ke Tangerang jg ada bis ny..
693-5073-893-673
Reply
#4
Iya sih... spt halnya bus Kopami Jaya 12 rute ke Kalideres sebagai salah satunya... Itu bus yang aku tahu slalu penuh, diselimutin kemacetan parah selepas Jl. Gn. Sahari.
Oya ngomong2 bus2 kecil komuter... jangan kecele dg Metro Mini 91 Batu sari - Tn. Abang. Yang biasa menetap di Jakarta dan Tangerang pasti dah gak asing sama bus ini. Namanya doank ke dari Tn. Abang, tp seringkali dioper ke bus lain begitu di prapatan Roxy. Busnya muter balik kembali ke Batu Sari tanpa menyentuh wilayah Tn. Abang.

Itu sih sekilas utk rute bus - bus komuter Jabodetabek.

Reply
#5
faktanya adalah, di jakarta moda feeder yang paling efektif, murah dan cepat adalah sepeda motor. jadi jangan ragu2 kalo minta dijemput pakailah sepeda motor kalo ingin ngejar waktu.

mobil? kalo sebelum jam 5 pagi mungkin masih bisa. tapi kalo sudah kelewat siang, siap2 saja kena macet dimana2. bahkan di jalan tol sekalipun.
"Train approaching! Please remain behind yellow line!"
Reply
#6
Kalo di Yogya Tugu dan Maguwo sekarang uda ada TJ alias Trans Jogja, kalo dari Tugu tinggal jalan dikit ke arah Hotel garuda maka disitu ada Shelter TJ.
Moda yang lain tentu saja Becak Dokar dan tentu saja Taxi dari berbagai Pabrikan.Xie Xie

SEBELUM MENUTUP MATA INI IJINKAN AKU TUHAN MELIHAT SEMUA JALUR MATI DI JAWA HIDUP KEMBALI. AMIN

Reply
#7

Wah, jauh tuh...

OK deh, buat para pelancong yg berminat datang ke Bandung, berikut beberapa moda transportasi yg berangkat dari/ke stasiun ke/dari beberapa mall...

1. Istana Plaza
Dari stasiun: angkot Antapani-Ciroyom (pintu utara), alternatif lain St. Hall-Sarijadi, St. Hall-Lembang dan St. Hall-Cimahi, tapi harus nanya dulu sebelum naik, karena yg lewat Kb. Kawung itu bisa belok ke IP atau St. Hall
Ke stasiun: St. Hall-Sarijadi atau St. Hall-Lembang

2. Bandung Indah Plaza:
Dari stasiun: angkot St. Hall-Dago dan bus Damri Dago-Lw. Panjang (pintu selatan)
Ke stasiun: angkot St. Hall-Dago (bus ga lewat stasiun)

3. Parijs van Java:
Dari stasiun: angkot Cibaduyut-Karang Setra (pintu utara), alternatif St. Hall-Lembang, tapi juga harus nanya dulu
Ke stasiun: mau ga mau harus naik taksi

4. Bandung Supermal:
Dari stasiun: angkot Cicadas-Elang (CMIIW)
Ke stasiun: juga harus pake taksi

5. Cihampelas Walk:
Dari stasiun: naik angkot yg ke PVJ, lalu ganti angkot Cicaheum-Ciroyom di RSHS
Ke stasiun: angkot St. Hall-Lembang

Untuk taksi, yg paling direkomendasikan ada 4, yaitu:

Blue Bird (Rp. 6.000,- buka pintu, naik Rp. 300,- tiap 100 m setelah 1 km)
Cipaganti Max (Rp. 6.000,- buka pintu, naik Rp. 300,- tiap 100 m setelah 1 km)
Gemah Ripah (Rp. 5.000,- buka pintu, naik Rp. 250,- tiap 100 m setelah 1 km)
Putra (Rp. 5.000,- buka pintu, naik Rp. 250,- tiap 100 m setelah 1 km)

Di depan stasiun, yg banyak itu Blue Bird, tapi keluar di Kb. Kawung harus belok kiri dikit baru keliatan taksinya.

TIDAK direkomendasikan untuk menggunakan jasa taksi diluar yg saya tulis diatas! Ini semua demi keselamatan budget Anda dari "argo kuda"...
Visit my new blog at

Visit also:

Reply
#8
Makasih banget kang infonya ini... ^ Bermanfaat nih kalo berwisata jarak 'dekat' ala non komuter deh...Xie Xie
Kalo dari GMR saya biasanya minta jemput, jadi ga mikir ngantri di busway hehehe.

Dari SMT bisa naek angkot atau taksi...
Boleh aja sih... utk sekedar rekomendasi ruas jalan mana yang bisa dilaluin. Situ biasa ke arah mana atau mau ke mana dulu... Jadi kira2 mana yang enggak dan biasa diselimutin kemacetan...

Reply
#9
Kalo di Kota Jember..

Kalo mo naek angkot..
Keluar stasiun ke arah kanan..trus ada jalan di depan pintu parkir ke arah timur..jalan paling 500 meter ada perempatan..bisa nyegat angkot di sana..

Dari situ kalo mo ke :
1. Alun2 :
Dari situ belok kanan aja..jalan 500 meter juga udah nyampe..

