Semboyan35, Indonesian Railfans
Tarif KRL/Comuter Naik? - Printable Version

+- Semboyan35, Indonesian Railfans (http://semboyan35.com)
+-- Forum: Kereta Api (/forumdisplay.php?fid=5)
+--- Forum: Kereta Komuter (/forumdisplay.php?fid=21)
+--- Thread: Tarif KRL/Comuter Naik? (/showthread.php?tid=4693)

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8


Tarif KRL Naik? - bonbon - 17-Sep-2010 09:08 AM

Quote:Jumat, 17/09/2010 07:30 WIB
Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang

Jakarta - Pemerintah akan menaikkan harga tiket Kereta Api Listrik (KRL) Jabotabek 1
Oktober mendatang. Kenaikan ini berlaku untuk jarak dekat, menengah hingga jarak jauh.

"Penyesuaian tarif kereta ekonomi akan diberlakukan per 1 Oktober 2010," kata Dirjen Perkeretaapian Kementrian Perhubungan RI, Tunjung Indrawan kepada detikcom, Kamis (16/9/2010).

Tunjung mengaku tidak hapal persis berapa kenaikan yang akan diberlakukan pada bulan mendatang. Namun Tunjung memastikan, kenaikan tarif ini sudah
disosialisasikan kepada penumpang.

"Hal tersebut sudah disosialisasikan sejak lama, ditetapkan dalam Keputusan
Menhub dan tertuang dalam kontrak PSO yang telah ditandatangani oleh Pemerintah dan PT. Kereta Api Indonesia (Persero)," papar Tunjung.

Dari berbagai informasi yang dikumpulkan, kenaikan tarif KRL bervariasi. Untuk Bogor-Depok akan dikenakan biaya Rp 2.500. Jarak Bogor-Manggarai sebesar Rp 3.000. Sedangkan Bogor-Jakarta menjadi Rp 3.500.

Sedangkan untuk Ekonomi AC, jarak Bogor-Jakarta Kota/Tanah Abang, menjadi Rp
7.000 dari Rp 5.500. Jarak Bekasi/Serpong menjadi Rp 6.000 dari Rp 4.500.
(mok/mok)

Sumber nya disini

TS pasrah mau digabung gpp...

Kalo lihat koment di detik.com bused dah pade bawel amat yak, udah kyk pakar transportasi, padahal cuman naek kisaran Rp. 500 an


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - Irsan - 17-Sep-2010 09:24 AM

Loko_merahbiru Pertamax


walah???saya belum sempwt keliling jak pake krl ko udah naek,,,waduh2...


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - kentank14 - 17-Sep-2010 18:43 PM

Naek ac eko dp-jakk dr 5500 jd 7rb. Dr bogor jg sma 7rb. Single tarif y? Pdhl jaraknya kan jauh bgt. Kl ac eko 7rb sm depeks yg 9rb enakan naek ekspres dong cuma beda 2rb. Meskipun pnuhnya sama tp wktunya cpet ekspres. Tp pling ga lma lg tarip ekspres jg pd naek smua??


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - jadrians - 17-Sep-2010 19:47 PM

Sekedar pembanding...Naik angkot dr rumah ke stasiun bojonggede udah 3000 perak...padahal jaraknya cuma 4 KM. Naik KRL dr Bogor sampai Kota naik 1500 perak jd 3500 pada ngedumel... Padahal Jaraknya sekitar 54 KM....

Bis KOSUB Cibinong - Tg Priok AC tarifnya aja 8000 perak udah dari kapan tau...KRL AC ekonomi baru mau naik jd 7000 perak...
Note : BBM KOSUB dapet subsidi Solar yg seharusnya 7500 / ltr cuma byr 4500 / ltr.
KRL dan Kereta ekonomi untuk listrik dan solarnya dibyr dgn harga pasar dr dulu gak dpt subsidi. Alasan pemerintah KAI dpt PSO.


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - FIM - gajayana - 17-Sep-2010 22:57 PM

saya yang pergi sekolah naik KA AC Ekonomi gk setuju bgt. kecuali kalo ada subsidi khusus pelajar....New_sedihtisue


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - raditiya - 17-Sep-2010 23:06 PM

(17-Sep-2010 19:47 PM)jadrians Wrote:  Sekedar pembanding...Naik angkot dr rumah ke stasiun bojonggede udah 3000 perak...padahal jaraknya cuma 4 KM. Naik KRL dr Bogor sampai Kota naik 1500 perak jd 3500 pada ngedumel... Padahal Jaraknya sekitar 54 KM....

