Semboyan35 Indonesian Railfans

Full Version: Mblusuk Jalur Lori jaman Belanda
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.

Waktu pemotretan bisa dilihat di:


Kalo g percaya tanya ama yg buat foto Ngakak (tdk bermaksud marah lho, cuma gojek)
Refitalisasi jalur lori yang masih aktif.
Ini hanya sekedar dream in thread bahwasanya jalur/rel lori yang masih aktif yang ada sudah parah karena keausan sudah kritis, sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan penggantian rel lama size.xx? ke R.25 bekas. Pelaksanaan mudah asal dari lintas departemen bisa saling membantu, seandainya di ganti denga R25 maka gerobak dan loko lebih awet karena operasional akan terjaga tidak banyak benturan material yang mengakibatkan getaran ke body[ naik lori wisata seperti naik gerobak jalan berbatu].
Dari pada rel bekas R25 di besi tuakan tidak bermanfaat lebih baik di transfer order ke PTPN dan alhasil sama saja semua properti punya Negara...punya Rakyat jadi tidak ada yang di rugikan.

Ide bagus tuh jadi rel lori diganti dgn eks R25 ama R33 dari jalur KA soalnya R14 dan bantalan kayu yg lama sdh mengkhawatirkan dan jgn sampai hal spt ini bisa terjadi:

D 7 HIYANG melintasi PJL lori di Situbondo


Kemudian ada lori yg ngguling 'n membuat kemacetan


D 5 BROMO datang membantu saudaranya D 7 HIYANG pulang ke rumah


Sumber:
Hal ini timbul karena bukan inspirasi kosong akan tetapi PLH yang saya alami sendiri dan saya melakukan investigasi serta analisa sendiri di TKP, antara lain ialah :
1. Bantalan kayu kropos sehingga paku penambat tak berfungsi sehingga rel benggang.
2. Ukuran rel aus dan mengecil sehingga tidak kuat menerima beban gandar dan alhasil mleot..benggang..mulet...bergeser.

ini contohnya.





dalam sehari naik 2 x anjlok keamanan wisatawan terancam serta membahayakan...nyata.

Emang bener2 kasian kedua lok uap ini, udh ditinggalkan seadanya, kalo rusak dibiarin ... beda ama saat dia dulu masih jaya, dielus-elus, dimandiin, tapi sekarang ... Apa balasmu padaku?

Btw skrg di Jatiroto udh kena dieselisasi semua ya? G ada rencana buat menghidupkan lagi loko B, BB atau C yg ia punyai buat antar jemput anak2 sekolah? Kan hitung2 anak-anak bisa rajin naek sepur karena ana hiburannya ...
[/quote]

kykx g da niat k situ cz PG.jatiroto lebih mengutamakan produksi gulax.
klo d PG jatiroto nasib lori kykx lebih aman dr pd d semboro cz PG jatiroto pny bnyk sawah tebu milik sendiri yg sangat luas.sedangkan semboro kebanyakan nyewa.
coz kelemahan lori adl hanya bisa mengangkut tebu dari sawah yg d lalui jalur lori.
klo d jatiroto yg pny bnyk lahan tebu,mungkin bisa selamanya lori bekerja asalkan lahannya d lalui jalur lori.
beda dg semboro yg bnyk lahan sewax.klo sawah yg d laui jalur lori sewax habis n g d sewakan lg bisa2 tugas lori semakin berkurang n akhirx punah.

klo lok uap d jadikan angkutan antar jemput sekolah,belum tentu mereka senang cz mereka semua belum tentu railfans.
iya klo kita2 dah pasti seneng n mungkin bkal jd rajin sekolah n mungkin minggu pun jd g mau libur ha.......ha.......ha.......ha.......
oia d semboro n jatiroto jg pny lo lok sprt ni.
tp sayang yg d semboro udah g aktif n yg d jatiroto msh aktif.


Wakakakak, kalo kita yg sekolah ya bener mas, walaupun hr minggu atau tanggal merah masuk terus lha ada hiburannya Ngakak O iya ternyata Jatiroto itu adl pabrik gula terbesar se-Indonesia dan dan lahan tebunya terluas se-Asia Tenggara. Apa tdk hebat?

Btw mas Hamdi masih sering mblusukan g nih? PG Sumberharjo letaknya di daerah Taman, Pemalang, Jawa Tengah bagian utara/Pantura. Di sana masih ada lok uap/diesel yg masih sering kluyuran ke kebon tebu. Mas Hamdi bisa njajal ke sana.

ngmong2 q jd pengen bneran skolah smbil d anter lok uap.
cb para RF d kumpulin n skolahnya d anter lok uap,pst ortu qt g usah repot2 nyuruh qt skolah,tp takutx pas d sekolah maunya pengen pulang lg gmn????NgakakNgakak

0o.... jd pg.jatiroto mang lahanya terluas?
kykx nasib lori dsna ke depannya msh aman.
y mudah2an ja anakku besok msh bisa liad lori.

kmrn minggu q abis blanja buat tugas akhir k balung n tak sempetin mblusukan k lahan tebu milik PG semboro yg jarakx 20KM-an tu.
n dsna q ktemu LOk disel seri C dan B beserta 60an gerbong lori yang sedang isi muatan.
mngkn bsk ja fotox tak upload.

PG Sumberharjo kok jauh y?jd pkir2 dlu mo ksna cz bajedx g ckupSakit

Pengen pulang karena kebayang loko uap di pikirannya, jadi pelajaran di sekolah g masuk ... Katanya sih begitu mas, Djatiroto tu serba wah. Tapi g tau deh gimana keasliannya.

Soal mblusuk ke Sumberharjo tu, kalo g cukup biayanya ane saranin ke PG Olean, Panji ato Asembagus di Situbondo. Itung2 masih di daerah Jember ke utara.
d tiap PG mang pny klebihn sndiri2
jatiroto mang boleh bangga dg luad sawahx,tp lo liad mesin produksi gulax,terlihat bangunan besi yg penuh karat n lebih baik d semboro.

klo d liad dr luas area pabrikx,jatiroto lebih luas sdikit drpd semboro padahal menurutq semboro bisa d bilang luas drpd PG yg laen.

d liad dr armada lok diesel, jatiroto pny lebih bnyk lok diesel seri C sekitar 20an yg msh aktif n semboro cuma 18 unit yg msh aktif.
tp semboro pny lbih bnyak lok diesel seri B drpd jatiroto.

d liad dr armada lok uap,semboro bs d bilang surga dr lok mallet BB n jatiroto lok B.

d liad dr keaktifan lok uap, jatiroto kalah jauh dg semboro cz jatiroto g pny lok uap yg aktif sdangkn semboro pny 4 unit lok uap yg aktif.

d liad dr bentuk derbong lorix, kedua PG ni sama2 merawatx dg baik.
ini d buktikan dri tiang2 gerbong lori yg berdiri tegak lurus.

d liad dr keaktifan jalur lori, keduanya pny jaringan jalur lori yg sangat luas n msh aktif 70% n mungkin g da yg menyamai.bahkan jalur penghubung kedua PG ini msh aktif, pdhl jarak kedua PG ini 10 km-an tp jalur penghubungx sprt huruf "U" jd panjang jalur itu >10km.

klo mblusukan k situbondo udah q rencanain dri dlu,tp nunggu tugas akhirq slesai.
y mungkin bulan juli akhir.
n q udah bnr2 g sbr nih...........
@ mas Hamdi : saya penasaran dengan jalur lori yang menggunakan R.25, jalur itu memang asli dari dahulu atau penggantian baru dengan menggunakan bekas jalur kereta yang ada waktu itu????