Semboyan35 Indonesian Railfans

Full Version: St. Duri - PN Gas Ketapang, Jalur terlupakan.
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Pages: 1 2 3
Dulu ada jalur yang melayani distribusi kebutuhan gas dari Batavia (Jakarta sekarang), Saya sudah lupa nama perusahaan Gas tersebut yang jelas jenisnya berupa manufaktur/pabrik. Jalur itu menghubungkan St. Doeri (St. Duri sekarang) dengan Gas Negara milik pemerintah Hindia Belanda tersebut. Letak persisnya di Jl. Zainul Arifin atau Jl. Ketapang (dulu namanya Gang Chaulan).

Routenya dari St. Doeri sbb:
dari selatan St. Doeri bercabang ke kiri menuju timur melewati Pasar Duri sekarang,Jl. Duri Raya terus memotong Jl. Jembatan Lima / Jl. Moh. Mansur, terus memotong kali Cideng, menyusuri Jl. Ketapang sampailah di Pabrik Gas tersebut. Memang tidak berapa jauh mungkin hanya sekitar 2,5 km. Tapi Saya yakin jalur ini sangat penting pada saat itu.

Ini semua saya ambil dari Peta Batavia sebelum 1920 (mungkin sekitar 1912). dan saya bandingkan jalur jalur kereta api yang ada di situ dan tempat tempat vital yang ada di peta tersebut dengan peta yang ada sekarang sehingga bila ditelusuri bisa diketahui posisi keadaan sekarang. Pada Peta tersebut itu juga di bedakan antara jalur tram dan kereta api, dan apa yang saya tulis ini adalah jalur kereta api tapi saya tidak tahu gauge nya.

Sangat terbuka untuk di koreksi dan di diskusikan, bila ada thread lain mengenai hal ini yang lebih valid, sahih dan akurat. Mohon abaikan thread saya ini. Trims ya..
Bisa diupload gambarnya mas?
Biar rekan² disini bisa membayangkan jaluyr yang dimaksud...
Trims.

BTW nama perushaan gasnya : N.V. Nederland Indie Gas Maatschappij bukan?
nah akhir nya, ini nemu peta nya.

Quote:
sumber:
http://lib.utexas.edu/maps/ams/indonesia



Saya juga sering lihat jalur ini dari CL menuju depok , saya kurang tahu kalo jalur ini ternyata ke arah PN GAS KETAPANG :sedih
Pantes di beberapa Atlas Jakarta bahkan Peta Dunia yg noateben utk anak2 SD ada jalur percabangannya yg dimaksud... Rupanya dulu sempet ada toh...
sebenarnya menarik melihat jalur2 cabang di batavia yang dulu pernah ada. seperti yang ke pabrik opium di cikini, atau yang ini ke pabrik gas.

salah satu misteri yang juga belum saya temukan jawabannya ialah, dulu lok2 yang keluar masuk pabrik2 ini lok apa ya? mengingat ini daerah sensitif dimana banyak bahan kimia dan bersifat flammable alias mudah kobong, so pasti lok2 wap haram hukumnya masuk sini.

lok listrik bisa masuk sini, tapi lok listrik juga masih punya peluang menerbitkan bunga api/spark di kabel dan pantograf. lagipula apakah dulu jalur ini punya catenary/laa? jika tidak ada laa, hanya 2 alternatif: pakai fireless steam loco, atau pakai battery locomotive.

fuelless steam locomotive alias lok wap tanpa api masih ada peninggalannya di tmii biasanya buat trem. yang menarik, loko batere yang dulu ss punya, seri D4001-4002 360V 115kW. saya menduga lok2 ini yang dulu dipakai. tapi itu baru dugaan alias hipotesis saja.

lok batere gmana bntuknya om?? Bingung
ada pictnya waktu masih beroperasi ga?
@megaloblast,

kecuali si bonbon, semua spesies lok listrik habis tak berbekas, termasuk si lok batere unik ini. sayangnya saya belum temu foto2 waktu lok masih operasi. jadi nggak tahu persis apakah dulu dinas untuk sekedar langsir2, atau jadi lok khusus masuk kawasan tertentu seperti pabrik kimia.

lok batere itu ada2 tipe, yang batere full kalo mau habis langsung masuk dipo untuk di cas. tipe lain yang punya pantograf jadi bisa ngecas pas lewat jalur yang ada laa nya. nah, ini juga nggak tahu dulu lok ss ini tipe yang mana.

btw, lok batere sudah pernah dibahas sama pak antonius123 di . sekarang balik ke jalur mati duri-png saja.
kalau lok uap tanpa api tuh kayak gimana mas?
sebelah mananya stasiun y?
apa skrg ketutupan sama pasar y??
apa searah ma percabangan ke TNG??
Pages: 1 2 3