Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Mblusuk Jalur Lori jaman Belanda

Barangkali bukan masalah besar dan kecilnya loko, tetapi lori biasanya berjalan pelan. Itu mungkin mengurangi kemungkinan anjlok. Kira-kira kecepatan lori paling tinggi (pengamatan saya) berkisar 30 km per jam. Bahkan sering lebih pelan dari itu. Makanya dulu sewaktu saya masih suka berburu tebu, tidak terlalu sulit mengejar loriXie Xie

Pada sisi lain, rangkaian lori dengan loko besar biasanya menarik 20-30 gerobak lori. Pada masa aktif loko uap PG Kebonagung, loko No. 4, 6, 7 kerap membawa rangkaian sepanjang itu. Bahkan kadang-kadang dobel traksi. Nah, kadang panjangnya rangkaian ini yang turut memicu anjloknya gerobak lori.

Saya tidak memahami masalah teknis tentang penyebab anjloknya gerobak lori. Barangkali ada rekan lain yang bisa memberi pencerahan secara teknis tentang masalah pemicu anjloknya gerobak lori.

Salam Spoor,
Reply

Barangkali bukan masalah besar dan kecilnya loko, tetapi lori biasanya berjalan pelan. Itu mungkin mengurangi kemungkinan anjlok. Kira-kira kecepatan lori paling tinggi (pengamatan saya) berkisar 30 km per jam. Bahkan sering lebih pelan dari itu. Makanya dulu sewaktu saya masih suka berburu tebu, tidak terlalu sulit mengejar loriXie Xie

Pada sisi lain, rangkaian lori dengan loko besar biasanya menarik 20-30 gerobak lori. Pada masa aktif loko uap PG Kebonagung, loko No. 4, 6, 7 kerap membawa rangkaian sepanjang itu. Bahkan kadang-kadang dobel traksi. Nah, kadang panjangnya rangkaian ini yang turut memicu anjloknya gerobak lori.

Saya tidak memahami masalah teknis tentang penyebab anjloknya gerobak lori. Barangkali ada rekan lain yang bisa memberi pencerahan secara teknis tentang masalah pemicu anjloknya gerobak lori.

Salam Spoor,
[/quote]

Biasa ny kalo nggak masalah Umur rel. Tekanan pada gardar Lori atau terlalu panjang nya rangkaian..
Itu yang saya tahu..
mingkin ada teman" yang bisa menambahkan..??
TUT TUT.. KOBONG..!!




~Presjam~
Reply
Pro : Rekan Kereta Lori semua.
Kadang juga di selingi pengalaman dahulu tentang lori Tebu ini karena banyak hal yang menarik dan tidak mungkin dinikmati RF muda sekarang ya dikarenakan sudah tidak operasi. Klaten dahulu di penuhi dengan jalur lori tebu di mana kesasar mesti jumpai jalur rel tebu, karena hampir sebagian besar pertanian tebu sehingga mudah sekali menemukan jalur lori dan keretanya asalkan musim rembang, uniknya sebelum musim rembang jalur yang akan dilewati lori di cek dengan lori patroli guna pemeriksaan jalur dan sekarang ada di musium Gondang..lihat.



setiap musim rembang di tunggu mandor sinder yang galak-galak...Red Bull...
alhasil kalau menikmati manisnya tebu di tunggu di jalur rel yang pas menikung karena kereta sangat lambat dan mudah menarik tebu..asyiiiik dan itupun harus cepat karena juga di kawal sama sinder..lari cabuuuuut.
sambil pak sinder teriak hayoo tak cekel..dasar bocah gragas..dan biasanya tak cegat di petak Karanganom.
Nah kalau yang grobak lori anjlok asal masih kosong bisa kok di angkat rame-rame, maklum lori terkadang anjlok karena permukaan rel tidak rata dan terkadang hanya di sambung rantai sehingga kalau ditarik loko kemana gerbong kemana..Ngakak.., apalagi kalau di dorong mundur gedubraaak anjlok nih...angkat kolobis kuntul baris.
he he he he capek deh.
Monggo rekan yang lain bisa nyambung.
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply

