Semboyan35 Indonesian Railfans

Full Version: Mblusuk Jalur Lori jaman Belanda
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.

Tapi kalau anda bisa dapat fotonya, apalagi yang berwarna, berarti anda luar biasa.

Top Banget
@ mas Yoga: y sedikit2 nyoba bikin onderdil lok uap lah, biar bisa memperpanjang umur lokonya
@ mas Bagus: wah, susah sekali mencarinya mas. mungkin mereka yg tidak pakai lori tebu
Penasaran dengan jalur lori di PG,Gondang dan sampai sekarang sudah terjawab ternyata jalur lori yang keluar pabrik sudah tidak ada yang aktif lagi dan ini lah.
Jalur lori dari arah utara tinggal jasadnya saja.


Jalur lori masuk dari arah barat tinggal kenangan saja.


tidak ada yang perlu di tangisi ini..Sedih
waaah, udh abis2an tuh jalurnya. yg jalur aktif tinggal sedikit ya ...

kemaren saya sempet mblusukan di tmpt-nya mbah gugel, dpt selebaran dri pg djatibarang ttg agrowisata SPOOR TEBOE

ni brosurnya:

jalur wisata spoor teboe djatibarang


gerbong wisata dan penariknya, B 2D


foto D 4 saat masih beroperasi

Agro Wisata saat ini msh dlm pengembangan. mungkin aja klu ada lok uapnya jdi tambah semarak tuh

wah.. lumayan tuh buat trecking ngelori atau lori motor.... walau tertutup tanah dan rumput kan yg penting masih bisa dilewatin lori dorong atau lori sepeda atau lori motor... rel nya masih utuh kan??? apa ada petak yang udah ketutup aspal atau di cabutin orang???

wah.. lumayan tuh buat trecking ngelori atau lori motor.... walau tertutup tanah dan rumput kan yg penting masih bisa dilewatin lori dorong atau lori sepeda atau lori motor... rel nya masih utuh kan??? apa ada petak yang udah ketutup aspal atau di cabutin orang???
[/quote]

@mas Haris : Memang benar ada rencana mau hidupkan jalur ini untuk wisata keluar PG dengan loko uap.
sory g pernah OL cz sibuk lg grap TA.
kykx q ktinggalan bnyak berita nih.
oia q pngen ngalnjutin cerita mblusukan k PG jatiroto yg blm usai.

ni foto C 100.j sekarang

Shot with at 2010-04-11


Shot with at 2010-04-20

dan ini foto C 100. dulu

maaf q fotox dr luar gedung cz tempat giling n bengkel+gudang tempatx terpisah.jd wkt g musim giling, tempt mesein giling d tu2p n bengkel lori tetep buka.
masalahnya garasi B 143.j loko dengan spoor 1067 milik djatiroto g kumpul dg garasi lori.garasix d belakang mesin giling,jd q g bs masuk.

ni keadaan B 143.j loko dengan spoor 1067 milik djatiroto sekarang

Shot with at 2010-04-20


Shot with at 2010-04-20

ni keadaan B 143.j loko dengan spoor 1067 milik djatiroto wktu masih aktif


ni keadaan jalur spoor 1067 milik djatiroto menuju stasiun jatiroto yg jarakx 100meteran dari PG.

Shot with at 2010-04-20
oia mas g semua PG mempersulit qt dalam mengambil pic.
yg penting qt ngmong baik2 n berdoa pasti boleh.
buktinya ni

ni fotoq bareng dg kepala mekanik lori d PG semboro dg back ground gerbong wisata untuk turis.

Shot at 2010-04-20

ni fotoq bareng dg kepala mekanik lori d PG jatiroto
dg ramah dy menyambut baik kdatangnq n tmnq.dy jg ngajak kliling bengkel sabil pnjang lebar jlasin.

Shot at 2010-04-20


Shot with at 2010-04-20

selain itu pas wkt q maen k PG jatiroto, kbetulan q ktemu mantan mekanik yg udah pensiun sehingga q dpt bnyk crita dr dy. sampai2 da jg yg nawari q mampir krmhx untuk istirahat.
oia ni da kbr baik,ternyta g cuma PG semboro ja yg pny lok diesel baru.tp PG jatiroto jg punya lo......
ternyata pembelian lok diesel seri B yg mesinx buatan jerman n bodix buatan malang(indonesia) tu da 2, hanya beda warna,menyesuaikan warna lok d PG masing2
1 untuk PG semboro n 1 lg buat PG jatiroto.
semua d beli 1 paket dg wkt penyerahan k PG yg sama pula.

ni foto lok diesel seri B milik PG semboro

Shot with at 2010-04-20

ni foto lok diesel seri B milik PG jatiroto

Shot with at 2010-04-20


Shot with at 2010-04-20
untuk lori yg anjlok, cara mengatasix g cuma d ungkit ja,tp da cara yg benar yaitu dg menggunakan (orang2 menyebutnya)"sepatu".
yaitu da sepert ganjalan yg berfungsi untuk menaikkan roda yg anjlok n menaikkanx k atas rel dg tepat.bentuk n ukuranx udah da ketentuannya,biasanya setiap lok pasti membawa 1 pasang untuk antisipasi jk trjadi anjlok d lapangan.
d PG semboro,jatiroto n PG gending q sering liat alat ini d setiap lok diesel,tp q g foto cz terlalu fokus ma lok uapx.
n wkt q maen d PG gending,q liat secara lngsung lo da lori anjlok smpai penggunaan "sepatu" untuk menanganix,sayangx wkt tu q blm pny hp kamera jd q g bs mengabadikan momen itu.
maaf y........Xie Xie
sekedar info ja.
lok disel seri C pny keunikan lo pd rodanya,yaitu roda no 2 atau yg d tengah g punya bi2r.
liad bedanya:

gambar roda depan n belakang

Shot with at 2010-04-11

gmbar roda no 2 atau yg d tengah

Shot at 2010-04-11
ni bertujuan agar loko dpd melewati tikungan tajam.
ni foto rel portable milik PG jatiroto yg berfungsi agar lori dpt masuk k tengah sawah.

Shot with at 2010-04-20


Shot at 2010-04-20


Shot with at 2010-04-20

rel2 d atas d rawat dg baik dg cara d beri oli untuk meng hindari korosi atau karat
stelah mblusukan selesai y gini.
y maklumlah q kan penggila lori he.......3X

Shot at 2010-04-20


Shot with at 2010-04-20


Shot at 2010-04-20


Shot with at 2010-04-20


Shot with at 2010-04-20
wow, mantab mas blusukannya. jdi tau nih keadaannya lori pg djatiroto yg sekarang. mo sekedar nambahin mas Robby, lok diesel yg dibilang BB itu gandarnya hanya 4wD saja mas, kalo BB tu ada 2 pasang gandar B yg dipisah. trus kalo lok diesel C yg rodanya tdk memakai flens, tdk hanya lok diesel saja yg punya, lok uap pun juga punya 'n chusus utk lok yg dibutuhkan di tikungan tajam, contohnya C 14 MAX milik pg sragi yg sekarang hijrah ke inggris. tapi pokoknya mantab abiz liputannya, salut deh ... Top Banget



SUMBER:
mas hamdi... nanti kalau ada kesempatan, photo "sepatu" yg buat balikin lori ke rel-nya lagi... penasaran euy...