2. Daerah Kampus Unej :
Dari perempatan itu kagak usah nyebrang nyegat angkot D ato Q

3. Terminal Arjasa :
Dari perempatan itu kagak usah nyebrang naek angkot K

4. Perbelanjaan Johar Plasa :
Dari perempatan itu nyegatnya di seberang jalan, semua angkot bisa..

5. Terminal Tawang Alun :
Dari perempatan itu nyegatnya di seberang jalan naek angkot A,B ama D

Paling enak seh naek ojek ato becak..

Reply
#10
hmmm.... akses ke Stasiun2 ya... ane nyumbang ya,

1. Stasiun Juanda (Jua)...
merupakan stasiun dimana seluruh KRL brenti dan juga yang berfungsi sebagai sarana transit intermoda... dari KRL ke banyak wilayah di Jakarta:
- bisa Jalan kaki: banyak banget kantor (terutama pemerintahan) di sekitaran istana (Ring-1).. jadi banyak pekerja yg naik-turun KRL di juanda dan jalan kaki menuju kantor masing2
- bisa naek busway: turun stasiun Juanda ada halte Busway Juanda... kalo mo menggunakan busway.. tinggal menuju halte tersebut, dan bisa ke banyak destinasi di Ibukota
- naek bus kota: bagi yg males pake busway... ada alternatif laen pake bus kota untuk destinasi langsung seperti: Senen, Priok, Pulogadung dan Blok M.. tapi juga bisa naek bus kota buat transit ke bus kota laen
- naek ojek: bagi yang pengen cepet2 dan tujuannya ngga terlalu jaoh
- taxi : tinggal stop ajah di jalan raya Juanda
* note: stasiun juanda ini merupakan salah satu stasiun tersibuk di lintas Jabotabek... mengingat fungsinya sebagai tempat pergantian antar-moda transportasi... stasiun ini cukup rapi, teraur, aman dan tidak ada calo kendaraan umum/taxi... klo malem2 juga insya Allah aman... disitu ada pos polisi tepat di dekat pintu keluar/masuk stasiun

2. Stasiun Depok Baru
merupakan sebuah stasiun yg sangat strategis dan sangat pandat untuk pengalu komuter... dan bisa dikatakan merupakan intermoda juga..meskipun tidak selengkap di Juanda..akses ke Depok baru:
- jalan kaki: bagi yang tinggal di sekitaran tasiun (kemiri, beji timur dll)
- naek motor: ni bisa kemana ajah..dan parkir motor di depok baru bejibun dan beberapa buka ampe 24 jam
- pake angkot: nah ini juga bisa ke banyak destinasi di Depok, bahkan ke Jagakarsa... Cibubur, dan Pamulang
* note: Stasiun depk baru..adalah salah satu stasiun dengan pengguna komuerterbesar di Jabodetabek... cuman ni stasiun kesannya sumpek, becek dan agak kumuh... maklum stasiun ini menyatu dengan pasar kemiri... benernya sih terpisah.. tapi karna mefet pasar.. jadi ikutan kek kena expansi pasar...

3. Stasiun Jombang
merupakan salah satu Stasiun besar di wilayah DAOP VII MAdiun.... dimana semua KA (baik Argo, Eksa, Eksis, K-2 dan K-3) brenti.. dan dengan letak yang sangat strategis, mengingat letaknya bersebelahan dengan jalur angkutan umum antar kota/antar provinsi..... stasiun ini merupakan salah satu stasiun paling ramai di wilayah DAOP VII.. adapun akses dari/ke stasiun jombang
- pake motor: paling gampang dan kemana2 juga bisa
- mobil: sama dengan motor... namun lebih unggul dalam hal kenyamanan dan kapasitas... cuman kalo sore/pagi pas banyak KA keluar/masuk jombang dari/ke barat... parkir mobil susah
- ke Kediri, Nganjuk, Madiun, Solo, Jogja... gampang tinggal tunggu aja bus di depan stasiun Jombang..sementara dari yg saya sebutkan ke st. Jombang...tinggal turun terminal..trus naek angkot ke stasiun
- ke Babat, Tuban Bojonegoro: gampang tinggal tunggu ajah bus Puspa di depan stasiun
- ke Malang, Pare, Blitar... tinggal jalan 200M ke PJL timur... tinggal naek bus
- ke mojokerto, surabaya: banyak KA.. ato klo mo naek angkutan laen musti naek 2x... naek angkor dati depan st. jombang ke pasar legi.. baru naek angkutan pilihan...
- ke wilayah2 kab Jombang: banyak angkot tersedia
- mo nyantai: banyak becak dan Becak Motor dengan harga sangat terjangkau
- mo cepet2 an: tinggal pake ojeg yg juga murah
* note: karena letak stasiun jombang yang sangat strategis dan posisi Kota Jombang sendiri yang juga sangat strategis (persimpangan jalur yakni, timur: Surabaya, Mojokerto.. selatan: kediri, Blitar, malang.. barat: nganjuk, madiun, solo dst.. utara: babat, tuban Bojonegoro).. maka st. inimerupakan salah satu stasiun terramai dengan penumpang tidak hanya orang2 jombang... namun juga banyak orang malang, kediri, blitar, tuban bahkan mojokerto.... padahal stasiun ini masih distrik 73-b.. dalam wilayah resort 73 Kertosono... namun karena letaknya yang lebih strategis maka menjadi lebih ramai dari kertosono
"Penipuan Publik atau kebohongan Publik adalah seseorang yang dengan sadar berkata - menyampaikan - melakukan kebohongan dan ungkapan tersebut, tersebar luas dan bisa dipahami sebagai kebenaran atau dipercayai kebenarannya"
~just quote~
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)