Semboyan35 Indonesian Railfans

Full Version: Mblusuk Jalur Lori jaman Belanda
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Tipe loko d prajeken tsbt sama dgn no 7 milik kebonagung.kalo g slh d prajeken malah py 3 buah seri E. Oia skdr info loko d semboro mampu menarik grbg lori tebu panjang krn d sn grbg menggunakan roller bearing.bgt ringan sampe 2-3 org sanggup dorong.lain hal nya d prajeken dan kbnagung,meski loko gede2 tp sy pribadi blm pnh ngliat lok henscel maupun Ok mampu menarik grbg d atas 30.krn medan yg tdk rata,maka grbg tdk d lengkapi roller bearing.shg perbndingan kekuatan lok d semboro dan lain nya tdk fair.
Salam Sepor Semua, & makasih banget buat Mas Lori & Mas Hamdi yang sudah banyak bantu ...
Lebaran kemaren Q ke PG. Asembagoes sekalian berkunjung kerumah sodara
Berikut beberapa oleh2 gbrx...

Dimulai dari cerobong asap kuno yang menjulang tinggi

By at 2010-10-06

Tgl 15 Agust Q ambil fotox. meang Pabrik belum giling, tp aktifitas tebu masuk PG. sudah terlihat sibuk walau hanya lewat truck saja..
berikut pintu masuk PG. hanya ada 1 Pintu gerbang, maklum pabrikx gak begitu besar bila dibanding dgn PG. Jatiroto ato PG. Semboro, tapi jangan salah.... hasil kwantitas gulanya bisa dibilang bersaing dgn PG2 besar ex belanda laen...

By at 2010-10-06

Selain hanya ada 1 pintu masuk, Juga hanya ada 1 akses keluar Lori dari Pabrik ..

By at 2010-10-06

dari seberang jalan...

By at 2010-10-06
Karena aktifitas PG belum normal, PG. masih mengoperasikan 4 loko dieselnya...
Diesel2 tsb sibuk nglangsir lori dari crane ke Emplasemen...

berikut Diesel (6)

By at 2010-10-06

Diesel (2) dengan bacground crane yang ok. Pemandangan yang indah...

By at 2010-10-06

Di PG. Asembagoes punya 2 crane yang masih aktiv

Diesel (7) sedang beristirahat disela2 tugasnya..

By at 2010-10-06

dan ini (12) sedang nyontok lori..

By at 2010-10-06
Lebih dekat ... .

By at 2010-10-06


By at 2010-10-06


By at 2010-10-06

Lok Diesel disini typex sama seperti punya PG. Pradjekan yang pernah dipostkan Mas Hamdi. Berbeda dengan Diesel PG. Jatiroto (ato yang serupa), panel kontrol menghadap ke masinis (masinis menghadap ke depan), sedangkan disini panel kontrol menghadap ke kanan(bila melihat loko dari depan) sehingga masinis lebih mudah memantau ke bagian depan ato belakang. Apakah ini asli ato modifikasi? ada yang bisa bantu?... .. .

Uniknya, biasanya di tiap PG. ada monumen Kereta uap sbg icon, tp di PG. Asembagoes memakai Traktor ini..

By at 2010-10-06
Baru2 ini Q jg sempat maen ke PG. Kebon Agung..
Disini sudah tak ada kegiatan lori, rel diluar area Pabrikpun sudah banyak yang dicopot ato tertimbun (bisa dikatakan ditimbun)
mungkin bisa sedikit menjawab pertanyaan Mas Valensia...

berikut picx...
Loko Uap yang terakhir dinas adalah Lok (4) & (5), q kurang tau kapan pastinya loko ini pensiun..

By at 2010-10-06
menurut informasi, PG. KebonAgung pernah membuat proyek wisata dengan naek lok uap & gerbong, tp minim peminat..

Lok disini memang tergolong besar2..
Lok (4)

By at 2010-10-06

Lok (5)

By at 2010-10-06

Sungguh memprihatinkan kondisi Loko2 uap ini di rucat dan tak ada pelindung dari hujan & panas
Sebenarnya perucatannya belum parah, kopel2x masih utuh terpasang

Keadaan Loko uap dlm dipo..
Loko (10)

By at 2010-10-06

Ini Lok OK
Disini tertulis "SERUJI/BERLIN? - SOERABAYA - SEMARANG"
maaf lw salah penulisan krn catx sudah pudar. mungkin ada yg bisa menjelaskan maksudya?...

By at 2010-10-06

Ini Lok (6) yang videox byk dijumpai diyoutube

By at 2010-10-06

& 1 lg lok uapx (9)

By at 2010-10-06

Lok (7) dimonumenkan di depan Pabrik...
Pic2 laen menyusul ya...
buat mas sepur lori dan mas eko winarno terimakasih bnyk! lburan mendatang saya mau ke sana! Xie Xie

@sepur lori: ada yg bilang relnya ke gudang tebu (saya tidak tahu dimana letaknya), ada yg bilang ke PG Madukismo-lah, mbingungi...bsk lburan mendatang saya jg mau mblusuk di sekitar sana sambil nanya2 pnduduk sekitar...atau tanya sama mbahku (dulu ada salah satu mbahku yg jadi mandor tebu di jalur lori yang saya share di paling awal threat ini)

bagi para RF...kalo ada yg tahu tentang rel-rel lori, bangunan PG, gudang tebu atau semacamnya di daerah imogiri tolong di share...mohon pencerahannya...Xie Xie
muantap jaya laporan lorix...................
q bener2 puas lo gini.
biar kita g kalah n malu sama pakde rob he.....5x

oia ini q upload lg persimpangan rel lori dg rel KA d daerah pasuruan tepatx rel lori milik PG.kedawung
dan kedua jalur ini(lori n KA) masih sama2 aktif lo..............
ini foto kiriman temenQ yg rumahx d pasuruan, tp fotox kecil n biar lebih puas tak tampilin yg banyak key????????
oia liat keunikan persilangan ini, rel KA g terputus sama sekali. jd bibir roda lori sempat menaiki rel KA.
jd amati baik2 y........................

