Semboyan35 Indonesian Railfans
Seputar Gapeka berikutnya, 2013? - Printable Version

+- Semboyan35 Indonesian Railfans (http://www.semboyan35.com)
+--- Thread: Seputar Gapeka berikutnya, 2013? (/showthread.php?tid=7788)



Seputar Gapeka berikutnya, 2013? - Faris GM-MarKA - 17-11-2012

Teman-teman railfan semua, sehubungan dengan banyaknya penambahan jadwal, penyesuaian dan pergeseran jadwal, serta pemindahan titik awal keberangkatan kereta api jarak menengah-jauh pada tahun 2013 mendatang, apakah betul Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) yang menyangkut jadwal serta segala hal seputar perjalanan kereta api tahun 2013 akan diterbitkan? Jika benar terjadi, kapankah akan mulai diberlakukan? Silahkan sharing informasi update dan perubahan-perubahan yang terjadi di thread ini. Terima kasih~


RE: Seputar Gapeka berikutnya, 2013? - megaloblast - 17-11-2012

Maksudnya ttg jadwal k3 jarak jauh yg mau dipindah ke tpk?


RE: Seputar Gapeka berikutnya, 2013? - Faris GM-MarKA - 17-11-2012

Ga mencakup itu aja sih mas, tapi semuanya. Soalnya selain itu, banyak yang jadwalnya disesuaikan... apa benar akan diberlakukan tahun depan gapeka terbaru?


RE: Seputar Gapeka berikutnya, 2013? - tomrys - 17-11-2012

Kalo beneran nanti 2013 ada gapeka baru,harus nya itu Gajahwong ud naik pangkat..


RE: Seputar Gapeka berikutnya, 2013? - Kutukupret - 17-11-2012

kapan terbitnya ? januari tahun depan yah?

gapeka yg sekarang masih dipake keknya kurang bersahabat yah bagi si progo PSE - LPN

berangkat dari PSE jam 20:35 sampe di CNP jam 00:30 hampir 4 jam perjalanan, di berangkatkan lagi dari CNP jam 01:10 ,lama banget berhentinya Tersenyuum

mudah2an aja gapeka baru nanti bisa menemukan jadwal yg pas buat progo Big Grin


RE: Seputar Gapeka berikutnya, 2013? - iwag21 - 18-11-2012

Tapi di situs, jadwalnya kok gak berubah ya?


RE: Seputar Gapeka berikutnya, 2013? - CC-201-23 - 18-11-2012


Karena belum ada Gapeka terbaru yg berlaku


RE: Seputar Gapeka berikutnya, 2013? - spoor_jadul - 18-11-2012


sumber:


Pola Operasi Kereta Api Di Stasiun Tanahabang Berubah Awal 2013
13 November 2012

(Jakarta, 13/11/2012) Dengan pertimbangan kepadatan frekuensi kereta api lokal barat (Rangkasbitung) dan kereta rel listrik (KRL) yang melalui Stasiun Tanahabang, mulai 1 Januari 2013 mendatang, PT KA Daerah Operasi (DAOP) I akan menerapkan pola operasi baru dengan memindahkan pengoperasian kereta api ekonomi jarak jauh ke Stasiun Senen dan Stasiun Tanjung Priok.

Selama ini, ada tiga rute kereta api ekonomi yang diberangkatkan dari Stasiun Tanahabang yakni KA Kutojaya (Tanabanag-Kutuarjo), KA Begawan (Tanahabang-Solo Jebres), dan KA Brantas (Kediri).

Dengan adanya pemindahan operasi, maka KA133/134 (KA Kutojaya) semula di stasiun Tanahabang dipindahkan ke stasiun Pasarsenen (menjadi relasi Pasarsenen- Kutoarjo PP), serta KA 125/126 ( KA Bengawan) dan KA 117/118 ( KA Brantas) dipindahkan ke Stasiun Tanjungpriok menjadi relasi Tanjungpriok-Solo Jebres dan Tanjungpriok-Kediri.

Kepala Humas DAOP I, Mateta Rijalulhaq mengemukakan, selain kepadatan frekuensi, infrastruktur Stasiun Tanabang juga menjadi pertimbangan, dimana kerap penumpang melebihi kapasitas stasiun terutama di saat jam sibuk sehingga kurang memadai dan sulit untuk dilakukan pengembangan karena lokasinya.

“Upaya ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat penguna jasa kereta api yang akan melakukan perjalanan jauh dan selanjutnya kami akan mengoptimalkan Stasiun Tanahabang khusus untuk KA Komuter dan KA Lokal Barat,” ujar Mateta dalam siaran pers, Selasa (13/11).

Selain itu, menurut Mateta semua KA Lokal Barat (Rangkasjaya, Ekonomi lokal, Merak Jaya dan KA Kalimaya) nantinya akan berawal dan berakhir di stasiun Tanahabang. Sehingga tidak ada lagi KA Lokal Barat menuju stasiun Duri, Angke, Kampungbandan, Jakartakota dan Pasarsenen. Sehingga dari sisi keamanan operasional kereta api akan lebih aman dan lancar.

Lebih lanjut, Mateta mengemukakan, pemindahan yang dilakukan pihaknya juga dalam rangka menjalankan amanah Perpres 83 tahun 2011, dimana PT KA mengemban tugas pada angkutan KRL Jabodetabek yang volume penumpangnya dinaikkan hingga 3x lipat paling lambat 2018. Artinya harus ada kenaikan frekuensi perjalanan menjadi tiga kali juga. Dengan demikian, jalur lingkar yakni Manggarai-Sudrman-Tanahabang-Duri-Angke-Kampungbandan-Pasarsenen-Jatinegara, harus ditingkatkan frekuensinya.

Terkait hal tersebut, PT KA juga melakukan optimalisasi emplasemen stasiun Tanahabang dan jalur lingkar Manggarai-Tanahabang-Duri-Pasarsenen-Jatinegara bagi operasional KRL, serta optimalisasi emplasemen stasiun Tanahabang untuk KA Lokal Barat. Selain itu, melakukan penambahan daya Listrik Aliran Atas (LAA) serta menambah stasiun baru, seperti stasiun Bandengan, Mampang dan Roxy.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementrian Perhubungan, Bamban S Ervan mengungkapkan, Direktorat Jendral Perkeretaapian baru mendapat laporan terkait perubahan pola operasi, namun masih menunggu laporan resmi secara detail.

"Kemudian nanti akan dievaluasi dengan mempertimbangkan teknis operasional PT KA dan pelayanan kepada masyarakat. Evaluasi dilakukan bersamaan dengan perubahan GAPEKA (Grafik Perjalanan KA) untuk tahun 2013," ujar Bambang.

Nantinya, lanjut Bambang, akan ada beberapa perubahan pola operasi KRL dengan datangnya KRL baru dan perbaikan sistem perlistrikan di Jabodetabek. (CHAN)


RE: Seputar Gapeka berikutnya, 2013? - KinjengCilik - 18-11-2012

Sepertinya akan ada penyesuaian gapeka deh pd 2013 terkait perubahan beberapa titik pemberangkatan. tadi cek KA 134 untuk 1 januari 2013 sudah dr PSE gak THB, KA 126 jg dr TPK ga THB lg.


RE: Seputar Gapeka berikutnya, 2013? - iwag21 - 19-11-2012


Karena belum ada Gapeka terbaru yg berlaku
[/quote]

iya sih,
tp kalau misalnya gapekanya terbit dan pnp udah trlanjur beli tiket dgn jadwal gapeka lama dan kebetulan jadwal berubah, bagaimana menginformasikannya?
Apa ditlp satu2 tiap pnp?