Welcome, Guest
You have to register before you can post on our site.

Username/Email:

28-05-2016, 03:12 PM
» Replies: 14
» Views: 2,128
Stasiun JAtinegara dan se...
Forum: Depo dan Stasiun
27-05-2016, 03:04 PM
» Replies: 889
» Views: 354,366
LRT Jakarta, Bogor, Bekas...
Forum: Kereta Komuter
27-05-2016, 02:54 PM
» Replies: 10
» Views: 1,220
Resep Untuk Makanan diata...
Forum: Spoor Sutra
Last Post: stasiunkastephanie
27-05-2016, 12:56 PM
» Replies: 76
» Views: 29,207

KA Argo Semeru GMR-ML
Posted by: bambangwitjak - 25-02-2016, 04:20 PM - Forum: Lintas Utara - Replies (8)

All, denger2 kabar akan ada KA Argo Semeru GMR-ML via SBI yang akan menggunakan kereta baru produksi INKA 2016 launching 1 Juni 2016 barangkali ada yg bisa kasih informasi.

tks

Print this item

Question [ASK] Percabangan SLO-SK-KO (Interlocking & sinyal)
Posted by: kikansha_otaku - 25-02-2016, 01:38 PM - Forum: PPKA - No Replies

Hallo RF,

Trit pertama ane setelah Semboyan 35 respawn  Ngakak

Ane penasaran dengan mekanisme blok dan persinyalan percabangan segitiga Solo Balapan yang mengarah ke Solo Jebres dan Kalioso

Info yang ane dapat nih

• Sinyal masuk SLO dari pihak SK berada setelah wesel jalur segitiga sebelah timur, yang artinya ujung segitiga sebelah timur tidak dibatasi sinyal (cmiiw)
  • SK-KO terhubung dengan blok
  • Saat ada kereta di petak SK-KO, SK & SLO tidak dapat memberangkatkan kereta walaupun kereta sudah preipal di luar ujung-ujung segitiga, atau sebaliknya jika ada kereta ke SLO maka jalur SK-KO tertutup walaupun preipal
Ketiga info di atas ane belum bisa memastikan karena berdasarkan jawaban di suatu trit FB, kalau ada yang tidak akurat mohon koreksinya :'))

Dugaan-dugaan ane berdasarkan info tersebut
  • Blok SK-KO independen dari SLO
  • Komunikasi warta antara SK-KO tidak diketahui NX SLO
  • Saat SK memberangkatkan kereta ke KO, ada kemungkinan kereta nyasar jika petugas di SLO salah mengatur wesel segitiga.
Tetapi dari KO ke SK ada sinyal sebelum masuk segitiga, bisa jadi untuk perjalanan dari KO ke SK kontaknya melibatkan SLO (KO minta blok ke SLO, lalu SLO minta blok ke SK), atau bisa jadi full manual dengan kemungkinan kereta nyasar akibat keisengan petugas SLO :'))

Menurut saya jalur segitiga SLO ini adalah contoh menarik mengenai cara kerja sistem persinyalan kereta api. Mohon kesediaannya berbagi info Tersenyuum

NB: kalau jawaban teman-teman baru sekedar spekulasi, tolong disebutkan juga yah agar tidak terjadi kesalahpahaman

Kalau Saja Pos Jaga Lintasan / PJL Ditutup Total
Posted by: Dana Komuter - 12-02-2016, 09:12 AM - Forum: Spoor Badug - Replies (4)

Belakangan ini khususnya Daops I Jakarta gencar menutup beberapa PJLnya begitu pemerintah DKI selesai membangun beberapa jembatan layang dan terowongan di lokasi di mana perlintasan KA itu berada. Di DKI Jakarta sendiri sebut saja beberapa di antaranya seperti di Jl. Teuku Nyak Arif (Permata Hijau) sejak eranya PERUMKA sudah ditutup, di Jl. Komjen. Pol. M. Jasin (sisi utara stasiun Universitas Indonesia di Depok), Jl. Lingkar Luar (Cengkareng) yg bersinggungan dg ruas Tol Lingkar Luar Jakarta dan pastinya banyak lagi....

Kini, di perlintasan KA Permata Hijau pasca pengoperasian jembatan layangnya. Nggak tersisa sama sekali bekasnya skarang... Malah sudah diratain dg pagar pinggir rel KA...
[/url]
[url=https://flic.kr/p/DtTy7K]Untitled
by Dana Komuter, di Flickr

Nah yg jadi pertanyaan... Ngeledek Ke manakah biasanya para petugas yg biasa berjaga di PJL kalau sudah ditutup total seperti salah satunya di foto ini? Dialokasikan atau dimutasikan gitu?

