Semboyan35 Indonesian Railfans

Full Version: Railbus Batara Kresna (D/H: Railbus SOLO)
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Operasional RB memang sangat di harapkan dan menggembirakan untuk di tunggu tunggu..bagi wisatawan..Ngakak
Untuk masyarakat bawah yang selama ini memakai jasa feder sepertinya berita menyedihkan dengan ongkos seperti itu..Sedih
Lebih baik railbus ini dioperasikan di jalur yang padat penumpang saja alias jalur lain, ongkos sebesar itu meskipun sudah kena diskon jadi 20.000, bukanlah tarif yang merakyat, mungkin masyarakat dulu sudah terbiasa dengan feeder yang tarifnya merakyat banget, apalagi lintas Solo-Wonogiri sepi. Alternatif kedua AC di non aktifkan saja, pake Angin Cendela, sehingga ada harapan masyarakat bisa menggunakan pelayan fasilitas ini. Kayaknya rencana ini kajiannya belum matang, tidak melihat kondisi masyarakat di lintas ini serta moda darat pesaingannya, sehingga seperti kejadiaan ini. Mungkin bisa dikatakan nasi sudah menjadi bubur, jangan dibiarkan begitu saja dan berlarut-larut, harus segera dicari solusinya, agar sarana dan prasarana segera bisa dipakai,tidak rusak dan mungkin akan beralih fungsi jika terus dibiarkan.
Quote:Railbus Diupayakan Beroperasi Desember

- Minggu, 13 November 2011 13:02 WIB

TRIBUNNEWS.COM, SOLO - Pengoperasian moda transportasi terbaru di Kota Solo, Railbus Batara Kresna mulai menemui titik terang setelah digelar pertemuan antara Kementerian Perhubungan dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian beberapa waktu lalu.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Yosca Herman Soudrajad kepada Tribun Jogja, Minggu (13/11/2011).

Meski sudah beberapa kali diperkenalkan kepada masyarakat, namun tak kunjung ada kejelasan mengenai pengoperasian moda transportasi seharga Rp 16,8 miliar tersebut.

Dijelaskan Yosca, pertemuan tersebut diantaranya membahas mengenai tarif dan besaran subsidi yang harus ditanggung Kemenhub untuk pengoperasian kereta dengan rute Solo - Sukoharjo - Wonogiri tersebut. "Kita upayakan Desember sudah benar-benar bisa beroperasi," terang Yosca.

Mengenai tarif yang akan dikenakan kepada penumpang, sambung dia, berkisar antara Rp 5 ribu hingga 10 ribu per penumpang. "Pokoknya antara Rp 5 ribu sampai 10 ribu. Maksimal Rp 10 ribu," tegasnya.

Tertundanya pengoperasian railbus tersebut di antaranya karena belum tercapai kesepakatan antara pihak Ditjen Perkeretaapian dengan Kemenhub.

"Dananya sudah ada, untuk subsidi pengoperasian Railbus dari Kementerian Perhubungan. Tinggal dicairkan saja, tapi kemarin masih menunggu kesepakatan dua lembaga ini (Ditjen KA dan Kemenhub)," urainya.

Dari Ditjen Perkeretaapian sebelumnya menetapkan tarif ideal Railbus sebesar Rp 25 ribu. Pihak Kemenhub akan memberi subsidi sebesar Rp 20 ribu per penumpang, sehingga tarif Railbus bisa lebih terjangkau untuk masyarakat, yakni sebesar Rp 5 ribu.

Pejabat Humas PT Kereta Api Indonesia Daop VI Yogyakarta, Eko Budiyanto ketika dihubungi wartawan menjelaskan, sampai saat ini belum ada serah terima Railbus dari Kemenhub kepada pihaknya sebagai pengelola moda tranportasi tersebut nantinya. Sehingga, kewenangan mengenai pengoperasian kereta tersebut masih ada pada pihak Kemenhub. "Sampai saat ini belum ada kabar soal serah terima Railbus," terangnya.

Eko menambahkan, selain belum ada kesepakatan mengenai masalah tarif, tertundanya pengoperasian Railbus juga disebabkan jalur kereta api Solo Wonogiri belum sepenuhnya siap.

"Masih ada perbaikan jembatan jalur KA yang menghubungkan Sukoharjo dengan Wonogiri. Kalau relnya sebenarnya tidak masalah, hanya jembatannya yang perlu diperkuat," urainya.

Eko mengatakan dirinya tidak bisa memastikan selesainya pembangunan jembatan tersebut lantaran kewenangannya ada pada pihak Kemenhub.

semakin menemui titik terang Big Grin
aseekk...
cuma 5 ribu, cocok dah kalo gini.

semoga laris manis Tersenyuum
masak taripnya sampe 25 rebu perorang???keliatan seperti tarif setelah mark up Big Grin
mungkin pantesnya ya sekitar 10 ribu, supaya ga ada "gangguan" dari "pihak lain" yang jatah penumpangnya terancam direbut ama railbus,,,
kapan,nih Rail bus Batara kresna ini resmi akan di jalankan....? Bobok
Sudah lama sekali,ane menunggu....Sakit

Masih ada perdebatan mas .... antara PT,KAI sama PEMKOT solo kayae ... huftSakit
Diskusinya jangan lama-lama, kalau mau laku jangan mahal, disesuaikan dengan kemampuan masyarakat di lintas ini.

iya kui mas ... aku sebagai wong solo juga gak sabar pengen joyride ... huhuSakitPatah Hati