Semboyan35 Indonesian Railfans

Full Version: [News] Berita & Informasi Internasional Seputar Perkeretaapian
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Pages: 1 2 3
Informasi berita Internasional tentang dunia Perkeretaapian di seluruh belahan dunia (versi Bahasa Indonesia).

Untuk menambah pengetahuan serta wawasan Perkeretaapian internasional, mari kita share informasi dan berita tentang dunia perkeretaapian internasional disini !
Lok Merah BiruMikir DuluAda Ide..!

Keterangan

Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia.

Materi yang diposting disini adalah materi tentang Perkeretaapian luar negeri (internasional), misalnya pembangunan sarana prasarana Kereta Api di negara-negara di dunia, Pembaharuan Kereta Api, Kecelakaan (PLH) yang melibatkan Kereta Api, dan informasi lain yang menyangkut Perkeretaapian.

Jika Anda mengutip konten informasi dari sumber lain agar mencantumkan sumber aslinya.

Kecelakaan Kereta Api di Kazakhstan

HeranLok Merah BiruHeran

Almaty - Kazakhstan

Sebanyak 50 orang cedera pada Minggu (28/7) dalam tabrakan antara satu kereta dan lokomotif di Stasiun Kereta Almaty di Kazakhstan.

Menurut kantor transportasi Kazakhstan, satu lokomotif tanpa penumpang bertabrakan dengan kereta penumpang sekitar pukul 19.05 waktu setempat di stasiun kereta tersebut, ketika penumpang sedang naik kereta.

Akibat peristiwa itu, empat orang, termasuk seorang penumpang, dirawat di rumah sakit, sementara sebanyak 50 orang lagi menderita luka ringan.

Penyebab kecelakaan itu sedang diselidiki.

Departemen tersebut menyatakan tabrakan itu tidak mempengaruhi jadwal kereta lain.



Thailand Berencana Membangun Jaringan Kereta Api Antar Negara, Thailand - China

HeranLok Merah BiruHeran

BANGKOK – Thailand akan terhubung dengan China melalui kereta api berkecepatan tinggi berjalan melalui utara Laos dalam tujuh tahun ke depan, tegas Menteri Transportasi Thailand Chadchart Sittipunt.

Hal itu disampaikan pada pidato di sebuah seminar dan pameran bertajuk “Thailand 2020″ di provinsi timur laut Thailand Nakorn Ratchasima. Pemerintah Thailand telah merencanakan untuk membangun 625 km sistem kereta api yang menghubungkan Bangkok dengan provinsi perbatasan timur laut Nong Khai, di seberang Sungai Mekong dari ibukota Laos Vientiane sementara kereta api berkecepatan tinggi Cina akan tiba dari Cina Selatan.

Pada tahap awal dari jalur rel bernilai 730-miliar USD beserta program logistik, yang dirancang untuk rekonstruksi rute kereta api utama di seluruh wilayah Thailand, rute 250 km Bangkok-Nakorn Ratchasima akan dibangun terlebih dahulu.

Kemudian, tahap berikutnya akan dibangun jalur 375 km Nakorn Ratchasima-Nong Khai rute kereta api berkecepatan tinggi untuk penumpang shuttle dan kargo, terutama bagi kelancaran transport buah-buahan dan sayuran, antara Thailand dan Laos, yang akan terhubung melalui kereta berkecepatan tinggi ke China selatan, ungkap Chadchart.

“Nakorn Ratchasima tidak hanya pusat ekonomi wilayah timur laut Thailand, tetapi merupakan pintu gerbang untuk menyambut Komunitas Ekonomi ASEAN, yang akan terbuka di tahun 2015,” tegasnya.

Thailand akan memiliki satu sistem kereta api berkecepatan tinggi untuk perjalanan ke seluruh negeri, termasuk Bangkok Phitsanuloak-Chiang Mai dengan rute ke Utara, Bangkok-Hua Hin ke selatan dan rute Bangkok-Pattaya-Rayong ke Timur dan Bangkok Nakorn Ratchasima-Nong Khai rute ke Timur Laut.

Selain itu, pemerintah Thailand akan membangun jalan raya untuk mengakomodasi logistik cepat dan transportasi antar daerah-daerah terpencil di Bangkok dan provinsi-provinsi utama, termasuk jalan tol Nonthaburi-Kanchanaburi dan Ayudhya-Nakorn Ratchasima jalan tol.

Kanchanaburi, Thailand provinsi barat, akan dihubungkan melalui rel dan jalan dengan Dawei, Myanmar kota tenggara, di mana pelabuhan laut dan proyek Kawasan Ekonomi Khusus yang sedang dibangun oleh raksasa konstruksi Thailand



"Sumber Berita"
Bayi Lahir di Stasiun LRT Manila, Philipina

HeranHeran

MANILA – Proses kelahiran bisa dimana saja, bahkan di kereta api maupun stasiun. Sudah belasan orang di Manila yang melahirkan di kereta api Light Rail Transit (LRT). Yang terbaru adalah seorang penumpang yang melahirkan seorang bayi laki-laki.

