Semboyan35 Indonesian Railfans
Tarif KRL/Comuter Naik? - Printable Version

+- Semboyan35 Indonesian Railfans (http://www.semboyan35.com)
+-- Forum: Kereta Api (http://www.semboyan35.com/forumdisplay.php?fid=5)
+--- Forum: Kereta Komuter (http://www.semboyan35.com/forumdisplay.php?fid=21)
+--- Thread: Tarif KRL/Comuter Naik? (/showthread.php?tid=4693)

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11


Tarif KRL Naik? - bonbon - 17-09-2010

Quote:Jumat, 17/09/2010 07:30 WIB
Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang

Jakarta - Pemerintah akan menaikkan harga tiket Kereta Api Listrik (KRL) Jabotabek 1
Oktober mendatang. Kenaikan ini berlaku untuk jarak dekat, menengah hingga jarak jauh.

"Penyesuaian tarif kereta ekonomi akan diberlakukan per 1 Oktober 2010," kata Dirjen Perkeretaapian Kementrian Perhubungan RI, Tunjung Indrawan kepada detikcom, Kamis (16/9/2010).

Tunjung mengaku tidak hapal persis berapa kenaikan yang akan diberlakukan pada bulan mendatang. Namun Tunjung memastikan, kenaikan tarif ini sudah
disosialisasikan kepada penumpang.

"Hal tersebut sudah disosialisasikan sejak lama, ditetapkan dalam Keputusan
Menhub dan tertuang dalam kontrak PSO yang telah ditandatangani oleh Pemerintah dan PT KAI," papar Tunjung.

Dari berbagai informasi yang dikumpulkan, kenaikan tarif KRL bervariasi. Untuk Bogor-Depok akan dikenakan biaya Rp 2.500. Jarak Bogor-Manggarai sebesar Rp 3.000. Sedangkan Bogor-Jakarta menjadi Rp 3.500.

Sedangkan untuk Ekonomi AC, jarak Bogor-Jakarta Kota/Tanah Abang, menjadi Rp
7.000 dari Rp 5.500. Jarak Bekasi/Serpong menjadi Rp 6.000 dari Rp 4.500.
(mok/mok)

Sumber nya disini

TS pasrah mau digabung gpp...

Kalo lihat koment di detik.com bused dah pade bawel amat yak, udah kyk pakar transportasi, padahal cuman naek kisaran Rp. 500 an



RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - Irsan - 17-09-2010

Lok Merah Biru PERTAMAX


walah???saya belum sempwt keliling jak pake krl ko udah naek,,,waduh2...


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - kentank14 - 17-09-2010

Naek ac eko dp-jakk dr 5500 jd 7rb. Dr bogor jg sma 7rb. Single tarif y? Pdhl jaraknya kan jauh bgt. Kl ac eko 7rb sm depeks yg 9rb enakan naek ekspres dong cuma beda 2rb. Meskipun pnuhnya sama tp wktunya cpet ekspres. Tp pling ga lma lg tarip ekspres jg pd naek smua??


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - jadrians - 17-09-2010

Sekedar pembanding...Naik angkot dr rumah ke stasiun bojonggede udah 3000 perak...padahal jaraknya cuma 4 KM. Naik KRL dr Bogor sampai Kota naik 1500 perak jd 3500 pada ngedumel... Padahal Jaraknya sekitar 54 KM....

Bis KOSUB Cibinong - Tg Priok AC tarifnya aja 8000 perak udah dari kapan tau...KRL AC ekonomi baru mau naik jd 7000 perak...
Note : BBM KOSUB dapet subsidi Solar yg seharusnya 7500 / ltr cuma byr 4500 / ltr.
KRL dan Kereta ekonomi untuk listrik dan solarnya dibyr dgn harga pasar dr dulu gak dpt subsidi. Alasan pemerintah KAI dpt PSO.


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - FIM - gajayana - 17-09-2010

saya yang pergi sekolah naik KA AC Ekonomi gk setuju bgt. kecuali kalo ada subsidi khusus pelajar....Sedih


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - raditiya - 17-09-2010

(17-09-2010, 07:47 PM)jadrians Wrote:  Sekedar pembanding...Naik angkot dr rumah ke stasiun bojonggede udah 3000 perak...padahal jaraknya cuma 4 KM. Naik KRL dr Bogor sampai Kota naik 1500 perak jd 3500 pada ngedumel... Padahal Jaraknya sekitar 54 KM....