Print this item

[SHARE] Usulan railfans untuk GAPEKA 2016 (kalo jadi rilis)
Posted by: stasiunkastephanie - 09-02-2016, 05:59 AM - Forum: Spoor Badug - Replies (14)

Assalamu'alaikum

Di sini kita akan membahas usulan2 rekan2 Semboyan 35 sekalian mengenai jadwal, KA baru, dsb. pada GAPEKA 2016 (karena pemesanan bulan Juni 2016 belum dibuka, jadi ada kemungkinan GAPEKA rilis bulan itu). Maka, mumpung belum rilis, silakan beri usulan sebanyak2nya. Jangan lupa kasih alasan logis kenapa jadwalnya seperti itu atau kenapa perlu diluncurkan KA semacam itu. Postingan rekan2 sekalian semoga dapat dibaca pihak PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai pertimbangan penyusunan GAPEKA 2016 (sekali lagi, masih belum dirilis), amiiinnn...

Tarif Terbaru KALOG Paket Sepeda Motor
Posted by: bonbon - 07-02-2016, 07:33 PM - Forum: PPKA - Replies (2)

All Railfans...

Adakah yang memiliki informasi seperti thread saya, rencananya saya mau paketin motor matic dari Jakarta ke Purwokerto, stasion to stasion, regular atau pun express (mohon share estimasi nya).

Mohon bantuannya, bila ada thread yang serupa, kepada om moderator silakan di gabungkan.

Terima Kasih.

Monorail Sentosa Singapore
Posted by: adhit89 - 31-01-2016, 05:29 AM - Forum: Luar Negeri - Replies (2)

Permisi Momod saya ijin buat thread baru tentang Monorel Singapore disini berhubung saya search tidak ketemu saya buka Tersenyuum semoga termasuk bidang kereta Tersenyuum yang punya pengalaman naik Monorail Singapore bisa share dimarih

foto lainya

Print this item

[Diskusi] Bagasi Kereta Api (Informasi Tarif, Syarat & Ketentuan)
Posted by: Warteg - 07-01-2016, 10:32 PM - Forum: PPKA - Replies (13)

Permisi mau bertanya seputar tarif bagasi pada kereta api, barang apa saja yang masuk ke bagasi ? Berapa tarifnya ?

Print this item

Pulang liburan semester 2 TP 2014/2015 (bonus ketemu orang penting)
Posted by: masblue - 06-01-2016, 08:43 AM - Forum: Laporan Perjalanan - Replies (10)

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat pagi,siang atau sore semua...Udah 2 tahun gak buat Trip Report lagi nih :v hahahaa

Liburan semester merupakan sebuah hadiah paling indah,apalagi buat seseorang yang menuntut ilmu diluar kota kelahirannya,saat tanggal 25 Juni datang,alangkah gembira hati saya bisa pulang ke rumah setelah menuntut ilmu di salah satu boarding school di Solo... Saya sudah pesan tiket jauh-jauh hari untuk pulang ke banyuwangi pada tanggal 7 april 2015

Kira2 saya naik kereta apa nih ?? hehehe tebak dulu yak :v

kisi - kisi : saya baru boleh diizinkan keluar jam 8 pagi (tanggal 25 Juni 2015) dan saya pulang pada hari itu juga...

I will be back tomorrow Ngeledek ... bye Big Grin

Cepe Bawa Brantas Bikin Kecepetan Masuk JNG, TR Syahrul Sragen-Jakarta
Posted by: ardial - 01-01-2016, 02:52 PM - Forum: Laporan Perjalanan - No Replies

Assalamu'alaikum, setelah Semboyan 35 Vakum 2 Tahun karena maintenance saya cuma Mau menceritakan Ulang TR Saya Balik lagi ke Jakarta dari sragen, mungkin beberapa RF ud Baca TR Singkatnya tapi alangkah lebih Baik Detailnya seperti Ini.
Seperti Biasa Saya sudah Tiba Di Stasiun Sragen Sebelum 15:15. Karena mau shalat dulu di Masjid Agung Sragen dekat stasiun Sragen
Kebetulan saya sudah ingin Liat2 eh ternyata saya baru boleh Masuk Setelah Pasundan Berangkat Yowis Gpp
Liat2 Bentar wah ini sih ikutin jam lewat JNG si brente
dan kali ini Sang penarik Adalah si Cepe, wew tumben Brantas Lagi HOKI
Berangkat tepat Jam 16:25 kali ini saya udah nebak pasti lelet sampai jebres soalnya pasti ga ngebut petak daop 6.
bener aja harusnya Berangkat 17:00 ditelatin 10 menit sama PK SK karena nunggu wilis Mangkat
eh tapi sepanjang petak Goprak-brumbung saya tidak menyangka akan Cepet. bahkan saya merasakan sejarah Langka 17:45 tepat jelang sunset saya berhasil lihat petak tengah yang sulit diliat walaupun malam.
45 menit kemudian saya menemui lawan silang saya yang pertama di Brumbung tepat setelah sinyal keluar. so pasti adalah Jayabaya
30 menit kemudian atau Jam 19:00 Brantas berhenti tepat di Stasiun Tawang well done Brantas Naik Kelas
oh ya ada Bonus Bingo selama perjalanan SMT-BKS, bisa kenalan dengan lawan jenis tapi dy agak pemalu so lanjut lagi ke trip 15 menit setelah Brantas berhenti langsung berangkat dan lawan silang saya di Petak Neraka Berkurang Cuma Tinggal 2
Kertajaya di Krengseng dan Bangunkarta di sinyal masuk Plabuan, dan saya jujur mau Bilang TUMBEN Brantas makai slot Matar versi barat
20:32 sudah masuk sinyal masuk pekalongan. tapi Ketahan lama oleh kamandaka+Matarmaja.
kalau kamandaka pas masuk sudah mau berangkat, tapi nunggu matar kan seharusnya langsung berangkat eh matarnya selesai preipal keluar stasiun Baru brantas bergerak pada Jam 20:57
Begitu kembali jalan lawan silang cuma 2 Sindoro di Comal dan Kembaran di Petarukan. perasaan di badan saya cuma 65 tapi kok masuk Tegal kecepetan lagi nah ini kecepetan yang kedua di tegal kecepetan 4 menit.
dan ternyata tanpa saya sadari bahwa ada RF yang Bilang KA Saya ketemu Di Waruduwur sama Sembrono edan mau nyampe jam berapa sembrono wong saya lepas CNP 22:55?
dan kenalan saya turun di bekasi sementara saya di jartinegara. lumayan aga kayak ayam 23:00-00:20+ngasih pin bb ke dy
o ya saya sampai JNG 01:55 wow kecepetan 3 Kali dari jadwal
wassalamualaikum

