Semboyan35 Indonesian Railfans
Jalur KA Kediri-Pare-Jombang - Printable Version

+- Semboyan35 Indonesian Railfans (http://www.semboyan35.com)
+--- Thread: Jalur KA Kediri-Pare-Jombang (/showthread.php?tid=20)

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15


RE: Jalur KA Kediri-Pare-Jombang - optibus prime - 27-07-2010

Mantap nih..... :sundul dulu ahhhh......
nyumbang PIC loko jadoel di sta.Pare
selamat menikmati.....




RE: Jalur KA Kediri-Pare-Jombang - Anak Negeri - 03-09-2010

seep kang... mantap jaya...


RE: Jalur KA Kediri-Pare-Jombang - optibus prime - 03-09-2010


ayo kang, bantu post lagi... Tersenyuum




RE: Jalur KA Kediri-Pare-Jombang - optibus prime - 25-09-2010

H+4 dari Idulfitri 1431H kemaren ane pulang kampung ke Kediri, tapi sebelum itu ane mampir ke Pekalongan dulu selama 3 hari nginep di rumah mbulek ane. OK, Brangkat dari stasiun bekasi H+4 pukul 16.25 WIB dengan KA.Brantas tujuan kediri ane gelar koran duduk di bordes [karena gak dapet tempat duduk, padahal udah H+4]. barengan ane dari stasiun bekasi ada 2 keluarga, yg 1 turun di kedunggalar dan yg 1 lagi di madiun, kami semua duduk di bordes. [3x naik KA brantas ane di tempat yg sama, yaitu gerbong 8 dan bordes yg yg sama pula]. untuk foto2 di pekalongan nanti di post di Tread pekalongan.

Route ane dari Simpang 5 gumul sampai stasiun pare dengan menggunakan sepeda motor.

kenapa ane start dari gumul, karena pas tahun baru 2010 ane sama temen ane yg di kediri nongkrong di simpang 5 gumul, dan ngelewatin rel kereta api yg udah mati, dan tentunya bikin ane penasaran.

Start dari simpang 5 gumul, ane udah di suguhkan dengan sebuah bangunan. bangungan ini ane gak tau nama dan fungsinya, pas ane lihat kedalam bangunan itu, ane melihat seonggok besi seperti pipa dan tabung. ada yg tau nama dan fungsi bangunan itu?


berhubung ane gak tau mana utara dan selatan, yaudah ane pake feeling aja dan yakin kan kalo arah stasiun pare pasti ke arah sana, sambil mengikuti REL yg hampir terpendam tanah [banyak truck tebu mangkal di sekitar situ]


setelah menelusuri jalan sekitar 10 menitan, ahirnya ane menemukan REL yg mulai timbul, sepertinya ini sudah mencapai keramaian kota [mungkin sebentar lagi akan ada stasiun]


dan ternyata benar, saya di suguhkan oleh bangunan Stasiun Gurah yg skr sudah berubah fungsi menjadi toko mebeul. [kenapa ane tau kalo itu stasiun gurah, karena ane baca tread ini sebelumnya]


To be continue... Lok Merah Biru

Stasiun pare dari seberang jalan



patok PT.KAI, berarti tanah ini milik PT.KAI


wesel di stasiun goerah yg sudah di tumbuhi pemukiman padat penduduk


di depan stasiun goerah [emplasemen] yg sudah di tumbuhi pemukiman penduduk.


Ex. tandon air milik stasiun goerah







Selepas dari stasiun gurah, ane melanjutkan perjalanan kembali. dan gak jauh dari stasiun goerah adah jembatan sungai tapi bekasi jembatan/rel KA nya gak ada, lanjut lagi perjalanan trus ada protelon, dan ane belok kanan, dan ane menemukan REL lagi, mungkin ini kali ya yg namanya pasar goerah.


Bangunan ini menurut ane Heritage banget, sumpah dah gan........
banguan ini ada 3 pintu yg bertuliskan ST.1 Paree, ST.1 Goerah dan KK.Goemoel.
tingginya sekitar 170 cm, [mirip rak PLN/telkom yg ada di deket tiang listrik/telpon gitu]
mungkin ini pengendali komunikasi atar pos kali ya gan? [sotoy mode : ON]
tapi lihat fotonya gan, miris banget dah bangunan bersejarah di tempelin poster2 parpol/caleg/iklan, sedih bangetsss.....
pemkab Kediri/PT.KAI, tolong hidupkan lagi jalur mati ini menjadi jalur KA.wisata......... [ngarep mode :ON]
kalo ada yg tau nama dan fungsi bangunan ini, tolong share yah......


Pintu ST.1 paree


Pintu ST.1 goerah


Pintu KK.Goemoel

Bersambung.... Lok Merah Biru


RE: Jalur KA Kediri-Pare-Jombang - rapih_dhoho - 28-10-2010


Dan 3 tahun kemudian jalur KD-PE ditutup...Sedih


jalur Kediri-Pare-Jombang - UIZ-SenjutKade - 01-05-2011

mgkin teman2 da yang tau soal sejarah jalur ini..???
bekas rel2nya masih kelihatan banget di petak Gurah-Bendo.
n stasiun2nya masih utuh cuma udah ganti profesi. 1 yang hilang adalah stasiun Pasar Pahing sekarang dah jadi pasar tradisional. jalur ini sebenarnya kurang efisien karena percabangan berada di sebelah selatan stasiun Kediri, padahal Pare berada di timur sedikit ke utara dari Kota Kediri...
sayang semua hilang begitu saja...Sedih


RE: jalur Kediri-Pare-Jombang - Ken Aditya - 01-05-2011

Tahu mas, bekasnya pelan-pelannya hilang, saya pernah lihat sekali foto masa akhir kejayaannya di stasiun Boharan Sidoarjo, di ambil awal 70-an. Padahal lintas ini lebih dulu dibuat, sebelum Kertosono-Papar-Kediri, karena pada waktu itu daerah tersebut rawan banjir, kalo ga salah begitu sejarahnya, mohon diklarifakasi.


RE: jalur Kediri-Pare-Jombang - UIZ-SenjutKade - 03-05-2011


owgh baru tahu nie..... tapi sayang juga lloo... di belakang rumah saya ada bekas relnya, tiap kali lewat situ selalu kepikiran terus masa kejayaan KA yang lewat situ.... dulu juga pernah sebelum di hapus, da KA yang angkut tetes (sisa pembuatan gula) dari stasiun Kediri trus di transfer ke PG. Pesantren.


RE: Jalur KA Kediri-Pare-Jombang - sinyal_mekanik - 06-05-2011

tmen2 di pasar bendo tu halte atau stasiun sih? n letak st.pare tpatnya dmna...hehe!


RE: Jalur KA Kediri-Pare-Jombang - UIZ-SenjutKade - 07-05-2011


setau aq itu stasiun cz, da 2 jalur... trus lokasi sta. pare tu kalo g salah RSUD Pelem Pare ke timur...