Seorang wanita yang namanya dirahasiakan, melahirkan pada pukul 09.40 waktu setempat di Stasiun LRT-1 Blumentritt seperti dikutip gmanetwork, Rabu (31/7/2013).

Wanita tersebut kemudian segera dibawa ke rumah sakit terdekat

Pada 22 Mei lalu, seorang wanita juga melahirkan di LRT. Pada saat itu bayi lahir pada pukul 06.25 saat kereta mendekat ke Stasiun Doroteo Jose, Manila.

Pada Oktober tahun lalu, kurang lebih sekitar 14 bayi telah lahir termasuk di peron LRT dan kereta yang sedang bergerak.

LRT yang kini digunakan di Manila, merupakan sistem Kereta Api Penumpang yang konstruksinya ringan dan bisa berjalan bersama lalu lintas lain atau dalam lintasan khusus yang disebut tram.



Negara Spanyol akan Mengevaluasi Keselamatan Jaringan Kereta Api
HeranLok Merah BiruHeran

Pemerintah Spanyol menyatakan tengah mengevaluasi sistem perkeretaapian negeri itu untuk meningkatkan keselamatan setelah kecelakaan yang menewaskan 79 orang pada bulan lalu.

"Semuanya dalam evaluasi dan menjadi subyek pembenahan," demikian Menteri Pekerjaan Umum Spanyol, Ana Pastor kepada parlemen terkait kecelakaan fatal pada 24 Juli 2013 itu.

Pemerintah akan melakukan evaluasi ulang soal batas kecepatan dan sistem sinyal di seluruh jaringan kereta api Spanyol.

Ana Pastor menambahkan, pemerintah juga akan mempertimbangkan perubahan aturan penggunaan telepon oleh para pegawai kereta api.

Pemerintah juga mempertimbangkan untuk menggunakan teknologi satelit di kereta api yang akan melengkapi sistem sinyal yang sudah ada.

Dalam satu dekade terakhir Spanyol menanamkan investasi besar dalam sistem perkeretaapian.

Spanyol kini menduduki posisi kedua negara dengan jaringan kereta api cepat terbesar di dunia dengan jaringan rel sepanjang 3.100 kilometer. Wooww sangat menakjubkan bukan ??

Untuk urusan jaringan kereta api cepat, Spanyol hanya kalah dari China yang meupakan nomer satu di dunia pada saat ini.

Jaringan kereta api Spanyol adalah kombinasi jalur kereta api cepat yang menggunakan sistem keselamatan canggih dengan jalur konvensional yang menggunakan sistem pengereman yang tidak terlalu canggih.

Sejumlah pejabat kereta api mengatakan, lintasan tempat kecelakaan terjadi adalah jalur konvensional yang menggunakan sistem pengereman biasa yang baru bisa menghentikan laju kereta api jika kecepatan kereta di atas 200 km per jam.

Presiden perusahaan kereta api negara, Renfe, Julop Gomez-Pomar kepada parlemen mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus memperbaiki sistem keamanan kereta api Spanyol.

Sementara itu presiden perusahaan infrastruktur kereta api Adif, Gonzalo Ferre mengatakan sistem perkeretaapian Spanyol selama ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

"Kini semuanya tergantung kita untuk mempertahankan predikat terbaik itu," kata Ferre.

Kecelakaan kereta api terburuk di Spanyol sejak 1944 itu terjadi tak lama setelah negeri itu memenangkan proyek pembangunan jaringan kereta api cepat di Brasil.

Jaringan kereta api itu akan menghubungkan Rio de Janeiro, Sao Paulo, dan Campinas yang akan dimulai September mendatang.

Proyek raksasa ini bernilai 16,4 miliar dolar Amerika.


"Sumber Berita"

Jerman
Bye ByeLok Merah BiruBye Bye

Tutup pada Malam Hari, Stasiun Kereta Api Mainz


Mulai beberapa minggu yang lalu Stasiun Kereta Api Mainz di Negara Jerman ditutup saat malam hari. Stasiun Kereta Api Mainz ini ditutup karena kekurangan pegawai yang mengatur perjalanan kereta. Sebagian pegawai sedang mengambil cuti dan pegawai lainnya sedang sakit.

Stasiun kereta api di kota Mainz merupakan salah satu stasiun yang berperan penting dalah jaringan kereta di Jerman selatan. Biasanya sebanyak 60.000 penumpang yang menggunakan stasiun ini setiap harinya. Banyak kereta ekspress yang berhenti di stasiun ini.

Namun sejak beberpa hari yang lalu, Stasiun Kereta pi Mainz ditutup pada malah hari. Penebabnya bukan karena cuaca buruk ataupun masalah teknis, namun karena kurangnya pegawai yang mengatur perjalanan kereta.

