Semboyan35 Indonesian Railfans

Full Version: Mblusuk Jalur Lori jaman Belanda
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.

nomor ane udah ada di signature ane kang..... Xie Xie

eks persilangan rel lori dan spoor di kedinding statspoorwagen



[/quote][/quote][/quote]

Waaaahhh!!!, tuh gardu post nemu dimana ya? Ane mblusukan jalur SS Tram tapi kok ga nemu itu?

Ngomong2 ane lebih setuju sama mas denbagoes. Itu kemungkinan tempat unloading tebu2 atau tempat ngendonnya lori jaman dulu ketika mengantri masuk emplasemen PG Gempolkerep. Mas phache, dari hasil blusukan ane, desa Djabon memang lokasinya 1 petak sebelum desa Gempolkerep. Di Djabon juga mestinya ada halte, tapi kondisinya sudah hancur tak berbekas sekarang. Disitu juga pernah dilewati jalur trem, yaitu SS Tram dari Krian dan menjadi satu dengan jalur BDSM di Ploso. Lokasinya yang mas phache maksud mungkin Kali Porong (Kali Brantas) di daerah Gempolkerep. Dan disitu sudah jelas tertulis SF Gempolkerep, yang berarti punyanya PG Gempolkerep. Dan biasanya hal2 yang berkaitan dengan PG (halte, emplasemen KA, emplasemen lori, dll.), lokasinya ga bakal jauh dari PG itu sendiri SF = Suikerfabriek = Bahasa Belandanya Pabrik Gula. Bye Bye

[/quote][/quote]

O ya? Bekas jembatan dimananya mas phache? Bingung Kebetulan rumah ane juga di Surabaya, dan ane sudah mblusuk jalur2 decauville eks Sf. Waroe, dan hasilnya ane tidak menemukan satu bekas pun. Untuk sekedar catatan, Sf. Waroe itu bangkrut sekitar tahun 1935an dan kemudian berubah menjadi Rf. (Rubberfabriek = Pabrik Kulit) Waroe. Pasca merdeka jamannya Pak Harto, lokasinya sempat menjadi Pabrik Soda. Jalur2 decauvillenya yang via Brebek terus belok kearah Kutisari dan satu lagi yang via Siwalankerto dan berakhir di Jemursari sudah hilang tak berbekas. Semua jalur2nya sudah berubah menjadi kampung dan perumahan2 baru. Katanya teman ane sih jalur decauvillenya juga ada yang masuk Univ. Kristen Petra, tapi ane masih tunggu laporan dari dia nih yang kerja didekat situ.

mas adit, jalur2 decauville milik sf-sf di jombang itu pakai gauge berapa ya? kayak di cukir atau djombang baru diatas.

kalau ada peta2 djadoel jaringan decauville di jombang boleh digelar disini.
hmmm untuk jalur lori waru apakah sampai brebek????
Ada yg tahu tentang jalur lori ke tambang mangaan di kliripan, peg menoreh yg memulai jalurnya dr eks sta pakualaman di wilayah daop 6 yk ga...???

Jalur lori tersebut tidak hanya sampai di Kliripan namun hingga lebih ke utara lagi yaitu di Kembang. Beberapa tahun yang lalu saya pernah menelusuri jalur tersebut dengan dipandu salah satu bekas pegawai tambang (Eyang Marwoto, warga Krengseng). Penelusuran dimulai dari kembang (lokasi tambang) ke selatan melewati Anjir (masih ada terowongan lorinya) penggung kemudian berhenti sejenak di Kliripan. di lokasi ini pemandu saya menunjukan bekas perkantoran tambang, rumah dinas, tempat parkir lori serta bekas bangunan lain. Penelusuran berakhir di utara bekas stasiun pakualaman, di lokasi tersebut ada kolam besar dahulunya untuk pencucian dan tanah disekeliling kolam tersebut terlihat masih hitam.
Mas againdi...kl boleh tahu itu jalur lorinya pakai gauge berapa? Gauge 1067 atau gauge yg lebih kecil mas...

Waaaahh, kalo peta decauville2 se-Jombang digeber semua disini, postingannya bakalan panjang mas, soalnya tuh peta gede banget. Gini aja, mending mas ady klik di link aja deh. Gede sih memang, dan butuh jaringan internet agak cepat. Tapi bisa kok beberapa potongan petanya di print screen. Di peta ini juga lengkap jaringan decauville2nya.

[/quote]

Naaaahh, minta foto2nya donk mas againdi. Xie Xie

nuwun mas adit. wah berat bgt linknya. tapi lumayan lengkap tentang jalur2 decauvillenya.


ini informasi yang sangat berharga. jika ada bukti2 otentik seperti foto2, sudah selayaknya dapat cendol... Xie Xie

nuwun mas adit. wah berat bgt linknya. tapi lumayan lengkap tentang jalur2 decauvillenya.


ini informasi yang sangat berharga. jika ada bukti2 otentik seperti foto2, sudah selayaknya dapat cendol... Xie Xie
[/quote]


Pinginnya dapet cendol, sayang sudah belajar cara kirim gambar gagal terussss. Coba saudara telusuri di koleksi tropenmuseum belanda ada koleksi photo sewaktu lori keluar terowongan berikut perkantoran tambang. Sedangkan kalau photo kondisi saat ini terowongan menyedihkan ada beberapa yang sudah ditutup. Mungkin melaLUI link berikut mengobati sedikit rasa penasaran. Bila menginginkan photo lain bisa japri atau saya ajak langsung kesana. Berikut link saya (buruan bentar lagi ditutup)