Semboyan35 Indonesian Railfans

Full Version: Mblusuk Jalur Lori jaman Belanda
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.

Wah baru tahu ternyata juga ada surat dinas masinisnya ya..meskipun seadanya.
[/quote]

Namanya aja juga spoor tebu mas, jadi surat dinasnya juga seadanya hehehe. PG Gondang Baru gimana nih udh mulai giling belum mas Eko? Tadi siang wkt pulang beli sepatu liat ada iring2-an truk ngangkut tebu, kayaknya buat pasokan PG Tasikmadu ...
[/quote]

@ mas2ku semua :impormasi mengenai PG. Gondang Baru, sekarang masih giling, sudah mulai sekitar 2 bulan yang lalu, tapi pas saya mblusuk kesana kemaren, mesin gilingnya masih berhenti dikarenakan pasokan tebu yang belum penuh, jadi karyawan pada nganggur nungguin mesin2nya dan sekarang pas rame-ramenya giling....Xie Xie
kmrn sabtu adekq pulng dari pondok tapi cuma 3 jam n waktu tak tawari maen2 k PG diya langsung semangat.

karna waktu yang sempit n jarak tempuh agak jauh k jatiroto jd dapetx foto seadax.
n lagi adekq pengenx liat lori waktu jalan jd muter2 d luar pabrik.

ni sedikit da info baru.

asap dari cerobong pabrik yang sangat gelap



oia PG jatiroto juga punya pabrik alkohol d sebelahx lo.......




d luar pabrik q nemuin turn table mini yg sudah di cabut


Shot at 2010-07-19


dan ternyata PG jatiroto punya kereta inspeksi yg buanyak. kira2 jumlahnya 10 lebih n kondisix masih bagus2 n di cat putih.


Shot at 2010-07-19


Shot at 2010-07-19
waktu masuk di dalam pabrik cuma sbentar coz di dalam pabrik cuma liad lok B 02 buatan schoema lagi lansir.




Shot at 2010-07-19

dan lok C 30 juga lagi langsir.


Shot at 2010-07-19


dan yg terakhir waktu jalan d sekitar kebun dapet 6 lok C berangkat k kebun untuk menjemput lori.
tapi yang kena foto cuma ini.


Shot at 2010-07-19

lok terakhir yang lewat jalur 2 terhambat dan berhenti sebentar coz lagi ada perbaikan rel yang rusak


Shot at 2010-07-19
oia d PG jatiroto juga ada bantalan beton yang belum tepasang, kalau gak salah jumlahnya cuma 10 dan bentuk bantalanx sama persis dg yang ada di PG semboro.


Shot at 2010-07-19

maaf kalau info cuma sedikit coz d jatiroto cuma 1 jam dan tujuanx cuma liad loko yang lagi jalan.
jadi gak sempat tanya2 n gali info lebih detailSakitSakitSakit
Pro mas Robby : reques bila ada waktu tolong di upload jalur lori yang menggunakan rel R.25 ya.??
Xie Xie

Cuma sekedar nambahin aja buat pabrik alkohol dan spiritus itu sdh ada lama semenjak PG Djatiroto didirikan, trus turntable cilik itu biasanya buat memutar gerbong lempung dan gerbong troli pengangkut pasir2 gula dari dalem tempat pengepakan utk selanjutnya dinaikkan ke dlm truk/sepur gula (bagi yg masih dijalankan) dan kemudian diberangkatkan ke daerah2. Turntable cilik ini contohnya terdapat di Jatibarang, Olean dan Panji.

Bagusnya kalo lori inspeksi di PG Jatiroto itu dijalankan buat wahana agrowisata kayak di Tasikmadu itu, wah pasti manteb banget 'n banyak anak2 yg suka.

Instalasi pengolahan alkohol dan spiritus milik N.V. Pure Cane Molasses Company Java di PG Djatiroto, tahun 1925


Perhatikan ada gerbong ketelnya lho, sepertinya ber-gauge 1067mm

@mas eko: reques d trima.mngkn bsk sy mau k puger n mungkin mampir k PG.semboro
ntar tak crikan rel yg pke R25 klo sempt he.....3x

@mas lori: tu mang sepur 1067 cz bekas relx msh da dari PG JATIROTO menuju pbrik alkohol.
kalau g salah,prcabangnx pas d depan garasi loko 1067.
Out of Topic ʕ•́ᴥ•̀ʔっ
Banyaknya PG yang menghidupkan lok uap dibanding lok uap KAI sendiri memunculkan rasa iri saya. Jika selama ini PG punya alasan yang sama (profit dan preservasi), kenapa KAI -yang selama ini didengung²kan selalu merugi-, tak menghidupkan saja lok² uap dan jalur² mati yang ada. Alasan² teknis yang ada seharusnya tak dibuat untuk menutupi ketiadaan kebijakan KAI tentang ini.

Rombongan Om Rob Dickinson tahun ini saja tour lagi (22-31 Juli ke ABR, Jaladara dan PG² daerah Situbondo), setelah tahun kemarin sempat absen. Belum lagi 2 rombongan serupa, satu diantaranya sudah selesai Juni lalu. Pemasukan kecil, tapi jika diseriusi bisa menjadi besar.







Keberhasilan PG Madukismo, Pangka, Semboro, dll memantik usaha serupa di PG² yang lain. Yang saya dapatkan infonya, beberapa PG membangun rel lingkar pabrik untuk wisata. Selain menambah pendapatan, juga untuk menjaga assetnya. Kita lihat saja berapa PG lagi yang akan mewujudkan lori wisatanya..