Biasa ny kalo nggak masalah Umur rel. Tekanan pada gardar Lori atau terlalu panjang nya rangkaian..
Itu yang saya tahu..
mingkin ada teman" yang bisa menambahkan..??
[/quote]

Menurut ane se bisa juga karena rangkaian terlalu panjang, ato karena emang kondisi jalurnya? tau sendiri kan jalur lori bergelombang dan agak ga teratur, ga seperti KA regular yang terus menerus di cek bantalan, balast, dll. Ato mungkin juga karena gerobak lori gak ada suspensi untuk meredam kejut dan muatan?


Ane juga gitu om waktu PG Kebon Agung aktif, ane biasanya nyolongnya di perbatasan Kabupaten Malang daerah Kacuk (gak maksud jorok lho, emang nama daerahnya itu Ngakak ), seneng dan seru, kapan ya itu bisa terulang?
Reply

Biasa ny kalo nggak masalah Umur rel. Tekanan pada gardar Lori atau terlalu panjang nya rangkaian..
Itu yang saya tahu..
mingkin ada teman" yang bisa menambahkan..??
[/quote]

Menurut ane se bisa juga karena rangkaian terlalu panjang, ato karena emang kondisi jalurnya? tau sendiri kan jalur lori bergelombang dan agak ga teratur, ga seperti KA regular yang terus menerus di cek bantalan, balast, dll. Ato mungkin juga karena gerobak lori gak ada suspensi untuk meredam kejut dan muatan?


Ane juga gitu om waktu PG Kebon Agung aktif, ane biasanya nyolongnya di perbatasan Kabupaten Malang daerah Kacuk (gak maksud jorok lho, emang nama daerahnya itu Ngakak ), seneng dan seru, kapan ya itu bisa terulang?
[/quote]

Itu pasti di sekitar Jl. Satsuit Tubun, Malang.... Lori biasanya pelan karena menyeberangi jalan dan dekat lintasan KA.

Oh ya tentang jalur lori nih, saya belum pernah melihat yg ada batu ballast nya. Biasanya hanya rel dan bantalan saja. Mungkin ini penyebab melengkungnya rel....

Salam Spoor,
Reply
@ mas Toto: ya biasanya begitu mas, orang relnya itu gak pake balas aja udah bisa dilewatin lori kok. gak ada ceritanya pabrik yg rajin memberi balas pada rel lorinya, kecuali di australia (malah pake MTT khusus rel lori). kalau menjelang musim giling biasanya baru dibersihkan relnya.


lori pg cepiring yg anjlok di atas jembatan, muatannya tumpah ke bawah

SUMBER:
Reply

Jembatan ini sangat bagus dan kelihatan dari jalur pantura...
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply

Ya mungkin itu yang nyebabin lori anjlok terus...untungnya lori cuma bawa tebu dan jalannya pelan, jadi gak ada korban jiwa dan kerugian yang berarti (kecuali kalo tebunya jatuh ke sungai kayak gambar di atas itu Ngikik )
Sekarang bahas sinyal lori yuk...ada yang tau ga PG mana yang mempunyai sinyal pada jalur lorinya? Setau ane se PG Kedawung...bentuknya seperti sinyal keluar KA regular..
Reply
hmm persinyalan lori aku blm pernah liat..
karena lori nggak ada ruang PPKA ny...Ngakak

ohya ini jembatan masih di pake nggak ya..??

kayak cikacepit (Banjar-Cijulang) tp kok besi ny udah kayak ngak kerawat gitu..??Sedih
TUT TUT.. KOBONG..!!




~Presjam~
Reply
Kok pada penasaran dengan lori anjlok ya...bagaimana kalau bikin rekontruksi gerobak lori anjlog, nanti biar bisa dinikmati di angkat sendiri dan kitanya yang jadi kumbokarno tenaga nasi pecel biar puas...tenen..mau nggak rekan-rekan..Ngakak
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 2 Guest(s)