Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Jalur double-double track manggarai-cikarang

Out of Topic ʕ•́ᴥ•̀ʔっ
omong2 BKT, ane Ngiler tuh lahan kosong utk penghijauan yg bersisian dgn BKT dibikin jalur KA atau MRT untuk dlm kota, kan nggak perlu pembebasan lg





Terdampar di Purwokerto setahun gara-gara proyek fiber optik Jateng ga kelarMarah
Reply

Out of Topic ʕ•́ᴥ•̀ʔっ
omong2 BKT, ane Ngiler tuh lahan kosong utk penghijauan yg bersisian dgn BKT dibikin jalur KA atau MRT untuk dlm kota, kan nggak perlu pembebasan lg





[/quote]

dengar2 malah ini untuk jalan non tol.... kan langsung dari bekasi utara..pinggir laut...dan bisa nyambung dengan jalan layang non tol ke tanah abang.. ( soalnya rumahku dekat bkt ini...he..he..he)

RF fahrizal, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Jan 2011.
Reply
Bagaimana perkembangan proyek ini?
Rumah bata en semen. Minum cendol..segarrr
Reply

Out of Topic ʕ•́ᴥ•̀ʔっ
omong2 BKT, ane Ngiler tuh lahan kosong utk penghijauan yg bersisian dgn BKT dibikin jalur KA atau MRT untuk dlm kota, kan nggak perlu pembebasan lg





[/quote]

dengar2 malah ini untuk jalan non tol.... kan langsung dari bekasi utara..pinggir laut...dan bisa nyambung dengan jalan layang non tol ke tanah abang.. ( soalnya rumahku dekat bkt ini...he..he..he)


[/quote]

Syukur deh gan kalo bikin jalan, untung nggak bikin proyek Waterway yg kemarin aja gagal Ngakak
Terdampar di Purwokerto setahun gara-gara proyek fiber optik Jateng ga kelarMarah
Reply
Dari pemantauanku sih...
1. Petak rel Manggarai - Jatinegara bbrp masih ada perumahan yg blom dibongkar.
2. Jatinegara - x-Rawa Bebek sudah OK...
3. X- Rawa Bebek - Kranji masih ragu deh apa bisa dibuat DDT? Mengingat tikungannya yg cukup tajam nampaknya kurang lebar deh...
4. Kranji - Bekasi Nampaknya OK... Tapi koq... dipo KRL nanti digusur donk yah...
5. Bekasi - Tambun masih cukup banyak lahan sisi selatan yg akan dibongkar masih penuh pemukiman.
6. Tambun - Cikarang nampaknya sudah OK cuma sekedar lahan persawatan warga yg terbentang luas.

Bbrp harapan aku pribadi utk sejauh ini sih :
1. Mending rute KA AKAP semua diawali dan diakhiri di Ps. Senen aja. Knapa? Agar traffic KRL Jakarta - Bogor gak keganggu meski sidah Single Operation sekalipun. Aku masih kuatir msh ada masalah spt KRL mogok, kesetrum listrik, listrik mati, masalah wesel, dll.
2. Bangun aja lahan kosong yg tinggal rata dg tanah di tikungan arah st. Mri itu rel layang. Jadi yg dr Jatinegara harus langsung ke Tn. Abang aja dibangun stasiun 2tingkat sekalian relnya. Jadinya ug ke sepur 1 - 3 Mri cuma utk dipo sementara azzaaa....
3. Bangun rusun buat pr warga yg tinggal di pinggir rel KA sepanjang petak DDT biar gak ada di pionggir rel KA lagi.
4. Jadinya yg DDT itu Jatinegara - Ps. Senen OK tuh... dg asaumsi stasiun Ps. Senen harus lebih dipermak lagi.

Yah... harapan skedar harapan alias uneg2 sih...

Reply

Sumber :


Proyek Rel DDT KA Cikarang - Manggarai Kembali Tertunda
28 March 2011

Proyek infrastruktur jaringan kereta api (KA) empat jalur (double-double track/DDT) ruas Manggarai (Jakarta)-Cikarang (Bekasi) sepanjang 32 kilometer kembali mengalami penundaan. Hal ini menyusul belum tuntasnya penyelesaian masalah pembebasan lahan di kawasan Jatinegara (Jakarta Timur) dan Manggarai (Jakarta Selatan).

