Parahyangan.., Dalam Kenangan.. - Printable Version +- Semboyan35 Indonesian Railfans (http://www.semboyan35.com) +--- Thread: Parahyangan.., Dalam Kenangan.. (/showthread.php?tid=3955) |
Parahyangan.., Dalam Kenangan.. - Cahya'35 - 16-04-2010 Jujur.., Sebenarnya saya berharap agar thread ini benar-benar tidak terjadi. tapi bila itu merupakan cambuk untuk kita dan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) untuk lebih bisa berbenah diri, Semoga suatu hari nanti akan ada "Parahyangan" baru yang akan lebih jaya dari sekarang.. Rugi Rp 36 M, KA Parahyangan Bandung-Jakarta Dihentikan Avitia Nurmatari - detikBandung Bandung - PT KA menghapuskan Kereta Api (KA) Parahyangan Bandung-Jakarta karena merugikan PT KA sebesar Rp 36 miliar pada tahun 2009. Hal itu disebabkan tingkat okupansi rendah karena kalah saing dengan Tol Cipularang. "Keputusan kami ambil setelah melalui kajian cukup lama dan dicoba dengan diskon tarif dan sebagainya, namun hasilnya tingkat kepadatan penumpang Parahyangan masih rendah baik yang berangkat dari Bandung maupun dari Jakarta," tutur Vice President Pemasaran Angkutan Penumpang PT KA Husein Nurroni dalam jumpa pers di kantor PT KA Daop II Jalan Stasiun Timur, Jumat (16/4/2010). Okupansinya menurut Husein hanya 50-60 persen. Sementara idealnya lebih dari 80 persen. Dengan tingkat okupansi yang rendah PT KA dirugikan sebesar Rp 3 miliar. Maka, untuk mengganti KA Parahyangan, PT KA akan memaksimalkan KA Argo Gede. KA Parahyangan mulai dihentikan operasinya mulai 27 April 2010. Diakui Husein, dalam koridor jarak pendek waktu tempuh kereta api lebih lama daripada Tol Cipularang, walaupun pick our tertentu waktu tempuh kereta masih lebih unggul. "Untuk itu kami akan lakukan reschedulling kereta argo gedenya. Bila perlu, dengan diskon tarif pada jam-jam tertentu," lanjut Husein. RE: Parahyangan.., Dalam Kenangan.. - chupink - 16-04-2010 yahhh... ternyata emang bnr2 mao diapus,, padahal gw harap cuma dibatalin, artinya smentara ga dijalanin buat benerin rel di ciganea.... RE: Parahyangan.., Dalam Kenangan.. - BAMBANG EKO - 16-04-2010 Saat2 terakhir KA Parahiyangan ( 11 hari menjelang rasionalisasi ) dengan rangkaian C3 bawa 4 K2 2 K1 KMP2 RE: Parahyangan.., Dalam Kenangan.. - hedwigus - 16-04-2010 Gabung grupnya di FB: RE: Parahyangan.., Dalam Kenangan.. - restu tri laksana - 17-04-2010 semoga aja ka parahyangan tiak jadi untuk ditiadakan, tetapi yang membuat saya heran kenapa ka argo gede yang biaya operasionalnya besar di pertahankan tetapi ka parahyangan yang biaya operasionalnya lebih murah mau ditiadakan ! tapi mohon di koreksi kalo ada kesalahan terima kasih RE: Parahyangan.., Dalam Kenangan.. - septian mn - 17-04-2010 waduh neh kereta yg selalu menemaniku waktu SMP n SMA jd waktu tiap minggu ke monas dr MRI ke GMR jam 5 pagi RE: Parahyangan.., Dalam Kenangan.. - BB 30501 - 17-04-2010 smoga PT. Kereta Api Indonesia (Persero) mau mengkaji uLang keputusannya. . . . image orang tentu bakaL meLekat. .kaLo KA reLasi JAK - BD ya PARAHYANGAN bukan ARGO GEDE RE: Parahyangan.., Dalam Kenangan.. - BAMBANG EKO - 18-04-2010 Dari beberapa postingan dapat di ambil kesimpulan bahwa penyebab dihapusnya KA Parahiyangan adalah;
