Semboyan35, Indonesian Railfans
Jalur double-double track manggarai-cikarang - Printable Version

+- Semboyan35, Indonesian Railfans (http://semboyan35.com)
+-- Forum: Kereta Api (/forumdisplay.php?fid=5)
+--- Forum: Jalur Barat (/forumdisplay.php?fid=16)
+--- Thread: Jalur double-double track manggarai-cikarang (/showthread.php?tid=1487)

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24


RE: Jalur double-double track manggarai-cikarang - Agus Riyanto - 29-Sep-2009 10:44 AM

Saya bingung. Yang sibuk itu kan jalur Jatinegara-Bekasi, krn dilintasan itu KRL dan KA Jarak Jauh sering melintas. Knapa mesti sampai Cikarang. Bukankan Bekasi - Cikarang tidak sepadat Bekasi - Jatinegara ?

Trus DDT nya Knapa sampai manggarai ? Bukan kan setelah Jatinegara, kepadatan terpecah antara yang ke PSE dan ke MRI.

Kalo pemikiran saya yang sangat bodoh ini, alangkah baiknya kalo DDT itu untuk jalur :

DDT : Beos - Manggarai (padat dgn KRL Bogor/Bekasi dan KA Exe/Bis)
DT : Manggarai - Jatinegara
DDT : Jatinegara - Bekasi (padat dgn KRL Bekasi dan KA Jarak Jauh)
DT : Beos - Senen - Jatinegara

Salam .....


RE: Jalur double-double track manggarai-cikarang - Gege - 29-Sep-2009 11:14 AM

Saya mencoba menjawab keingintahuan mas Agus mengenai mengapa DDT sampai ke Cikarang.

Kota-kota penyangga Jakarta selain Kotamadya Bekasi juga adalah Kabupaten Bekasi (Cikarang masuk kedalam Kabupaten Bekasi). Sebagai kota penyangga Jakarta, Cikarang diperuntukan untuk perumahan menengah, sederhana dan sangat sederhana. Dan sebagian besar penduduk yang bermukim di perumahan tersebut adalah pekerja sektor formal dan informal di Jakarta yang membutuhkan moda transportasi yang murah, cepat dan aman untuk sampai ke tempat kerjanya.

Maka Kereta Api dipilih untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Selain sifatnya yang masal dan langsung menghubungi pusat kota ke pinggiran, juga sebagai sarana transportasi yang dapat dijangkau oleh semua kalangan.

So...
Pertimbangannya bukan hanya kepadatan lalu lintas kereta api, namun juga pemenuhan kebutuhan moda transportasi masal yang cepat, murah dan aman.

Demikian semoga jelas.

Back on Topic


RE: Jalur double-double track manggarai-cikarang - Kazuya - 29-Sep-2009 13:39 PM

iya betul....
warga cikarang sangat membutuhkan transportasi ini...
apa lagi warga cikarang jika mau ke jakarta hanya bisa naik kereta api jenis odong-odong...
kalo di cikarang sudah DDT kan bakal ada KRL jadi warga cikarang gak akan menaiki kereta yang penuh sesak itu lagi....


RE: Jalur double-double track manggarai-cikarang - Agus Riyanto - 29-Sep-2009 14:16 PM

Makasih bos ....

Jadi lebih cerah nih. Yang tadinya lampu 5 watt, stlah mendapat penjelasan langsung naik jadi 100 watt

BTT Dah dan semoga cepat terealisasi, agar mempermudah para penglaju


RE: Jalur double-double track manggarai-cikarang - CC_20413 - 05-Oct-2009 07:59 AM

info perkkembangan proyek DDT, kemarin naik KRL dari bekasi ke pondokjati lihat proyek DDT udah mulai berjalan dari daerah cipinang sampai kranji kalau cipinang tepatnya setelah PJL dan kranji tepatnya di bawah flyover semua tanah sudah dibuat drainase dan sudah ada penguatan konstruksi tanah serta pembuatan tulang-tulang beton buat jembatan kalau jembatan yg melintas di BKT sudah terbentuk tepatnya sebelum st. cakung.


RE: Jalur double-double track manggarai-cikarang - rahmanx2 - 09-Oct-2009 17:22 PM

ini ada sedikit foto Proyek DDT di Kranji di bawah Flyover... (Click to View)
yang laenny di usahakan nyusul..kita pantau perkembangan perkereta apian indonesia New_bye New_bye


RE: Jalur double-double track manggarai-cikarang - bonbon - 09-Oct-2009 17:36 PM

knp ga sekalian sambungin LAAnya dari Bekasi Ke Cikarang ya (pake double track yg skrg), trus KRL na bisa di terusin sampe cikarang, masa nunggu DDT jadi, DT yg di bangun khusus buat KA non commuter kan ?


