Semboyan35 Indonesian Railfans

Full Version: Rencana pembangunan overpass di Bandung
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Pages: 1 2
Permisi om momod, newbie mau ikut posting.
Sebelumnya saya udah search tapi ga ktemu. klo ternyata udah ada, bisa tolong digabung.. thanks b4!

Dapet berita dari koran tribun jabar, katanya di Bandung akan di bangun overpass.
Nih berita nya:

Quote:BANDUNG, TRIBUN - Kecelakaan yang melibatkan perkeretaapian, sejak lama, kerap terjadi. Mayoritas, kecelakaan tersebut terjadi pada perlintasan sebidang atau jalur kereta api (KA) yang melintasi ruas jalan raya.

Melihat kondisi itu, tentunya, pemerintah sebaiknya melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasinya. Kabarnya, di Kota Bandung, pada masa mendatang, lintasan KA tidak lagi melewati ruas jalan, tetapi melalui terowongan (underpass) atau jembatan (overpass).

Menanggapi kabar tersebut, Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) II Bandung, Bambang Setya Prayitno, mengemukakan, pihaknya memang mendukung rencana pembangunan tersebut. "Kami menyambutnya secara positif," ujar Bambang, Kamis (24/11). (win)
Quote:BANDUNG, TRIBUN - Sejauh ini, peristiwa kecelakaan yang melibatkan perkeretaapian memang cukup kerap terjadi, termasuk di Jabar dan Kota Bandung.

Karenanya, beredar kabar bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana untuk mengurangi jumlah pintu perlintasan kereta api (KA). Caranya, membangun under pass dan over pass.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional II Bandung, Bambang Setya Prayitno, mengutarakan, pihaknya memang mendengar kabar tentang rencana pembangunan underpass dan overpass jalur KA di Kota Bandung.

Menurutnya, pembangunan tersebut dapat menekan angka kecelakaan yang melibatkan perkeretaapian. "Saya kira, perlintasan lebih sebidang, seperti underpass atau overpass menjadi sebuah langkah untuk menekan angka kecelakaan," ujar pria berkaca mata tersebut. (win)
Quote:BANDUNG, TRIBUN - Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) II Bandung, Bambang Setya Prayitno, mengungkapkan, pihaknya mendengar kabar mengenai rencana pembangunan underpass dan overpass jalur kereta api (KA) di Kota Bandung.

Dikatakan, jika memang ada rencana seperti itu, PT KA, selaku operator, hanya menunggu realisasinya. Pasalnya, jelas dia, penyediaan dan pembangunan prasarana perkeretaapian merupakan tanggung jawab pemerintah.

Misalnya, jelas dia, pembangunan dan penyediaan pintu perlintasan merupakan kewenangan pemerintah. Apalagi, katanya, pembangunan under dan overpass. "Kami hanya operator. Tentunya, kami siap mengoperasikannya," tutur Bambang.

Akan tetapi, sambungnya, idealnya, rencana pembangunan itu harus terkoordinasi secara baik, antara pemerintah dan PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Itu karena, jelasnya, jika tidak terkoordinasi, hal itu berpotensi mengganggu kelancaran perjalanan dan pengoperasian KA, baik jarak jauh, maupun komuter. (win)

yah semoga saja bisa direalisasikan dan bukan hanya wacana..
tapi melihat dari pengalaman-pengalaman sebelumnya,

mmm....

mmm...

ya...
hehehe... simpulkan sendiri..
Ngeledek
Dua yg saya pikirkan mengenai hal ini (kebetulan tadi juga baru baca berita serupa di surat kabar yg sama):

1. Kapan dimulai dan kapan selesai
2. Di mana akan dibangun jalur ini

Dulu, pada zaman pembangunan jalur KA layang Manggarai-Beos rampung dalam waktu yang cukup singkat. Harapan saya, pembangunan jalur KA layang ini (katanya tidak akan dibangun underpass karena rawan banjir, menurut Bina Marga) juga tidak memakan waktu lama.

