Semboyan35 Indonesian Railfans

Full Version: Mblusuk Jalur Lori jaman Belanda
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Kalau dihitung2 jalur lori di jawa itu lebih panjang dari pada jalur kereta Api, dan dahulu antar PG kelihatannya saling berhubungan satu sama lainnya , akan tetapi kebenarannya masih perlu pembuktian. Hal ini dikarenakan bekas jalur2 sudah jadi jalan serta perumahan dus ditambah peta lama yang belum ditemukan..sampai sekarang mbah Google belum ngasih jawaban, mungkin rekan yang lain bisa blusukan kelorong waktu dengan time tunel-nya mbahe Google atau dokumen masa Londo dahulu.

bener mas, dulu jalur kereta lintas utara dibangun bertujuan untuk ke pabrik-pabrik gula tersebut bukan diutamakan untuk penumpang..
Kalau kita liat di kudus dan pati dulu banyak jalur lori tapi gak nyambung dengan pg di jawa lainnya tapi PG di kudus sama pati malah rel kereta 1067 yg masuk PG nya wat ngangkut TETES nya ini bisa di jumpai sekitar tahun 80an. kalau rel ka ini masuk PG KUDUS dan pati dan ditarik loko D310
@kang semut.mas asep.memang betul dari awal jalur Kereta dan lori hanya untuk ngangkut hasil produksi dan hasil bumi, tambahan PG.Ceper dan PG.Colomadu ditutup tahun 1997 tidak majalah..hanya kemana loc mallet yang jumlahnya puluhan sekarang bersembunyi. kalau di PG.Gondang loc uap yang rusak masih ada di dipo..dan sebagian masuk musiumnya.Kemarin mau minta ijin belum dibolehkan karena masih ada pekerjaan Overhaule..apa gitu.

Memang pabrik gula di Jawa banyak memiliki ikatan satu sama lain. PT Perkebunan Nusantara memiliki banyak Pabrik Gula di Jawa. PG Kebonagung di Malang (Jatim) memiliki anak perusahaan PG Trangkil di Pati (Jateng). Dulu pada jaman Kolonial, Taipan Oei Tiong Ham dari Semarang merupakan raja gula di Asia. PG Krebet di Malang adalah peninggalan Oei Tiong Ham. Barangkali ada rekan-rekan yang bisa menambahkan.

Salam Spoor,

Memang Mas. Dua Pabrik Gula dalam satu kota belum tentu saling berkait. PG Trangkil di Pati malah merupakan anak perusahaan PG Kebonagung di Malang. PG Krebet dan PG Kebonagung yang sama-sama berada di Malang malah tidak memiliki keterkaitan satu sama lain. Jalur lori dua pabrik itu dulu hanya terpisah 200 an namun tak saling terhubung.

Salam Spoor,
rel lori yang di malang kalo saya liat lebar jembatannya kecil banget ya. mepet banget antara halaman rumah warga dengan pagar jembatan jalan raya yg lokasinya dekat dengan Pabrik Gulanya.
@ mas toto: ya betul karena PG yang ada itu berlainan perusahaan- nya dan kalau yang satu perusahaan katanya saling berhubungan, ini biasanya perusahaan walandi yang punya.
@ mas haris : kalu yang mepet rumah penduduknya itu berarti bangunan baru yang nylonong ke jalur lorinya.

Nah kalau yang ini saya juga pernah lihat. Posisinya di sebelah barat tol, dan kalau naik mobil dari Malang ke Surabaya kelihatan sekali di pinggir jalan tol.
Kereta Lori adalah cikal bakalnya kereta Besar yang ada sekarang.
Untuk referensi yang mengoperasikan lori di Pabrik2 Gula antara lain:
1.PT.RAJAWALI II Jawa Barat Cirebon area.
Pabrik Gula (PG): Kadipaten, Jatiwangi, Gempol, Sindanglaut, Tersana Baru,
dan Ketanggungan Barat.
2.PTPN IX Jawa Tengah bagian Utara.
Pabrik Gula (PG): Banjaratama, Jatibarang, Pangka, Sumberharjo, Cepiring,
dan Sragi.
3.PTPN IX Jawa Tengah bagian Selatan.
Pabrik Gula (PG): Kalibogor , Gondang Baru, Ceper, Colomadu, Tasik Madu
dan Mojo.
4.PTPN XI Jawa Timur Madiun area.
Pabrik Gula(PG): Sudono, Purwodadi, Rejosari, Pagotan, dan Kanigoro.
5.PTPN X Jawa Timur Kediri area.
Pabrik Gula (PG): Lestari, Merican, Pesantren, Ngadirejo & Mojopanggung.
6.PTPN X Jawa Timur Mojokerto area.
Pabrik Gula(PG): Cukir, Jombang, Gembongkerep, Krian, Watutulis,
Tulangan dan Krembung.
7.PTPN XI Jwa Timur Probolinggo area.
Pabrik Gula (PG): Kedawung, Wonolangan, Gending, Pajarakan, Jatiroto
dan Semboro.
8.PTPN XI Jawa Timur Situbondo area.
Pabrik Gula (PG): De mas, Wringin anom, Olehan, Prajekan, Panji dan
Asem Bagus.
9.PG yang lain di bawah PTPN mana ini.
Pabrik Gula (PG): Madukismo, Pakisbaru, Trangkil, Rejoagung, Candi,
Kebonagung dan Krebet.
Ternyata lebar sepur juga berlainan ada 3 macam: 750mm, 700mm dan
600mm, bisa dibayangkan seandainya satu PG mempunyai 10 loc uap dan coba kalikan dengan jumlah PG so pasti hampir sama jumlah loc Kereta Api yang dimiliki sama SS tempoe doeloe.
Apabila ada PG yang sebutannya salah atau kurang mohon di maklum.
sepertinya di dalam komplek perumahan jl.tapaksiring 4 daerah malang dekat Universitas Brawijaya ada jembatan lori yg melintas di atas jalan dan sungai melewati masjid besar, itu PG nya dimana ya?
Bingung