Hingga saat ini, dana untuk pembebasan lahan dari pemerintah belum digunakan PT Kereta Api (PT KA) untuk mengosongkan lahan yang dihuni pensiunan PT KA itu. Padahal, pekerjaan konstruksi proyek ini dijadwalkan sudah harus dimulai tahun ini.

Proyek yang menelan dana sekitar Rp 6 triliun ini, menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Freddy Numberi, harus dievaluasi. Apalagi, saat ini sudah memasuki tahap prakualifikasi untuk selanjutnya dilakukan tender. Saat ini, tim panitia lelang sedang melakukan persiapan.

Menurut Freddy, kendati mengalami beberapa kali penundaan, pemerintah menekankan, proyek infrastruktur angkutan massal ini harus berjalan sesuai target. Namun, sejumlah kendala, termasuk pembebasan lahan, menjadi salah satu penyebab molornya pelaksanaan pekerjaan konstrtuksi. "Pelaksanaan proyek strategis ini terkendala, tapi tetap harus jalan," katanya di Jakarta, kemarin.

Sementara itu, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, sebelum dilakukan tender ulang, tim pelaksana terlebih dulu akan melaporkan perkembangan yang ada ke pihak Japan Bank for International Corporation (JBIC). Setelah ada kesepakatan bersama, maka tender akan dimulai.

Proyek yang pembiayaannya menggunakan pinjaman lunak jangka panjang dari JBIC itu dilaksanakan untuk mempercepat aktivitas angkutan massal dari Cikarang ke Jakarta. Jaringannya juga akan terhubung dengan KA Bandara Soekarno-Hatta.

Keterlambatan proyek ini berawal dari minimnya anggaran dari pemerintah. Pada 2004 dianggarkan sebesar Rp 49 miliar dari usulan Rp 220 miliar. Ini membuat proses pembebasan lahan terhambat, dan akibatnya harga tanah terus melambung dan pemiliknya menuntut peningkatan nilai ganti-rugi.

Pembangunan proyek DDT dilakukan mencakup tahap I dari Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan-Stasiun Bekasi. Pada tahap ini juga dilakukan pemasangan kelistrikan untuk kereta dari arah Stasiun Bekasi ke Stasiun Cikarang. Proyek tahap I ini menyedot anggaran senilai 42 miliar yen atau setara dengan Rp 3 triliun. (suarakarya)
RF spoor_jadul, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Jul 2010.
Reply
wah..kayaknya proyek jadi dilanjutkan...
buktinya???....brrp rumah di dekat pintu kereta jl ry bekasi barat (dekat sta cipinang ) sebelumj puasa kemarin... sudah dibongkar dan lahannya langsung di pagar dengan pagar beton...
RF fahrizal, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Jan 2011.
Reply
yang deket cipinang emang udah dibongkar
tapi kayaknya ada lahan pertamina yang udah digarap tapi belom dibayar terus dikasih spanduk gt gak boleh dikerjain
My Train Frequent Passanger Card

[spoiler]
[/spoiler]
Reply
weleh2...sesama plat merah lagi...
setahu saya sih tanah di kiri kanan rel itu sejak zaman belanda sudah dibebaskan...ini ada aturannya .
nah ..yang susah kong kalingkong antara penyerobot dan panitia pembebasan..
kalau nggak salah sudah pernah diberitakan di media..bbrp tahun ytl ada pejabat bpn/agraria dgn pejabat kemhub nya...

nah yg sering...karena ada bocoran ..masih perlu bbrp lama lagi dimulainya pembangunan...dibuatlah satu demi satu gubuk2 baru...lalu meningkat jadi rumah tembok dst dst..

semoga saja mereka sadar akan keberkahan harta tsb...
RF fahrizal, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Jan 2011.
Reply
yang di daerah bukit antang malah banyak dibangun gubuk lagi
My Train Frequent Passanger Card

[spoiler]
[/spoiler]
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)