LRT Palembang
Posted by: Bagazi - 30-12-2015, 08:11 PM - Forum: Sumatera - Replies (9)

Sehubungan dengan dimulainya proyek LRT Palembang, maka izinkan saya untuk membuka thread khusus untuk membahas LRT Palembang, mulai dari pembangunan, teknis, rolling stock hingga LRT Palembang ini beroperasi di tahun 2018 saat pergelaran ASIAN Games dimulai. Tersenyuum

Quote:Rabu, 26 Agustus 2015, 09:43 WIB
Pemprov Sumsel Targetkan LRT Jadi Sebelum Asian Games 2018

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan terus mengebut realisasi pembangunan kereta ringan cepat atau Light Rail Transit (LRT) di Palembang. Pembangunan LRT ditargetkan sudah selesai sebelum perhelatan Asian Games 2018.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Pemprov Sumatra Selatan Nasrun Umar mengatakan, pembangunan LRT Palembang pada prinsipnya tinggal menunggu Perpres (Peraturan Presiden). Jika Perpres sudah keluar, pembangunan sudah bisa dimulai.

"Kalau Perpresnya sudah keluar dan konstruksi sudah dimulai sejak Januari 2016, kami yakin LRT Palembang bisa selesai sebelum Asian Games dimulai. Dan itu harus," kata Nasrun saat menerima kunjungan media bersama PT Jasa Raharja (Persero), Selasa (25/8).

Nasrun optimistis pembangunan LRT Palembang bisa berjalan lancar karena tidak ada masalah dengan pembebasan lahan. Sebab, lahan-lahan yang akan dijadikan stasiun pemberhentian atau jalur LRT sudah sepenuhnya menjadi milik Pemprov Sumsel. "Jadi tidak ada istilah pusing dengan pengadaan lahan," ujarnya.

Mantan Kepala Badan Promosi dan Perizinan Penanaman Modal Sumsel tersebut menjelaskan, LRT Palembang akan dibuat sepanjang 24,5 km dengan 23 stasiun pemberhentian. Rutenya mulai dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II hingga Kompleks Olahraga Jakabaring.

Nilai investasi LRT Palembang ditaksir sebesar Rp 7,2 triliun. Tadinya, kata dia, Pemprov Sumsel sudah berusaha mengundang investor swasta untuk menanamkan investasinya. Sayangnya, belum ada investor yang tertarik karena dianggap kurang menguntungkan dari sisi bisnis.

Karena belum ada investor swasta yang tertarik, pembangunan LRT Palembang ini akan dibiayai oleh negara. Apalagi, LRT direncanakan menjadi salah satu fasilitas transportasi pengangkut para atlet dan kontingen Asian Games.

Dia mengatakan, ada beberapa skema pembangunan LRT yang sedang dikaji. Yakni melalui APBN ataupun melalui penugasan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Selain itu, ada juga opsi dibangun dengan skema kerjasama pemerintah-swasta atau public private partnership.

"Mau skema seperti apa saja sih tidak masalah. Yang penting 'barangnya' jadi. Sebab, LRT ini akan meningkatkan citra Indonesia di mata dunia saat Asian Games nanti," ujarnya.

sumber : http://www.republika.co.id/berita/nasion...games-2018

Video LRT Palembang :

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 116 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan LRT di Provinsi Sumatera Selatan