Semboyan35 Indonesian Railfans

Full Version: Mblusuk Jalur Lori jaman Belanda
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
@ mas hamdy Bye Bye salam kenal mas...PG. Semboro sekarang masih musim giling ato ga' ya...? kalo masih, boleh tu kesana untuk ber rf....

salam kenal juga.....
PG.semboro baru ja musim giling mas,mungkin baru 1 bulanan.
y klo mau maen2 ksna y blh2 ja.
ni tak tunjukin foto2x biar tambah penasaranNgeledekNgeledekNgeledek
q lanjutin foto mblusukan kmrn minggu.

d depan garasi loko, da beberapa loko yg lg istiraht stelah abis tugas.


Shot at 2010-07-05

dan d antara loko yg lg nyantai, da lok B yg bru beli tahun kmrn udah mulai ikut dinas.
kliatan dy abis d cat lg mnyesuaikan cat lok B yg laen (hijau tua)
oia dia dpt nomor 26 lo......


Shot at 2010-07-05

d bagian belakang lok tu terdapat name plate sprt ni lo.....


Shot at 2010-07-05

n d dlm kabin masinis terdapat name plate sprt ni


Shot at 2010-07-05
Ngumung2 BB 15 ama C 29 kok g kelihatan mas? Apa baru nunggu lori di kebon ya? O iya, setelah saya perhatikan lama sekali ada satu kesamaan pd formasi armada lori di PG Jatiroto ama Semboro, yaitu kalo lok uapnya pasti selalu berformasi loko+gerbong ampas tebu+tangki air+gerbong petugas+lori tebu. Kalo pd lok dieselnya berformasi loko+gerbong petugas+lori tebu. Benar tidak mas Hamdy?
lanjut lg y.......?
msh d depan garasi.
lok uap BB 15 yg msh aktif q temuin keluar kandang lo........
q g tau knp d truh luar cz wkt tu dah jam 12 n karyawan bengkel loko dah pulang mua(hr minggu bengkel buka 1/2 hari)


Shot at 2010-07-05


Shot at 2010-07-05


Shot at 2010-07-05

kondisi d dlm kabin masinis


Shot at 2010-07-05

oia d dlm kabin masinis tepatx d atas tungku da name plate sprt ni lo.......
baris pertama bertuliskan nama pabrik :Orenstein & Koppel (cuma kliatan stengah)
trus jg da tahun pembuatanx jg, lo g salah 1928


Shot at 2010-07-05


lo lok uap BB 15 & C 29, g prnh narik tebu lg mas.....
d eman2 n d buat turis manca.
lok uap yg krj tu yg C 2 & C 3 tu pun kerjanya cm buat narik lori dr parkiran k mesin giling n kerjax jam 12 mlem ampe subuh(nunggu truk udah abis). jd q g prnh liat dy pas dinas.

klo soal rangkaian lori, tu mang bnr2 sama mas......

mang kedua PG ni hampir d bilng sama y......????ato mungkin kembarNgakakNgakak

Nah ini dia si BB 15, tapi kok ditaruh diluar? Biasanya kan tidur di dalem mas Hamdy ...

Btw soal plat pabriknya itu memang semacam KTP-nya lok uap, semua loko dari Orenstein & Koppel yg berada dimanapun juga punya KTP yg dipasang antara lain di luar ada 2 trus diatas pintu dapur api juga 1 tapi lbh spesifik lagi. Yg dimuat adl nama pabriknya, dibuat tahun berapa, keluar nomer berapa trus tekanan uapnya berapa. Kalo g salah BB 15 ini dibuat tahun 1926.

Soal tenaga lok uap BB-nya, Orenstein & Koppel kalah dibanding Ducroo en Brauns yg membuat lok BB 23-BB 28 di PG Semboro. Bayangkan aja, BB 15 itu berkekuatan cuma 60 HP saja, sedangkan BB 28 itu mencapai 100 HP. Kalah jauh dibanding lok D buatan Orenstein & Koppel yg kekuatannya antara 60-100 HP. Lok BB-nya aja kalah kuat Ngakak

salam kenal juga.....
PG.semboro baru ja musim giling mas,mungkin baru 1 bulanan.
y klo mau maen2 ksna y blh2 ja.
ni tak tunjukin foto2x biar tambah

Xie Xie sampeyan iku lho mas...bikin tambah penasaran aja + gregetan pingin rf kesana, Sakit yah tapi belum gajian mas, jadi belum ada bajetnya...

Nah ini dia si BB 15, tapi kok ditaruh diluar? Biasanya kan tidur di dalem mas Hamdy ...

Btw soal plat pabriknya itu memang semacam KTP-nya lok uap, semua loko dari Orenstein & Koppel yg berada dimanapun juga punya KTP yg dipasang antara lain di luar ada 2 trus diatas pintu dapur api juga 1 tapi lbh spesifik lagi. Yg dimuat adl nama pabriknya, dibuat tahun berapa, keluar nomer berapa trus tekanan uapnya berapa. Kalo g salah BB 15 ini dibuat tahun 1926.

Soal tenaga lok uap BB-nya, Orenstein & Koppel kalah dibanding Ducroo en Brauns yg membuat lok BB 23-BB 28 di PG Semboro. Bayangkan aja, BB 15 itu berkekuatan cuma 60 HP saja, sedangkan BB 28 itu mencapai 100 HP. Kalah jauh dibanding lok D buatan Orenstein & Koppel yg kekuatannya antara 60-100 HP. Lok BB-nya aja kalah kuat Ngakak
[/quote]

y tu yg buat q bngung,knp d taruh d luar???
mo tny2,udah sepi orang.
q bru tau lo lok uap BB pny pg semboro bkn cm buatan Orenstein & Koppel.
cz q sempat bngung wkt liad cerobong asap BB kok da yg beda?
ternyata mang beda pabrik.....Ngakak

NgakakNgakak
beneran kepengen to.........

ntar tak tunjukin fotox lg biar g bisa tdr Ngeledek

NgakakNgakak
beneran kepengen to.........

ntar tak tunjukin fotox lg biar g bisa tdr Ngeledek
ntar tak tunjukin fotox lg biar g bisa tdr Ngeledek
[/quote]

wah mas hamdy ini lho Xie Xie jangan2 nanti malam bisa2 mimpi naik loko uap nih Loko Uap jadi malu Xie Xie memang kalo' lihat loko uap gemetar badanku rasanya ingin sekali untuk naik....

Iya mas, yg buat lok BB di PG Semboro ada 3, yaitu Orenstein & Koppel nyumbang 7, DB nyumbang 6 trus Borsig nyumbang 2 saja. Tapi yg masih bertahan hidup hanyalah BB 15 saja, kasian banget ...

Ini tak kasih gambaran lok uap buatan OK, DB ama Borsig yg ada di Semboro:

Lok buatan OK (BB 22 sama BB 17)


Lok buatan DB (BB 25)

Dari kanan sih oke, tapi ...

sebelah kiri udh kosong mlompong ...

Lok buatan Borsig (BB 31)


Sebenarnya kalau diperhatikan itu kasian banget lho, udh beli banyak banget tapi nyatanya tinggal 2 yg masih beroperasi. Sisanya tinggal menunggu waktu saja buat dibabat habis ...

Ngantri masuk PG, gara2 ada wesel yang patah... Ngiler