Untuk lokasi, jika dibangun tepat di atas jalur sekarang dikhawatirkan akan cukup mengganggu perjalanan KA dari/ke BD. Selain itu, jika akan dibangun antara Kiaracondong sampai Cimahi, flyover Kiaracondong dan Cimindi tentu menjadi suatu halangan. Khusus untuk Kiaracondong, bisa saja flyover berakhir di dekat Balai Yasa Jembatan PT KA yg berada di sebelah barat stasiun dan flyover, jadi aman-aman saja.

Dan mungkin, belajar dari kasus Stasiun Gambir, harapan saya sih jika flyover KAC-CMI atau apapun trayeknya, semoga ketika melintasi BD bangunan antik bagian selatan, juga bangunan bagian utara, dibiarkan apa adanya, tinggal diberi akses ke peron / jalur di atas.

Oh ya, juga terkait akses dari/ke Dipo Induk Lokomotif dan Dipo Kereta BD, apabila ada flyover ini bagaimana ya caranya?

Sekian dari saya, terima kasih...
Apakah BD benar2 membutuhkan Overpass untuk jalur KA?

alasan yang menjadi pertimbangan ny saja kalau saya lihat berbeda dengan pembangunan overpass JAKK-MRI

berdasarkan sumber yang dikutip,overpass dibutuhkan untuk mengurangi kecelakaan,tetapi yang pernah saya dengar, kebutuhan overpass JAKK-MRI lebih dikarenakan petak JAKK-MRI merupakan jalur padat kendaraan,sehingga jika tetap sebidang akan mengganggu lalu lintas 2 belah pihak (jalan raya dan KA)

CMIIW
Saya skeptis bakalan jadi kalau yang di overpass jalan kereta apinya. Ini mengingat Bandung yang rawan gempa serta terrain di Bandung (barat) yang naik turun nggak karu-karuan.

Lebih optimis kalau semua jalan besar dibikin overpass diatas jalan KA, atau jalan KA sebagian dibuat "ceruk" seperti di rute antara Bandung-Cimahi.

seperti pembangunan dobel track di petak PWT-PPK dan KTA-YK.
Banyak perlintasan kampung yg sebidang dirombak untuk kemudian dialihkan menjadi underpass
ga terlalu penting di buat overpass jalur KA, traffik KA disana nggak terlalu padat seperti di MRI-JAKK, bikin underpass atau flyover buat jalanan saja..

kecuali kedepannya ada KRL dan trafiknya padat.

sesuai kebutuhan sajalah
Yang pasti, harusnya memang perlintasan sebidang di Bandung harus ditiadakan.
paling yg jadi prioritas :
overpass di atas jl. garuda/Abd Saleh s.d cry
overpass dari jl sunda - a yani (cikudapateuh) s/d laswi & turun di KAC
Nah iya, saya lebih setuju bila yang dijadikan overpass nya adalah jalan raya, bukan rel kereta.

Kenapa?

  1. Bandung belum membutuhkan overpass kereta api.
  2. Kalaupun tetap dibangun overpass kereta api, bagaimana nasibnya jalan layang kiaracondong dan jalan layang cimindi?? Mau diseruduk? atau mau bikin pjl diatas jembatan?Ngakak.
  3. bila overpass kereta api dipaksakan dengan ketinggian lebih tinggi dari jalan layang cimindi, apa tidak mengganggu sudut elevasi pendaratan pesawat terbang yg mau mendarat di bandara Husein.S?? mengingat posisi jalan layang cimindi agak memotong garis lurus untuk pendaratan pesawat.
  4. Kalau tujuannya untuk mengurangi angka kecelakaan, itu sih tergantung kesadaran pribadi pengguna jalan raya nya sendiri.
Kayaklnya FO Cimindi & KAC ga bakalan diutak-atik. Yang di-raise ya yg saya sebut itu, walaupun saya agak kurang setuju dengan Overpass di Garuda, karenayg seharusnya naik itu jalan rayanya, tapi ya sudahlah, emang pemkotnya aja lamban & tukang tidur, jadi aja jatuhnya ke dirjen perkeretaapian
Pages: 1 2