Bis KOSUB Cibinong - Tg Priok AC tarifnya aja 8000 perak udah dari kapan tau...KRL AC ekonomi baru mau naik jd 7000 perak...
Note : BBM KOSUB dapet subsidi Solar yg seharusnya 7500 / ltr cuma byr 4500 / ltr.
KRL dan Kereta ekonomi untuk listrik dan solarnya dibyr dgn harga pasar dr dulu gak dpt subsidi. Alasan pemerintah KAI dpt PSO.

setuju dengan pendapatnya..
Sudah dikasih yang sebegitu murahnya masih aja ditawar..
Emang sih bagi mereka yang menggantungkan hidup dengan moda transportasi ini pasti terasa berat.
No offense New_peace


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - peseg5 - 18-Sep-2010 01:11 AM

Ya wajar protes, dimana2 yang seneng kenaikan harga ya pastinya penyedia layanan. Apalagi kalau layanan itu captive seperti KRL, ya artinya seneng tidak seneng orang tetep butuh layanan KRL karena tidak ada pilihan2 lain yang lebih menguntungkan bagi pengguna captive tersebut.

Jadi kalau mereka ngedumel, saya sih bisa maklumi. Saya juga walaupun jarang naik KRL ya pengennya tarif tetep ato gak usah naek2. Apalagi yang naiknya tiap hari, alias bergantung. Sama seperti kalau saya pengennya harga tiket bioskop gak usah naik, kalau ada penonton langganan yang senang dan bangga bukan maen kalau tarif bioskopnya naik, mungkin dia punya saham di bioskopp tersebut.

Sebenarnya kalo diperhatikan yg diributkan masyarakat intinya bukan kepada kenaikan tarifnya, tetapi lebih ditujukan ke pelayanannya. Pelayanan KRL sampai saat ini belum berada pada titik yang relatif memuaskan bagi mayoritas penggunanya. Sehingga kenaikan tarif tidak bisa diterima oleh pengguna karena itu menegaskan:

Tidak ada korelasi yang tinggi antara tarif naik dengan peningkatan pelayanan!

Itu sudah dibuktikan dengan kenaikan2 yang sebelumnya yang ternyata tidak membuat layanan KRL memuaskan. Bukan saya tidak mengatakan tidak ada improvement lho, improvement pasti ada, tetapi ternyata improvement yang ada belum mencapai standar minimum kepuasan pelanggan. Problemnya kan masih berkutat disitu2 aja:
- KRL Overloaded
- Jadwal ngaret
- Kualitas sarana/fasilitas pendukung yang menurun
- dll

Problemnya gak beda2 kan dengan sebelum kenaikan2 sebelumnya....


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - bonbon - 18-Sep-2010 07:49 AM

tapi apa naik 500 - 1500 perak bisa memperbaiki pelayanan ?
Ane sih ga sejauh itu deh ngarepin, tetap bersyukur KRL tetap tersedia terus...
Jadi kalau ada kenaikan segitu apa mau berpindah ke moda transportasi lain dengan harga yg sama ?

(17-Sep-2010 22:57 PM)FIM - gajayana Wrote:  saya yang pergi sekolah naik KA AC Ekonomi gk setuju bgt. kecuali kalo ada subsidi khusus pelajar....New_sedihtisue

masa pakai abonemen msh minta subsidi New_ngikik New_peace


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - rianrokerserpong - 18-Sep-2010 13:18 PM

(17-Sep-2010 18:43 PM)kentank14 Wrote:  Naek ac eko dp-jakk dr 5500 jd 7rb. Dr bogor jg sma 7rb. Single tarif y? Pdhl jaraknya kan jauh bgt. Kl ac eko 7rb sm depeks yg 9rb enakan naek ekspres dong cuma beda 2rb. Meskipun pnuhnya sama tp wktunya cpet ekspres. Tp pling ga lma lg tarip ekspres jg pd naek smua??

iya nih siap2 ekspress penuh kayaknya..


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - alfan.kereta-pesawat - 18-Sep-2010 16:25 PM

Waduh, belum sempet naek KRL aja, harganya udah naek New_sedihtisue. Semoga aja pelayanannya juga ikutan naek


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - fadil999 - 18-Sep-2010 17:08 PM

yah naik tarip nya New_bethe


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - peseg5 - 18-Sep-2010 18:19 PM

(18-Sep-2010 07:49 AM)bonbon Wrote:  tapi apa naik 500 - 1500 perak bisa memperbaiki pelayanan ?
Ane sih ga sejauh itu deh ngarepin, tetap bersyukur KRL tetap tersedia terus...
Jadi kalau ada kenaikan segitu apa mau berpindah ke moda transportasi lain dengan harga yg sama ?