persilangan tampak atas.









lebih dekat n detail lg.




















dan di dekat persilangan ini ada pos pengatur sinyal lengan untuk mengatur kereta yg lewat persilngan ini agar g terjadi kecelakaan.
tuasx seperti ini.




selamat menikmati n meneliti coz ini bener2 persilangan yg langka n masih aktif........................

sip...............fotox
bikin pengen bli hp yg kamerax bagus lo gini.
SedihSedihSedih
@ mas arif: loko buatan yashima emang seperti itu kabinx n bukan hasil rubahan sendiri.
menurut salah satu masinis lori yg pernah q tanyai, pG semboro jg punya 1 loko buatan yashima yaitu loko C 24 n PG jatiroto jg punya 1 tp q g tau nox.
saah satu kelebihan loko ini yaitu remx sudah pakai rem angin, klo yg buatan hokuriku masih manual remx.
n salah satu pembeda dg loko hokuriku adalah, loko buatan yashima ini g pakai pintu pada kabin masinisx.

@ValensiaE7 : emang gerbong lori PG semboro rata2 sudah pakai bearing, tp gerbong lori milik PG prajekan jg ada sebagian yg pakai bearing.coz kemaren waktu q kesana q lihat beberapa gerbong lorix sudah pakai bearing kok.
@ mas Hamdy ...perpotongan rel sangat antik sekali lain dengan yang normal habitat persilangan..ngeri iku..
Buat temen2 yg tahu info terkini PG Padjarakan ? ... .. .
@ Mas Hamdi: Thx pnjelasanx Mas, O iya.. Q br inget lw d PG Semboro Lok diesel (24) emang beda dg yg laen, lantai lokx jauh lbih tebal.. Lok Hokuriku ngeremx harus muter2 yg kyk setir mobil itu, dulu q kira itu untuk mbantu belokx lok hehe...Lw buatan Yashima ngeremx tinggal muter beberapa derajat ja tuas remx.
Lanjut lagi info dari PG Assembagoes...

ada persimpangan yg sayang untuk dilewatkan..

By at 2010-10-08

di depan adalah rumah lokox..

By at 2010-10-08

bagi yg takut ketinggian dilarang melamar pekerjaan sbg pengendali crane, hehehe..

By at 2010-10-08

mumpung ada di Assembagoes Q sempatin ke pelabuhan Jangkar..
tp Q gak sempat ambil gambar gudang gula ato jalur lori disana

By at 2010-10-08

Sunset..

By at 2010-10-08

sori, ada yg salah gambar. ini Yg q maksud 'depan' adl rumah lokox..

By at 2010-10-08

Info untuk Loko Uapnya..
Seperti yg temen2 RF tahu, PG Assembagus masih mengoperasikan Loko Uap (10) & (11)

By at 2010-10-08

kedua Loko uap ini menurut pegawai PG hanya dioperasikan lw Giling Pabrik udah normal (benar2 mendesak) & kunjungan turis, beda dg tahun2 lalu yang selalu rajin mondar-mandir. Q tanya2 lg Lok (10) mulai di jalankan 2 hari lg (waktu q kesana tgl 16 Sep)
Wah.. Jadi sdikit nyesel hanya bisa foto loko uap yg lg tidur ini..

By at 2010-10-08

tampak samping..

By at 2010-10-08

ngintip bagian bawah..

By at 2010-10-08


Bagian belakang ini Apa modifikasi ya?...
Cz kyk spt potongan lalu dilas dengan bagian yang beda

By at 2010-10-08

Lok (11) msh diperbaiki..

By at 2010-10-08

dicopoti..

By at 2010-10-07

!!!ADA YG UNIK DISINI...!!!
Roda bagian tengahnya rata, tak ada ring spt pada umumnya..

By at 2010-10-07


By at 2010-10-08

Out of Topic ʕ•́ᴥ•̀ʔっ
Sebenarnya memang resolusi VGA tidak layak untuk dokumentasi, tapi ga berarti jelek, asal diedit dulu. Cukup kontras dan brightnessnya saja. Kalo mau ganti hp, tak rekomendasikan beberapa seri hp yang ekonomis tapi ampuh kameranya. SonEr K750, W810 dan Nokia N70. Ketiganya punya resolusi 2 mpx, auto fokus, dan flash. Harga kisaran 500 ribuan (kadang ga sampai segitu). Nabung dulu ya...






Back on Topic


Satu²nya foto yang ada tentang lori (maaf, ga begitu hobby dengan narrow gauge).

Emplasemen PG Candi, SDA



Fotonya mencuri-curi kesempatan. Segera turun dari sepeda, jepret kamera sembunyi², dan segera beranjak dari situ. Kata Ahmad, rf Mojokerto yang menemani saya, satpam²nya galak, padahal nih pabrik ada di tepi jalan raya.

Hari gini motret kaya gitu saja masih pake acara dilarang ....