RE: Jalur double-double track manggarai-cikarang - Dana Komuter - 14-Oct-2009 22:33 PM

@ dedy vh : foto – fotonya manteb semua tuh... Persis seperti yang aku lihat langsung sewaktu dalam perjalanan.
@ Kazuya : Sejauh ini, petak antara stasiun Cipinang – stasiun Klender belum begitu banyak perkembangan. Masih ditumbuhin rumah2 liar. Justru selebihnya udah rata dengan tanah. Sayangnya selepas stasiun Bekasi arah stasiun Cikarang koq gak ada tanda2 sama sekali digusur? Padahal khan proyeknya sampai Cikarang....
@ Agus Riyanto : Kalau aku berpikir seperti situ, justru aku mengharapkan petak rel antara stasiun Manggarai s/d stasiun Depok Lama dijadiin DDT / dwiganda. Mengapa? Karena kepadatan perjalanan KRL yang sering gak sesuai jadwal bisa keseringan mengalahkan perjalanan KRL Ekonomi dan KRL Ekonomi AC karena disusul sama KRL2 AC yang ada.

Terlepas dari topik yang teman2 posting aku sangat mengharapkan untuk wilayah sisi timur stasiun Cakung perumahan liar sisi utara rel secepatnya digusur aja. Karena kenapa? 3x aku di dalam KRL diserang brutal timpukan batu besar sama oknum warga setempat. Aku yakinin sih anak2 kecil yang gak berpendidikan. Masinis Brantas aja pernah kejadian serupa, bukan? Terakhir sekitar seminggu yang lalu baru kejadian penumpang Klas Bisnis Parahyangan luka parah pas aku sendiri memang denger suara timpukan keras. Untungnya yang diserang Bisnis 4, bukan Bisnis 3 di mana aku berada. Tapi arah sebaliknya ke arah Jakarta justru kecepatannya rendah karena ada proyek BKT / banjir Kanal Timur. Makanya anak2 kampung situ segan nimpuk pake batu.


RE: Jalur double-double track manggarai-cikarang - Kazuya - 18-Oct-2009 19:43 PM

@Dana : Iya nih gmana sih PT.KA...
kalo begitu bakalan susah pembebasan lahan nya...


Tapi Di daerah Jababeka Ada Plang DRY PORT PROJECT AREA...


Zoom Out...



RE: Jalur double-double track manggarai-cikarang - g10d - 19-Oct-2009 11:09 AM

@dana;
Betul, waktu saya naik prieks ditimpuk pake batu, suaranya kenceng, untung cuman kena body bawahnya doang gak kena kaca


RE: Jalur double-double track manggarai-cikarang - ady_mcady - 19-Oct-2009 11:17 AM

@kazuya,

betul bakalan dibangun dry port. tapi benarkah diangkut pakai ka? soalnya saya malah denger2 bahwa nanti bakal diangkut liwat jalan tol cikarang-priok yang rencananya mau dibangun!

nah lho... kok jadi begini.. New_heran


RE: Jalur double-double track manggarai-cikarang - bonbon - 19-Oct-2009 14:47 PM

sedikit OOT
Trus nasib odong2 gimana kalo DDT dah jadi ? sampai Cikarang aja kah ?


RE: Jalur double-double track manggarai-cikarang - Kazuya - 19-Oct-2009 17:32 PM

(19-Oct-2009 11:17 AM)ady_mcady Wrote:  @kazuya,

betul bakalan dibangun dry port. tapi benarkah diangkut pakai ka? soalnya saya malah denger2 bahwa nanti bakal diangkut liwat jalan tol cikarang-priok yang rencananya mau dibangun!

nah lho... kok jadi begini.. New_heran

Lah koq bgitu yah...
saya Mah gak tau apa2 tentang proyek dry port ini... New_bye


RE: Jalur double-double track manggarai-cikarang - BAMBANG EKO - 23-Oct-2009 21:22 PM

Dry Port ? baru tau nih , soalnya yg lagi rame cuma proyek DDT yang sedang proses pemadatan ( Kld-Ckg ) dan pembuatan jembatan


RE: Jalur double-double track manggarai-cikarang - Kazuya - 02-Nov-2009 21:18 PM

Sekarang Perataan tanah nya baru sampai di depan Dipo Krl Bekasi...