Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
jalur mati rambi-balung(bekas narrow gauge)
#1
jalur rambi-balung(jember) merupakan jalur yg unik.
meskipun gauge standar jalur KA penumpang adalah 1067mm, tapi jalur KA ni menggunakan gauge 600-700mm.
tapi jangan salah, KA ini bukan untuk angkutan tebu, melainkan untuk penumpang.
tapi jalur ini di re-gauge pada tahun 70an menjadi standar yaitu 1067.

munkin ada dari rekan2 yg mau koreksi atau nambahin dari sejarah jalur ini.
monggo..................

dan ini beberapa foto hasil mblusukanQ tentang jalur ini.
bekas setasiun balung yang punya keunikan tersendiri, yaitu setasiun ini d apit 2 jalur kereta dg gauge berbeda.

foto stasiun balung dari belakang, dan halaman d belakangx adalah dimana bekas jalur KA yg sudah di re-gauge menjadi 1067. tapi relx sudah d cabut abis.


Shot at 2010-08-02


Shot at 2010-08-02


berikutx foto dari depan setasiun, n terdapat jalur narrow gauge.
klo melihat bekasx, jalur ini sepertix menyatu dg jalur lori milik PG.semboro


Shot at 2010-08-02


Shot at 2010-08-02



dan d depan setasiun ini ada jembatan yg bikin q sedih, coz jembatanx terbuat dari batang rel semua.


Shot at 2010-08-02


Shot at 2010-08-02


Shot at 2010-08-02
biarpun jalur lori tertutup tanah, kau takkan luput dari pandanganku.........Was Was
Reply
#2
Jalur ini bercabang dari arah Stasiun Rambipuji ke arah kiri kemudian membelah jalan raya Jember-Tanggul,masih leihatan jejak persilangan rel dan bekas konstruksi jembatan Kali Mayang
Reply
#3
Ini yang mengarah ke Lumajang dari St. Rambipuji dan berada di sebelah kiri?
Reply
#4
yup.....betul.
ini jalur dari percabangan st.rambi n belok k kiri.
klo bekas relx masih ada semua kecuali yg d stasiun balung, mungkin d cabut untuk jembatan d depanx.
oia jembatanx jg sudah d cabut semua, sehingga relx terlihat menggantung.
biarpun jalur lori tertutup tanah, kau takkan luput dari pandanganku.........Was Was
Reply
#5
kalo dari rambipuji juga uda dicabut mas terakhir lewat situ. Tinggal sisa railbed, rel di pjl, dan pondasi jembatan
Reply
#6

klo itu sudah lama seperti itu, klo g salahs st.rambi ada wesel inggris yg menjadi awal percabangan jalur ini, tapi weselx juga sudah d cabut n bekas weselx masih ada kok, klo gak salah d tumpuk d dekat st. rambi
biarpun jalur lori tertutup tanah, kau takkan luput dari pandanganku.........Was Was
Reply
#7
kemaren q abis krumah temenQ d lumajang lewat kencong, ternyata jalur ini gak sampai balung aja.
jalur ini terus hingga kencong n lumajang.
dan mungkin jalur ini menyatu d stasiun klakah.
mungkin ada yg mau nambahin lg atau koreksix?????


monggo.........
biarpun jalur lori tertutup tanah, kau takkan luput dari pandanganku.........Was Was
Reply
#8
hasil mblusuanQ juga.

stasiun rowotamtu yg letaknya d antara st.rambi n st.balung











dan ini bekas jalur2 KA st.rowotamtu tp relx sudah d cabut semua.




dan rel yg tersisa tinggal ini, tp sudah g beraturan lagi.


biarpun jalur lori tertutup tanah, kau takkan luput dari pandanganku.........Was Was
Reply
#9
tahun berapa mulai gak aktif? sisa weselnya?
Reply
#10
Wah baru tau ada percabangan dari Rambipuji.
Mata saya kurang jeli ternyata saat melintas sekitaran tanggul dan rambipuji.

Minta pics percabangan dari sta rambipuji dong mas hamdy...

SEBELUM MENUTUP MATA INI IJINKAN AKU TUHAN MELIHAT SEMUA JALUR MATI DI JAWA HIDUP KEMBALI. AMIN

Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)