@ cak Wafa : Memang betul pemasukan lori hanya pada waktu giling saja dan ternyata bisa menghidupkan loko uap yang telah mati suatu prestasi buat PTPN Indonesia dalam melestarikan serta memaksimalkan aset yang ada, bahkan bantalan rel pun ada yang memakai beton.


@ cak Wafa : Memang betul pemasukan lori hanya pada waktu giling saja dan ternyata bisa menghidupkan loko uap yang telah mati suatu prestasi buat PTPN Indonesia dalam melestarikan serta memaksimalkan aset yang ada, bahkan bantalan rel pun ada yang memakai beton.
[/quote]

betul..betul...betul........
kenapa ya PT. Kereta Api Indonesia (Persero) g iri2 juga???
apa udah mati rasa?
pdhal kalo lok uap CC di hidupkan lagi, pasti bener2 gagah dia dan bisa mengundang turis lokal & manca.Back on Topicck
ni hasil mblusukan kmrn minggu
pesenanx mas eko juga da kok???
dimulai dari luar pabrik y....??
jalur 2(yg kosong) menggunakan rel dg R25
jalur 1 terdapat lok C 11 lg bawa muatan,tapi mengalami kerusakan pada mesin sehingga berhenti.






trus q nunggu lama dsana berharap bisa liad lori DT.
dan akhirx keinginanQ terkabul, lok C 8 datang membantu dan akhirx q punya juga foto lok lori lagi DT.





kalo yg ini pesenanx mas eko, wesel dg rel R 25




untuk tambahan aja, q nemuin ini d lokasi tebang di belakang pabrik.

jembatan ini portabel lo....



dan ini wesl portabel saat d pasang d rel utama.
setelah tebang tebu d lokasi itu selesai,wesel ini d lepas. jd rel utamax lurus lg.

oia tambahan lg, terutama buat mas eko.
rel R 25 tu biasanya d pasang d lokasi yg rawan terjadi lori anjlok dan d beberapa tikungan.
dan ni foto rel d tikungan, pd sisi luar menggunakan R 25 dan sisi dalam tetap menggunakan R 14.




Shot at 2010-07-21


dan ini foto R25 yg lain d dalam pabrik.




Shot at 2010-07-21

gmn mas eko?dah cukup kan?
kalo pengen lebih jelas lg, y maen2 k jember oke........Xie Xie
sekarang kita masuk kedalam pabrik.
tepatx d depan mesin giling.

pada gapuro pabrik terdapat tahun berdirix pabrik 1928


Shot at 2010-07-21

oia PG semboro mempunyai 2 mesin giling lo.......
pd awalx PG semboro cuma punya 1 mesin giling, tp pd tahun 70an ada penambahan 1mesin giling.
waktu q tanya2 dg pegawai disana, ternyata PG jatiroto cuma mempunyai 1 mesin giling tetapi kapasitasx super besar.
kata pegawaix PG semboro, kapasitas 2 mesin giling PG semboro masih kalah sedikit dg kapasitas 1 mesin giling PG jatiroto.

sebelah kanan (yg da tulisan PG semboro) adalah mesin giling 1
dan sebelah kiri adalah mesin giling 2


mesin giling 1 lagi sibuk melayani truk2.








mesin giling 2 juga gak kalah sibuk dengan mesin giling 1





tampak 2 crane yg siap melayani pd mesin giling 2




d depan mesin giling da 2 lok C lg nyantai setelah tugas bawa lori tebu, dan sorex mereka harus k lahan lg ambil sisa muatan tebu.



d bagian belakang mesin giling, terlihat sudah ada renovasi sehingga pabrik g kelihatan jadul lg.






semakin k belakang, tepatx d emplasemen lori.
da gerbong lori yg penuh muatan tebu menunggu malam tiba untuk bongkar muatan.
@ mas eko: ini jg pesenanx mas eko rel R 25




Shot at 2010-07-21
waktu lagi nyantai d emplasemen lori n smbil liatin lok mondar mandir untuk langsir n persiapan berngkat lg k lahan, lok B 26 yg baru beli n baru dinas musim giling ini, udah ngerasain anjlok setelah bibir roda gagal pindah jalur saat melewati wesel. padahal weselx udah pke R 25


Shot at 2010-07-21


Shot at 2010-07-21

kemudian lok C 8 membawa gerbong berwarna orange dg no 02.
ternyata gebong 02 ini membawa bermacam2 alat untuk penanganan jika terjadi anjlok pd lori. dan yg penah q temui 2 gerbong sprt ni d Pg semboro yaitu no 01 dan 02.



oia setelah Q tnya2 pd pegawaix, sepatu lori hanya bisa digunakan untuk lori yg anjlok pd jalur yg lurus. untuk anjlok d tikungan n d wesel menggunakan cara ini.

bagian depan n belakng loko d dongkrak hingga tinggi rodax melebihi rel n kemudian d beri balok kayu untuk mengganjal




kemudian dongkrak d posisikan miring untuk menggeser loko hingga lurus d atas rel.







akhirx roda lok B 26 kembali d atas rel



setelah itu q ikut naik lok B 26 ni ambil pasir untuk persiapan k lahan,tp q du2kx d gerbong lorix, enak lo naek lori tp sedikit berguncang cz g da peredamx.
dan q turun saat dia pindah jalur menuju k lahan.


Shot at 2010-07-21