Pengatur perjalanan kereta memiliki tugas untuk mengatur jalur rel dan sinyal untuk kereta yang akan datang dan pergi. Pengatur perjalanan merupakan tugas yang penting di stasiun ini.

“Pengatur perjalanan ini yang mengkoordinasi semua perjalanan kereta. Mereka tugasnya seperti pemandu pesawat di sebuah bandar udara. Tanpa para pengatur perjalanan, lalu lintas kereta api tidak bisa diorganisasi.

Penutupan Stasiun Kereta Api Mainz merupakan sebuah “skandal besar” bagi perusahaan kereta api Deutsche bahn.

Di Stasiun Kereta Api Mainz memiliki 15 petugas pengatur penrjalanan. Lebih dari setengahnya sedang cuti ataupun sakit. Sedangkan pada siang dibutuhkan 8 petugas perjalanan.

Saat ini untuk operasi siang hari petugas perjalanannya pun kekurangan. Akhirnya pada malam hari dihentikan operasinya.

Untuk mengatasi hal ini perusahaan Deutsche Bahn meminta para pegawai yang sedang mengambil cuit untuk segera sukarela membatalkan cutinya. Padahal para pegawai sendiri mengatakan bahwa pihaknya telah menunda – nunda cuti yang mereka ambil.



INDIA Lok Merah Biru
Kereta Api Rajya Rani Express Tabrak Puluhan Orang
Heran

Sebuah kereta eksprss India menabrak sekelompok jemaat Hindu di bagian timur negara itu pada Senin (19/8), menewaskan 35 orang .

Polisi dan sejumlah pejabat Indian Railways mengatakan para jemaat tersebut melintasi jalur di sebuah stasiun di negara bagian Bihar saat Kereta Api penumpang antarnegara bagian melaju menghampiri mereka, melukai belasan orang lainnya.

Hingga saat ini 35 orang tewas dalam kecelakaan tersebut dan puluhan orang cedera.

Seorang pejabat senior kereta api mengatakan bahwa tampaknya jemaat tersebut tidak sadar dengan kereta api yang akan melintas.

“Dua kereta api sudah tidak bergerak di jalur lainnya dan Rajya Rani Express diberi izin untuk melaju,” kata ketua Dewan Kereta Api Nasional India, kepada wartawan di New Delhi.

Kecelakaan tersebut terjadi karena beberapa orang melompati peron stasiun tersebut dan melintasi jalur tersebut.

Ada ratusan kecelakaan kereta api setiap tahunnya di India.


"Sumber Berita"

AUSTRALIA

Tabrakan antara Dua Kereta Api Diduga Disebabkan oleh Kaki Seribu
HeranHeran

Otoritas Transportasi Australia sedang menyelidiki penyebab tabrakan dua kereta api di pinggiran Perth pagi ini. Dugaan sementara, ratusan hewan kaki seribu di rel dekat lokasi kecelakaan sebagai penyebabnya.

Dalam kecelakaan itu, sebuah kereta stasioner yang tengah mengangkut penumpang ditabrak oleh kereta kosong di Clarkson, di utara Perth, pukul 06.40. Enam orang dilarikan ke rumah sakit.

Seorang juru bicara dari Otoritas Transportasi di Perth (PTA) mengatakan hewan berbuku, yang terlihat dalam jumlah besar di jalur lintasan, kemungkinan turut berperan terhadap terjadinya kecelakaan. Namun ia tak menjelaskan bagaimana hewan kecil ini berpengaruh pada kereta.

Masinis kereta sebelumnya telah mencemaskan munculnya banyak kaki seribu di sekitar rel. Kaki seribu yang terlindas kereta, katanya, membuat rel menjadi licin, menyebabkan kereta meluncur tanpa kendali.

Operator kereta api menanggapi laporan ini dengan melakukan penyemprotan insektisida. Namun, ratusan kaki seribu kembali muncul.

Pada tahun 2009, hewan bernama latin Ommatoiulus moreletii ini 'menyerbu' rel kereta api di Tallarook di Victoria, menyebabkan beberapa perjalanan kereta api dibatalkan.




ini sudah masuk wikipedia tentang . rel menjadi licin sehingga koefisien gesek adhesi menjadi lebih kecil dari biasanya sehingga membuat kereta tidak dapat berjalan atau berhenti. penyebabnya macam2 bisa dedaunan jatuh di musim gugur di eropa dan amerika, atau migrasi ulat/kakiseribu di australia.

Maksudnya selip kan. Iya ibarat kita saat berjalan di lantai kemudian tidak sengaja menginjak kulit pisang. NgakakNgakak

Kasus lokomotif berjalan selip di rel karena roda (traksi) dengan permukaan rel minim gesekan sehingga menyebabkan licin. Heran
Nah, kalau di Indonesia sendiri kasus demikian sepertinya jarang terjadi. Kalaupun terjadi kemungkinan pada saat hujan yang menyebabkan rel licin. CMIIW Pasrah Aja Dah
Pages: 1 2 3