Bis KOSUB Cibinong - Tg Priok AC tarifnya aja 8000 perak udah dari kapan tau...KRL AC ekonomi baru mau naik jd 7000 perak...
Note : BBM KOSUB dapet subsidi Solar yg seharusnya 7500 / ltr cuma byr 4500 / ltr.
KRL dan Kereta ekonomi untuk listrik dan solarnya dibyr dgn harga pasar dr dulu gak dpt subsidi. Alasan pemerintah KAI dpt PSO.

setuju dengan pendapatnya..
Sudah dikasih yang sebegitu murahnya masih aja ditawar..
Emang sih bagi mereka yang menggantungkan hidup dengan moda transportasi ini pasti terasa berat.
No offense Pisss ahhh...


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - peseg5 - 18-09-2010

Ya wajar protes, dimana2 yang seneng kenaikan harga ya pastinya penyedia layanan. Apalagi kalau layanan itu captive seperti KRL, ya artinya seneng tidak seneng orang tetep butuh layanan KRL karena tidak ada pilihan2 lain yang lebih menguntungkan bagi pengguna captive tersebut.

Jadi kalau mereka ngedumel, saya sih bisa maklumi. Saya juga walaupun jarang naik KRL ya pengennya tarif tetep ato gak usah naek2. Apalagi yang naiknya tiap hari, alias bergantung. Sama seperti kalau saya pengennya harga tiket bioskop gak usah naik, kalau ada penonton langganan yang senang dan bangga bukan maen kalau tarif bioskopnya naik, mungkin dia punya saham di bioskopp tersebut.

Sebenarnya kalo diperhatikan yg diributkan masyarakat intinya bukan kepada kenaikan tarifnya, tetapi lebih ditujukan ke pelayanannya. Pelayanan KRL sampai saat ini belum berada pada titik yang relatif memuaskan bagi mayoritas penggunanya. Sehingga kenaikan tarif tidak bisa diterima oleh pengguna karena itu menegaskan:

Tidak ada korelasi yang tinggi antara tarif naik dengan peningkatan pelayanan!

Itu sudah dibuktikan dengan kenaikan2 yang sebelumnya yang ternyata tidak membuat layanan KRL memuaskan. Bukan saya tidak mengatakan tidak ada improvement lho, improvement pasti ada, tetapi ternyata improvement yang ada belum mencapai standar minimum kepuasan pelanggan. Problemnya kan masih berkutat disitu2 aja:
- KRL Overloaded
- Jadwal ngaret
- Kualitas sarana/fasilitas pendukung yang menurun
- dll

Problemnya gak beda2 kan dengan sebelum kenaikan2 sebelumnya....


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - bonbon - 18-09-2010

tapi apa naik 500 - 1500 perak bisa memperbaiki pelayanan ?
Ane sih ga sejauh itu deh ngarepin, tetap bersyukur KRL tetap tersedia terus...
Jadi kalau ada kenaikan segitu apa mau berpindah ke moda transportasi lain dengan harga yg sama ?

(17-09-2010, 10:57 PM)FIM - gajayana Wrote:  saya yang pergi sekolah naik KA AC Ekonomi gk setuju bgt. kecuali kalo ada subsidi khusus pelajar....Sedih

masa pakai abonemen msh minta subsidi Ngikik Pisss ahhh...


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - rianrokerserpong - 18-09-2010

(17-09-2010, 06:43 PM)kentank14 Wrote:  Naek ac eko dp-jakk dr 5500 jd 7rb. Dr bogor jg sma 7rb. Single tarif y? Pdhl jaraknya kan jauh bgt. Kl ac eko 7rb sm depeks yg 9rb enakan naek ekspres dong cuma beda 2rb. Meskipun pnuhnya sama tp wktunya cpet ekspres. Tp pling ga lma lg tarip ekspres jg pd naek smua??

iya nih siap2 ekspress penuh kayaknya..


RE: Tarif KRL Jabotabek Naik 1 Oktober Mendatang - alfan.kereta-pesawat - 18-09-2010

Waduh, belum sempet naek KRL aja, harganya udah naek Sedih. Semoga aja pelayanannya juga ikutan naek