Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Rekonstruksi Rel Stasiun Solo Kota - Solo Jebres
#91


Waduh tidak punya pesbuk jadinya titip salam saja ya mas..juga pesannya ya sama saja kurang lebih..Ngakak
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply
#92
Quote:
Selasa, 18/05/2010 09:00 WIB - dya

LOJIGANDRUNG—Ambisi Pemerintah Kota Solo menjadikan kereta api sebagai moda angkutan massal dalam kota segera terwujud. Dengan referensi jalur rel yang sudah ada sekitar tahun 1940-an, Pemkot dan Kementerian Perhubungan tengah merancang jalur KA yang menghubungkan Stasiun Purwosari-Sangkrah-Jebres-Balapan, mulai tahun 2011 mendatang.

“Jalur Balapan-Purwosari-Sangkrah-Jebres kita mau matengin itu. Karena kita ingin gunakan jalur itu nantinya untuk kereta api yang diproyeksikan sebagai angkutan massal dalam kota,” ujar Walikota Solo, Joko Widodo dijumpai di rumah dinas Loji Gandrung, Senin (17/5).

Bersamaan dengan itu, kemarin juga digelar pertemuan antara pihak Pemkot, Kementerian Perhubungan Ditjen Perkeretaapian serta PT Kereta Api (KA) Indonesia di Loji Gandrung. Jokowi mengatakan dalam pertemuan tersebut secara khusus akan dibahas mengenai kajian teknis pemilihan jalur serta dampak sosial yang ditimbulkan. Beberapa hal yang akan dikaji di antaranya jalur rel baru tersebut akan melalui Jalan Sudirman yang notabene adalah jalur tengah kota, ataukah memilih untuk jalur sisi timur melalui Kelurahan Sangkrah, Gandekan, Pucangsawit, lalu Jebres.

“Kita tentukan lewat kajian yang dilakukan tahun ini oleh Kementrian Perhubungan, PT KA dengan Pemkot. Kajian awalnya sudah, ini mau didetilkan lagi,” imbuh Jokowi, begitu ia biasa disapa. Jokowi sendiri lebih cenderung untuk memilih jalur Jalan Sudirman, karena masyarakat bisa menggunakan angkutan kereta api jika ingin turun di kawasan Pasar Gede maupun Balaikota.

Mengenai jenis kereta apa yang nantinya akan dioperasikan pada jalur rel baru tersebut, Jokowi mengatakan kemungkinan digunakannya railbus karena sifatnya yang ringan dan berjalan lambat di tengah kota. Sementara itu, terkait anggaran pengadaan KA baru tersebut, ia memastikan hal tersebut tidaklah rumit asalkan jalur rel baru itu sudah terealisasi.
“Keretanya tidak mahal, harganya masih di bawah Rp 6 miliar. Yang penting tujuan kita jangka panjang memang harus begitu. Kita harus menambah moda angkutan massal, karena kita sudah tidak mungkin untuk melakukan pelebaran jalan,” tandasnya.

Sementara itu, Satuan Kerja Peningkatan Jalan Lintas Selatan Jawa Kementrian Perhubungan Direktorat Jendral Perkeretaapian, Santosa usai pertemuan, optimis rencana itu bisa terwujud tahun depan. (dya)

serius banget Pemkot.... ayo percepat Big Grin plus berbagai underpassnya
.
Reply
#93
Salah satu pemimpin daerah yg berpikiran maju dengan mengoptimalkan sarana transportasi masal yg sudah ada. Daripada membangun jalan raya yg butuh lebih banyak dana, mending membangun jaringan rel.

Salut buat Pak Jokowi Top Banget
Ngiler
Reply
#94


Klau menjadi seorang pimpinan yang memikirkan transportasi massal untuk masa depan so pasti hal ini akan cepat terwujut, suatu keputusan yang CERDAS jalan umum tidak mungkin di lebarkan lagi, harus cari alternatif dan solusi yang tepat, cepat dan taktis adalah rel kereta saja tidak ada yang lain.
semoga cepat terlaksana.Ngakak
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply
#95


Klau menjadi seorang pimpinan yang memikirkan transportasi massal untuk masa depan so pasti hal ini akan cepat terwujut, suatu keputusan yang CERDAS jalan umum tidak mungkin di lebarkan lagi, harus cari alternatif dan solusi yang tepat, cepat dan taktis adalah rel kereta saja tidak ada yang lain.
semoga cepat terlaksana.Ngakak
[/quote]

Beritanya di koran udh muncul kok, jdi rencananya memang benar2 mau direalisasikan (meskipun masih dipelajari lebih lanjut)
Reply
#96
sebenarnya sta. Solokota ada 3 jalur dan nanti kalau akan di lanjutkan ke Jebres arahnya akan di ambilkan dari jalur no berapa ya..Bingung
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply
#97

Mungkin dari jalur 1 mas, yg dekat dgn stasiun. Tapi dulu jalurnya tu lsg memutar dari bunderan Gladag ke Jebres lewat balaikota, Ps. Gedhe trus jl. Urip Sumohardjo lalu belok ke arah Jebres di selatan Pom bensin Jebres. begitu yg saya ketahui
Reply
#98
1 jalur yg mati di Solo Kota bisa diaktifkan lagi nih :p
.
Reply
#99

Mungkin dari jalur 1 mas, yg dekat dgn stasiun. Tapi dulu jalurnya tu lsg memutar dari bunderan Gladag ke Jebres lewat balaikota, Ps. Gedhe trus jl. Urip Sumohardjo lalu belok ke arah Jebres di selatan Pom bensin Jebres. begitu yg saya ketahui
[/quote]

Kalau jalur ke Jebres lewat Gladag, berarti antara sta. Solokota sampe Gladag akan Double Track ya?

Atau kira2 akan ada wessel ke utara di dekat Gladag?
Ngiler
Reply
Meskipun hanya wacana tapi bisa di pastikan sta.Sangkrah bakalan akan di bikin 3 jalur karena stasiun ini mesti jadi tempat bersilang dengan railbus yang dari wonogiri dan bisa jadi KA yang berdinas al:
1. Ka.Jaladara. wisata
2. Ka.Feder bengawan. reguler
3. Ka.Railbus. comuter
dengan sendirinya emplasemen pulau juga harus di bangun beserta atapnya.
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)