1. Biaya operasi lebih besar dari pendapatan 2. Okupansi penumpang dibawah standard ( 80 % ) tapi Actualnya 50 % kebawah 3. Th 2009 PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sudah merugi akibat mempertahankan KA Parahiyangan ini 4. Berbagai upaya sudah dicoba tapi tidak berhasil a. Menurunkan tarip sampai dengan Rp 20.000,-untuk kelas Bisnis b. Meningkatkan pelayanan sebelum.pada saat dan setelah kereta berjalan 5. Daya saing terhadap kompetitor sangat rendah. 6. Penggunaan Lok besar hanya untuk menarik sedikit rangkaian dll..... Kesimpulannya adalah : Penumpang KA di koridor Bandung- Jakarta telah memilih jenis/moda angkutan non KA sebagai sarana transportasi karena mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan dengan KA Parahiyangan. al ; Lebih cepat , Lebih Murah , Lebih banyak pilihan, Lebih Variatif PT. Kereta Api Indonesia (Persero) kan termasuk pelayan masyarakat , kalau Penumpang ( Masyarakat ) dilintas BD-JK sudah tidak membutuhkan lebih baik di alokasikan pada trayek lain yang jelas-jelas lebih membutuhkan ( Parameter kebutuhan masyarakat akan moda angkutan ini adalah jumlah okupansi ,tingkat keterisian penumpang ). Maka dengan sangat terpaksa pengoperasian KA Parahiyangan dihentikan , lebih baik menjalankan KA di koridor lain yang lebih dibutuhkan oleh masyarakat , tetapi tidak akan hilang sebuah peluang bahwa KA Parahiyangan akan berreinkarnasi dan menjelma menjadi KA lain tetapi beroperasi di lintas yang sama. Semoga. CMIIW. RE: Parahyangan.., Dalam Kenangan.. - chidzir - 18-04-2010 Selamat tinggal Parahyangan Rintihan pilu dan sedih mencuat kala mendengar kabarmu.. Ku tau semua memang tak kan abadi Dan keputusan mereka terhadap dirimu Ku terima dengan lapang Memang ku tak terima akan nasib mu kini Kau sejarah mereka, Bukan mereka sejarahmu Dan kau sejarah bagi bangsa ini Kau pun sejarah bagiku Bayi,kanak – kanak, remaja, hingga ku dewasa Ku setia denganmu Ku sempatkan mengikutimu ke kampungku dan ke kotamu Di akhir ini Aku sedih, dan sangat kehilanganmu Aku sangat mencintaimu dan Sangat merindukanmu Ku pasrah dan hanya satu yang dapat ku katakan Selamat tinggal parahyangan Terima kasih kau telah mengabdi selama 39tahun Walau banyak lika – liku menghampar Membawa tonggak sejarah yang sangat besar bagi bangsa ini RE: Parahyangan.., Dalam Kenangan.. - JaY - 18-04-2010 Selamat tinggal dan sampai jumpa KA Parahyangan. Mungkin ini adalah hal yang sangat disayangkan mengingat KA ini merupakan KA legendaris yang seharusnya bisa dipertahankan karena kenyamanan dan ketepatannya dalam memobilisasi orang-orang Bandung dan Jakarta sekitarnya. Perlu diakui, ini cambuk bagi kita semua, lagi-lagi satu kereta ekpress (seharusnya) harus hilang padahal berharap supaya tidak ada lagi kereta hilang. Semoga ini yang terakhir setelah Priangan, Cantik, dan Maleks ( Jatayu ). Selain itu, saya berharap Argo Gede bisa lebih CEPAT lagi karena sudah mengalami persilangan yang sedikit. Sekian. |