Semboyan35 Indonesian Railfans

Full Version: Mblusuk Jalur Lori jaman Belanda
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
hae smua, siapa yg tau ttg Statfold Barn Railway di inggris, yg punya 2 loko dari Sragi (B 1 dan C 14 'MAX'), 2 loko dari Pakis Baru (B 1 dan BB 5), 1 lok milik Trangkil (B 4, lok terahir buatan hunslet) ama 2 mallet buatan Arnold Jung (BB 5 TJEPPER dan BB 9 SF DJATIBARANG)?

Semuanya ada di sini:
"Sumber Berita"

o iya, thx mas plano. ngumung2 indonesia bisa punya kyk gitu nggak ya?

Itu kan punya Indonesia yang dibeli Ngakak
Pertanyaannya salah mungkin. Pertanyaannya harusnya gini mungkin...Bisa gak ya Indonesia mempreservasi dan merawat lok uap kayak gitu??
inginnya sih bgitu, tapi krna bru capek jdi g karuan tulisannya

Ngikik
Sebenernya Indonesia bisa koq..asal mau peduli terhadap sejarah...tak mengenal peribahasa 'habis manis sepah dibuang'...dan bisa memanage dengan baik..baik dalam hal perawatan, dana, dan lain2...pasti sepur2 lori sekarang masih berfungsi dengan baik dan bagus tentunya...
ok deh, muga2 sepur lori tetap jaya ... eh, kabar lori wisata pg gondang gimana tuh? sdikit koreksi ea, pg gondang dari dulu tdk punya lok mallet, kecuali BB 5 dari pg ceper baru yg bangkrut trus dikasih ke gondang (skrg ada di inggris). trus yg dimonumenkan itu adl B 2, juga loko pg ceper baru tapi gandarnya 0-4-0T (OK 687/1901). terakhir pg gondang mendapatkan lok D 8 dari pg rendeng yg sekarang dipersiapkan utk lori wisata
PG yang udah gak beroperasi PG mana aja yah? Bingung
ada banyak mas dhafin, contohnya pg kadhipaten majalengka, pg djatiwangi majalengka (deket ama kadhipaten), pg gempol palimanan, pg ketanggungan barat, pg bandjaratma brebes, pg kalibagor sokaraja, pg tjomal baru-sragi (dipo lokonya buat sub-dipo pg sragi), pg ceper baru, pg tjolomadoe karanganyar ama pg de maas besuki. rata2 tutup karena kehabisan stok tebu atau biaya produksi sama perawatan mesin tdk sebanding ama penerimaan pg, jadi ditutup aja. blum lagi tuh ada ratusan pg yang ditutup pada era revolusi oleh pemerintah pendudukan jepang dan selama perang kemerdekaan, contohnya pg kedhaton pleret di bantul yg tutup karena dirusak oleh penduduk agar tdk dijadikan markas tentara belanda, sekitar 1945-1950an lah. trus lokomotif uapnya kalo enggak hijrah ke pg laen, ya ... dirucat aja.

Hoo, gitu yah..Makasih infonya om Playboy