Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Mblusuk Jalur Lori jaman Belanda
[/spoiler]

Kalau dilihat dari rangka jembatannya sih itu 1067 mm. Rangka jembatan biasanya dibuat lebih lebar daripada lebar spoornya sendiri. Wink..
[/quote]

Ini awalnya 1435 mm sepertinya, lihat lebar rangkanya. Kalo emang sengaja dibikin lebih lebar dr gauge rel nanti pijakan roda ke bantalan jd kurang kokoh karena dibawah bantalan cuma ada ruang kosong.
Reply
nah ane ngiranya juga itu jembatan ukuran 1435, jelas2 ukuran gaugenya lebih gede dr 1067,.. tp herannya, kn ada loko simbah tuh yg pke gauge 1067, gmana cerita,. ane msh terheran2 ama jalur penghubung srowot ma gondang
Reply
[/quote]

Tapi setau ane ga ada deh PG yg terhubung dengan jalur 1435 mm. PG Gondang kayaknya 1067 mm. Semua PG di Jawa yg terhubung dengan jalur KA utama 1067 mm semua (cmiiw).
SAY NO TO TOLLWAYS!! SAY YES TO RAILWAYS!!

Kunjungi dan ane juga ya.

Bye Bye
Reply
[/quote]

Tapi setau ane ga ada deh PG yg terhubung dengan jalur 1435 mm. PG Gondang kayaknya 1067 mm. Semua PG di Jawa yg terhubung dengan jalur KA utama 1067 mm semua (cmiiw).
[/quote]

PG Gondang ini didirikan tahun 1860 oleh N.V. Klatensche Cultur Maatschappij, sedangkan rel pertama yang dibangun dari Tanggung hingga Solo sampai Yogyakarta diresmikan 10 Juni 1872 yang artinya belum ada rel 1067mm. Analisis saya PG Gondang ini awalnya masih beroperasi dalam skala kecil - menengah, kemudian saat ada revolusi industri dan permintaan gula meningkat pesat barulah pabrik berkembang dan memanfaatkan jaringan rel tersebut untuk alat angkutan sampai ke pelabuhan Semarang.
Nah saat Jepang masuk seluruh rel 1435mm dikonversi ke 1067mm sedangkan kemungkinan pada saat itu Jepang masih membutuhkan pasokan gula, sehingga mau tidak mau percabangan itu diregauge jadi 1067mm tapi rangka jembatan itu masih tetap 1435mm karena kondisi darurat perang dan Jepang ingin rel itu diregauge secepat mungkin.
Hanya analisis saya, mohon maaf misal ada kesalahan.. Xie Xie
Reply
Bukannya PG Gondang itu tersambung dengan lintas double track - double gauge kan ya? Yg double gauge kan milik N.I.S, dan yg double track milik SS. Seingat saya dipeta jadul itu cabangnya dengan SS yg 1067 mm.
SAY NO TO TOLLWAYS!! SAY YES TO RAILWAYS!!

Kunjungi dan ane juga ya.

Bye Bye
Reply
tapi hasil mblusuk lapangan mengatakan beda, jelas ini bkn 1067 gauge jmbtannya
Reply
[/quote][/quote]

Apakah lebar rangka jembatan sudah pernah diukur menggunakan meteran? Mestinya diukur dulu, nanti dari hasil pengukuran di lapangan bisa ditentukan lebar spoornya dengan cara lebar rangka jembatan minus lebar spoor. Biasanya lebar rangka jembatan sedikit lebih lebar daripada lebar gaugenya sendiri. Saya masih bingung, karena menurut peta jalur PTKA yg masuk ke PG Gondang itu justru dual gaugenya N.I.S lintas Solo - Jogja. Terus kedua, tahun berapa tepatnya ada rel N.I.S cabang masuk ke PG Gondang?

Ini peta jadulnya saya cantumin, yg menunjukkan rel cabang masuk ke PG Gondang cabang dari Halte Srowot.

[spoiler][/spoiler]
SAY NO TO TOLLWAYS!! SAY YES TO RAILWAYS!!

Kunjungi dan ane juga ya.

Bye Bye
Reply
nanti kalo ane k jogja, ane blusukin lg, cek lokasi dilapangan.Playboy Kalo menurut peta lama itu yg cabang itu NIS kn, ane curiga juga karena ukuran jembatan itu gede (1435mm), tapi asumsi ane dipatahin juga dengan asumsi ane lainnya Bethe
ada loko simbah yang ngelangsir dr pg gondang ke st srowot dan itu gaugenya 1067mm.. mumetSakit
Reply
just share,...di sidoarjo dkt rmh mertua saya juga masih ada rel lori tebu PG candi yg malang melintang di jalan aspal (penyeberangan) tepatnya didaerah Ds. Durungbedug sampai Sepande sidoarjo. setiap hari saya lalui, saya amati relnya..tapi kok ya gak bosen2 ya...dasar RF kalo liat rel nongol di tanah pasti lsg melayang2 pikirannya..hehehNgiler

barangkali ada yg ngajakin blusukan ke wilayah candi-sidoarjo..monggo diagendakan
Reply

saya juga pernah liat rel itu waktu saya ada acara di ds. durungbedug,.
tapi g sempat ambil pics nya karena sudah malam.......

saya bersedia mblusukan ke situ lagi kalau ada tg ngajak n waktunya pas.....

Lok Merah Biru
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 3 Guest(s)