(17-Sep-2010 22:57 PM)FIM - gajayana Wrote:  saya yang pergi sekolah naik KA AC Ekonomi gk setuju bgt. kecuali kalo ada subsidi khusus pelajar....New_sedihtisue

masa pakai abonemen msh minta subsidi New_ngikik New_peace

Ya bisa saja. Kenapa tidak?

Yang harus ditelaah adalah laporan keuangan PT KA khusus divisi Jabotabek, atau PT KCJ (jika sudah ada). Apakah betul perbaikan pelayanan harus dihubungkan / menunggu dengan kenaikan tarif?

Contohnya: KRL ngaret apa karena tarifnya rendah? Adakah korelasi yang kuat dalam kasus tersebut? Jadi apakah kalau tarif KRL dinaikkan 3x lipat jadwalnya pasti on-time? Penumpang tidak bayar itu loss, tapi kok bisa penumpang tidak bayar? Apa hambatan tidak bayar karena tarifnya terlalu "murah" sehingga perlu dinaikan? Haha malah paradoks

Itu baru contoh, saya rasa jawabannya mudah, dan memang bukan itu poin-nya. Intinya kalau perbaikan2 seperti contohnya ketepatan waktu jadwal, kebersihan stasiun, dan hal2 lain yg menunjang kenyamanan penumpang... GA ADA hubungannya dengan naik tarif atau tidak.

Misalkan tarif naik, tapi PT KCJ juga tidak melakukan apa2 (seburuk2nya), ya naik tarif cuman bikin prestasi di laporan keuangan saja (naik revenue), tapi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan.

Gitu lo mas, mudah2an nangkep logikanya.

Kecuali, misalnya mayoritas pengguna layanan Commuter katakanlah 90% menyatakan sudah puas dengan layanan yg diberikan KCJ, ya kenaikan tarif tentunya tidak terlalu diributkan.

Skarang diributkan karena ya itu lagi, pelaynannya yg diributkan, bukan kenaikannya.


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - SepurHolic - 19-Sep-2010 00:29 AM

setuju sama bung peseg5. menurut saya juga sangat wajar kalau pelanggan memprotes keras kenaikan tarif itu, karena bagi banyak orang KRL sudah menjadi sarana vital. selama ini orang mau naik KRL karena memang didesain sebagai sarana transportasi yang (relatif) cepat dan murah. orang juga protes karena kenaikan harga tiket bisa hampir bisa dipastikan tidak akan berpengaruh terhadap perbaikan pelayanan, seperti yang sudah-sudah. jadi ya, protes seperti itu wajar lah. Kalau anda tiap hari naik KRL seperti saya, pasti kenaikan itu terasa sekali. Masih untung kalau pake abonemen (meskipun pasti harga abonemen juga bakal ikut naik), tapi kalau tidak kan terasa mahalnya. misal waktu karcis ekonomi ac masih 5500, sehari keluar ongkos untuk PP ke/dari kantor 15000(sudah termasuk angkutan sambungan dari stasiun ke kantor/rumah). kalau karcis jadi 7000, jelas ongkos total gak cukup lagi 15000 per hari. kalau sebulan ada 25 hari kerja, jadi berapa tuh peningkatan pengeluaran sebulan?

by the way, percuma juga karcis dinaikkan kalau masih banyak Big_icon_freeride tetep aja kebocoran pendapatannya selalu besar.


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - ahmadi - 19-Sep-2010 00:54 AM

Kalau tidak salah DirJen KA menginginkan kenaikan tarif diiringi dengan kenaikan layanan. Peningkatan layanan pun tidak bisa dipungkiri butuh dana. Yang jadi pertanyaan apakah kenaikan yang sekarang hanya cukup untuk menutup operasional? Apakah untuk mengimbangi kenaikan TDL, Spare part,dll?
Atau apakah Kenaikan sekarang sampai menyentuh level pelayanan?New_bingung
Naik yaa wajar saja, mengingat harga sekarang pada naik,,New_xiexie


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - tomrys - 19-Sep-2010 07:46 AM

Tadi malem Sy naik AC Ekonomi dari Klender Baru ke Bekasi,
Bayar masih 4500,tapi harga tertulis di tiketnya udah Rp 5000