Semboyan35 Indonesian Railfans

Full Version: Mblusuk Jalur Lori jaman Belanda
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.

Lok C 6 itu buatan Arnold Jung Lokomotivfabrik dan bergandar 0-6-0 mas. Ia bersama saudaranya C 2 (sayang sdh rusak) berdinas di PG Sudhono utk menarik lori tebu sblm digantikan oleh loko diesel pd TP 2002/2003

Foto saudaranya, C 2:




[/quote]


Wah mantep iki bila bisa di hidupkan lagi...menambah haritage.

Wah mantep iki bila bisa di hidupkan lagi...menambah haritage.
[/quote]

Iya mas, sebenarnya ada 1 lagi dari keluarga lok C buatan Jung di PG Sudhono yaitu C 9 tapi sdh lama dirucat Sedih Yah semoga saja bisa dioperasikan karena menambah jumlah lok uap yg berhasil bangun dari tidurnya di Indonesia ...

Oya kalo di PG Modjo Sragen itu betul mas cuma berseberangan dengan sta. Sragen, hanya dpisahkan oleh emplasemen, gudang semen dan tembok pabrik setelah itu masuk areal PG Modjo. Saya lihat di Wikimapia keadaannya begitu. Tapi tdk ada lok uap disana, semua dilayani oleh traktor.

Wah mantep iki bila bisa di hidupkan lagi...menambah haritage.
[/quote]

Iya mas, sebenarnya ada 1 lagi dari keluarga lok C buatan Jung di PG Sudhono yaitu C 9 tapi sdh lama dirucat Sedih Yah semoga saja bisa dioperasikan karena menambah jumlah lok uap yg berhasil bangun dari tidurnya di Indonesia ...

Oya kalo di PG Modjo Sragen itu betul mas cuma berseberangan dengan sta. Sragen, hanya dpisahkan oleh emplasemen, gudang semen dan tembok pabrik setelah itu masuk areal PG Modjo. Saya lihat di Wikimapia keadaannya begitu. Tapi tdk ada lok uap disana, semua dilayani oleh traktor.
[/quote]


Dahulu di PG.Modjo di tarik sapi kalau dari lahan, heran kok tidak pakai loko diesel ya..


Dahulu di PG.Modjo di tarik sapi kalau dari lahan, heran kok tidak pakai loko diesel ya..


[/quote]

Mungkin karena alasan peri-kehewanan maka sapi tdk dipakai lagi. Juga karena skrg sudah modern jadi tenaga sapi kini diganti dengan traktor itu mas, beda pabrik beda lagi adatnya.

Dahulu di PG.Modjo di tarik sapi kalau dari lahan, heran kok tidak pakai loko diesel ya..


[/quote]

Mungkin karena alasan peri-kehewanan maka sapi tdk dipakai lagi. Juga karena skrg sudah modern jadi tenaga sapi kini diganti dengan traktor itu mas, beda pabrik beda lagi adatnya.
[/quote]


Padahal beli traktor sama beli loko diesel harganya kurang lebih saja, dan padahal kalau di bikin lori wisata so pasti akan ramai karena di sragen masih kurang sarana wisata dan arealnya sendiri cukup luas serta banyak pohon besar cocok untuk liburan akhir pekan keluarga naik lori.
Surat Dinas Untuk Sang Masinis Spoor Tebu... Bethe

maaf agak ngeblur.

Padahal beli traktor sama beli loko diesel harganya kurang lebih saja, dan padahal kalau di bikin lori wisata so pasti akan ramai karena di sragen masih kurang sarana wisata dan arealnya sendiri cukup luas serta banyak pohon besar cocok untuk liburan akhir pekan keluarga naik lori.
[/quote]

Bisa juga mas Eko, ane liat arealnya luas dan cukup rimbun. Tapi tergantung administraturnya mas diijinkan atau tidak.


Wah baru tahu ternyata juga ada surat dinas masinisnya ya..meskipun seadanya.

Wah baru tahu ternyata juga ada surat dinas masinisnya ya..meskipun seadanya.
[/quote]

Namanya aja juga spoor tebu mas, jadi surat dinasnya juga seadanya hehehe. PG Gondang Baru gimana nih udh mulai giling belum mas Eko? Tadi siang wkt pulang beli sepatu liat ada iring2-an truk ngangkut tebu, kayaknya buat pasokan PG Tasikmadu ...


Wah baru tahu ternyata juga ada surat dinas masinisnya ya..meskipun seadanya.
[/quote]
aku juga kaget pas dikasih liat, tertulis jelas...
"S6 (Loko Uap no 6) Tarnoto (nama masinis)
Menarik Lori Tebu dari kebun Si Kebo"
biasanya disebutkan berapa nari gotroxnya... Xie Xie