Semboyan35 Indonesian Railfans

Full Version: Mblusuk Jalur Lori jaman Belanda
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.

Loko yang E di PG.Prajekan tidak operasi lagi masalah boilernya ya mas Lori.??
[/quote]

Kayaknya nggak mas, dilihat dari luar sih tdk ada masalah apa2. Mungkin biaya perawatan yg mahal dan lok uap dipandang tidak efisien lagi sehingga lok uap dikandangkan dan tdk pernah berjalan lagi...
kemaren minggu q k PG semboro dengan adekQ untuk pastikan acara pakde rob, tp d bagian dipo lokomotifx kok bilang g ada?????
katax kepala mekanik disana, klo mau ada kunjungan bule mesti dipo lokomotif d beri tau 1 minggu sebelum acara.
mungkin ada yg bisa menjelaskan?atau acarax d undur?????

q juga dpt be2rapa foto, monggo d nikmati.
ini untuk menjawab pertanyaan mas eko kemaren

sambungan rel lori R 14 dengan R 25 tampak atas dan samping


Shot at 2010-07-26


Shot at 2010-07-26

kemudian ini lidah wesel yang membuat lok diesel B 26 anjlok.
meskipun ukuran relx R25 tapi wesel ini buatan sendiri, dan lidah weselx terbuat dari rel yg d potong sehingga tidak presisi waktu menempel pd rel utama. sehingga memungkinkan bibir roda gagal melewati lidah wesesl ini.


Shot at 2010-07-26


Shot at 2010-07-26


dan ini gambar sepatu lori untuk mengatasi lori anjlok.


Shot at 2010-07-26
emng PG Semboro d daerah mana? Bingung
trus wktu d dipo da lok C 7 mau ngisi solar sebelum berangkat k kebun.
n adekq pengen naik lori n akhirx ikut dech.....


Shot at 2010-07-26

dan q tanya2 gimana cara nyetir lok ini n ternyata gampang lo.....
tuas 1 (dari sebelah kiri) : untuk mengatur thortle/ gas
tuas 2 : untuk mengatur maju mundur,
*klo maju berarti lok berjalan maju
*klo d tengah berarti lok diam
*klo mundur berarti lok berjalan mundur
tuas 3 : untuk mengatur percepatan, n lok ini cuma mempunyai 2 percepatan.
tuas 4 : sama dengan tuas 1 (untuk mengatur thortle/ gas). tuas ini diperuntukkan untuk pembantu masinis jika masinis kecapekan


Shot at 2010-07-26

sampai d setasiun pengisian bahan bakar, q ktemu lok C 9 yang udah lebih dulu mengisi bahan bakar. jd antri dech......


Shot at 2010-07-26

lalu lok C 7 saat mengisi bahan bakar.


Shot at 2010-07-26


Shot at 2010-07-26

PG semboro itu d daerah jember-jatim.

lanjut lg y?

setelah ngisi bahan bakar, kedua lok ini mundur lagi menuju emplasemen.


Shot at 2010-07-26

oia ini q dapat foto sambungan rel lori dengan penambahan rel d tengah sambungan yg renggang.
klo melihat bautx cuma 4 n gara2 penambahan ini, rel utamax cuma terkait oleh 1 baut. ini juga beresiko anjlok apa g y......?



n sebelum pulang q ngikuti lok C 9 brangkat k kebun.
lok C 9 melewati PJL



lok C 9 melewati jembatan.

sambungan lori dengan penambahan rel ditengah biasanya jarang dipakai karena pada saat cuaca dingin kerenggangan rel akan bertambah sehingga menyebabkan roda anjlok. dulu di lahan PG Kebonagung pernah lihat rel seperti itu, namun dicabut tidak lama setelah dipasang, sepertinya tidak tahan lama....

klo d PG semboro udah lama sambungan kayak gini ada n g ada yg d ganti.
mungkin karna biaya coz klo d ganti, udah pasti d ganti dg rel yg lebih panjang sedikit. dan harga rel yg mahal.
munkin karena itu sambungan rel seperti ini d biarin aja.

klo d PG semboro udah lama sambungan kayak gini ada n g ada yg d ganti.
mungkin karna biaya coz klo d ganti, udah pasti d ganti dg rel yg lebih panjang sedikit. dan harga rel yg mahal.
munkin karena itu sambungan rel seperti ini d biarin aja.
[/quote]


Kalau taspat cuma 20 km/jam dengan sambungan seperti itu tidak masalah asal penjepit bautnya kuat tidak goyang.Xie Xie

klo d PG semboro udah lama sambungan kayak gini ada n g ada yg d ganti.
mungkin karna biaya coz klo d ganti, udah pasti d ganti dg rel yg lebih panjang sedikit. dan harga rel yg mahal.
munkin karena itu sambungan rel seperti ini d biarin aja.
[/quote]

Mungkin jga faktor karena rel lori itu bukan rel sepur yg umum jadi bisa diakali pakai apapun misalnya rel renggang yg ditambahi potongan rel spt diatas. Soal anjlokan lok di atas wesel Semboro, di Tersana Baru dan Pangka jika lidah wesel belum melekat ama rel-nya maka lidah wesel-nya diinjak atau diangkat agar bisa menempel dan loko bisa melewatinya.

Oya mas Hamdi udh njajal ke Pradjekan ama Asembagus belum?

klo d PG semboro udah lama sambungan kayak gini ada n g ada yg d ganti.
mungkin karna biaya coz klo d ganti, udah pasti d ganti dg rel yg lebih panjang sedikit. dan harga rel yg mahal.
munkin karena itu sambungan rel seperti ini d biarin aja.
[/quote]

Mungkin jga faktor karena rel lori itu bukan rel sepur yg umum jadi bisa diakali pakai apapun misalnya rel renggang yg ditambahi potongan rel spt diatas. Soal anjlokan lok di atas wesel Semboro, di Tersana Baru dan Pangka jika lidah wesel belum melekat ama rel-nya maka lidah wesel-nya diinjak atau diangkat agar bisa menempel dan loko bisa melewatinya.

Oya mas Hamdi udh njajal ke Pradjekan ama Asembagus belum?
[/quote]

belum mas lori tp rencana sudah ada.
n temenQ jg udah tak hubungi.
n dia siap jd pintu masuk cz kluargax (termasuk bapakx) banyak yg kerja d PG prajekan.
tinggal tunggu hari aja mas coz sekarang pikiranku lg fokus sama seminar hasil n liad lok BB 15 semboro lagi jalan waktu ada rombonganx pakde rob.
BB 205 dari PG Meritjan, satu2-nya lok mallet yg masih dinas menarik lori di dunia