Semboyan35 Indonesian Railfans

Full Version: Mblusuk Jalur Lori jaman Belanda
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
mau tanya lagi seputar perlorian. Xie Xie
itu beban gandar lori kira2 berapa ton ya?
trus ada berapa jenis gauge sempit yang dipakai sepur lori?

Menurut perkiraan, 1 buah truk bisa ngangkut @5 ton tebu, jadi mungkin tekanan gandarnya adl 2,5 ton per pasang roda (katanya sih begitu).

Trus gauge yg dipakai lori adl 6 jenis, yaitu:

1. 600mm (model rel trem), dipakai di Jatiwangi, Jatibarang, Pangka, Sragi, Cepiring, Sudhono, Tulangan, Gendhing ama Pandji
2. 670mm, hanya ada di Kadipaten
3. 700mm (dipakai di hampir semua PG di Jawa), yaitu Gempol, Tersana Baru, Ketanggungan Barat, Sumberharjo, Rendeng, Kalibagor, Gondang, Colomadu (ex PG Kartasoera), Rejosari, Poerwodadie dst
4. 720mm, hanya ada di Sindanglaut
5. 750mm (model rel Aceh), ada di Bandjaratma, Pakis Baru, Trangkil, Ceper Baru, Colomadu dan Tasikmadu

Nuwun
ternyata banyak ya ukuran narrow gauge. tak kira cuma 600 dan 700 saja.

btw, kalo 660 ada kah? saya pernah dengar rel kereta kelinci di taman mini itu ukurannya segitu. katanya bekas rel lori cuma gak tahu ambil dari mana itu rel. apa 670 ya? cmiiw..

Bingung

Lha?? Bingung

Di daerah mana mas??
[/quote]

di daerah Sleman, tepatnya sekitaran medari....
[/quote]

Rumah ku medari..
dulu emang ada pabrik gula di medari.. sampai sekarang masih ada..
tp pas jaman jepun rel" nya dicabut..
nd lok ny di bawa keluar indo..Sedih
begituuu

relnya ada tuh di belakang rumahNgakak
PG Medari bukannya sekarang jd ruko? (rukonya tak lakuNgikik )

sedikit terhubung dg rel, R berapa ya rel lori itu?Bingung maaf kalau sudah pernah dibahas
@mas eko : d PG semboro namax bkn cembrengan tp royalan.
lucu y tiap daerah pny nama sndiri2Ngakak
n dnger2 mulai gilingx tgl 25 nanti.
ntar lo dah giling ja q ksna cz lo skrng susah buat masuk PG cz lg da bnyak pengujian mesin biar musim giling bs sukses.

@mas lori:tu bkn foto d luar pabrik mas,tp msh d dlm pabrik tepatx d parkiran lori n lokx msh nunggu gerbong blotong lg,jd skali jalan bs langsung bw bnyk gerbong.
biasanya lok seri B bertugas memasukkan 5-7 gerbong blotong k mesin giling stelah tu gerbong d taruh d parkiran lori.jika gerbongx udah bnyak,lok seri C bru berangkat tugas membuang blotong.

ya itu tergantung daerah masing2 mas, ada yg bilang cembengan, royalan, tapi kalau cembrengan tu gak ada.

Tatacara membuang lempung dari pabrik itu kan dari mulai gerbong keluar dari pabrik udh terisi ama sampah2 pabrik (abu/lumpur) trus dirangkai dan dibuang di luar pabrik

Kayak begini, khan?





Trus dibuang deh ...


SUMBER:



ya itu tergantung daerah masing2 mas, ada yg bilang cembengan, royalan, tapi kalau cembrengan tu gak ada.

Tatacara membuang lempung dari pabrik itu kan dari mulai gerbong keluar dari pabrik udh terisi ama sampah2 pabrik (abu/lumpur) trus dirangkai dan dibuang di luar pabrik

Kayak begini, khan?





Trus dibuang deh ...


SUMBER:



[/quote]


padahal sisa dari itu bisa di daur ulang untuk pembuatan batu bata ya..Bingung

ya itu tergantung daerah masing2 mas, ada yg bilang cembengan, royalan, tapi kalau cembrengan tu gak ada.

Tatacara membuang lempung dari pabrik itu kan dari mulai gerbong keluar dari pabrik udh terisi ama sampah2 pabrik (abu/lumpur) trus dirangkai dan dibuang di luar pabrik

Kayak begini, khan?





Trus dibuang deh ...


SUMBER:



[/quote]


padahal sisa dari itu bisa di daur ulang untuk pembuatan batu bata ya..Bingung
[/quote]

Masih bisa, mas Eko. Di Kanigoro sisa2 sampah pabrik itu dibuat batu bata. Kan bisa ngirit ...
kalau di Tasik madu di dalam pabrik ada tempat daur ulang limbahnya sehingga tidak akan mencemari air yang ada di sekitar pabrik, memang tidak berbahaya tapi warnanya book hiteem.