Semboyan35 Indonesian Railfans

Full Version: All About KA Kaligung
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.

sementara gw milih ini cz:
1.nyaman
2.bersih
3.tepat waktu larinya kenceng palagi yg bwa mass muda wih kya naek F1....hehe...
4.full musik walau cempreng tp lumayan
5.sayang ga ada kamar kecilnya Pisss ahhh...
ada TVny gag????
mboten wonten tv mas...namanya ja ekonomi ya ga ada tho mas..


Trims.
kmrn gw liat xgung ekonomi lewta jalur slawi?????uji coba ato dah resmi ya tujuan akir smpe slwai? Kapan ya...
Serius?pic dunk..
Wah,kaligung eko jg ikt smpe slawi tho?senangny hatiku..
Abis tanya mbah gogel
Quote:19/04/2009 08:57 wib - KA Kaligung Mulai Operasional dari Slawi
Slawi, CyberNews. KA Kaligung Ekonomi dan Bisnis akan mulai dioperasionalkan dari Stasiun Slawi pada Hari Kartini, tepatnya tanggal 21 April 2009. Untuk sementara, KA Kaligung baik kelas ekonomi maupun bisnis hanya diberangkatkan satu kali. Sesuai dengan jadwal, KA Kaligung Ekonomi mulai diberangkatkan pada pukul 09.15. Sedangkan, KA Kaligung Bisnis pukul 12.45.
Menurut Suhartono, pemberangkatan pertama KA Kaligung Ekonomi dan Bisnis tersebut rencananya akan dihadiri Bupati Tegal Agus Riyanto SSos MM. Sekaligus meresmikan pengoperasionalan KA Kaligung dari Stasiun Slawi. Sejauh ini, Dishubkominfo telah melakukan sosialisasi kepada camat dan kades yang wilayahnya dilalui sebagai perlintasan kereta api tersebut. Selain itu juga melalui radio dan media cetak.Mengenai perlintasan tidak berpalang pintu, pihaknya akan menyiagakan dua petugas untuk menjaganya. Total ada sebanyak delapan dari 13 perlintasan rel dari Stasiun Slawi- Tegal yang tak berpalang pintu. Setiap perlintasan, akan dijaga dua orang petugas, terutama pada saat hari H pemberangkatan kereta api itu.Selanjutnya, pihaknya akan meminta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk menempatkan personil secara tetap guna menjaga perlintasan rel tak berpalang pintu tersebut. Sebab, mereka yang memiliki kewenangan untuk menambah petugas penjaga perlintasan rel.Untuk memperlancar arus lalu lintas di sekitar Stasiun Slawi, jalan Kemiri yang berlokasi di Desa Pakembaran, Kecamatan Slawi juga akan ditetapkan menjadi jalur satu arah. Kendaraan baik roda dua maupun empat hanya diperbolehkan melintas dari arah selatan Stasiun Slawi- kantor pos, kemudian mengelilingi ruko.Perubahan jalur tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memperlancar arus lalu lintas menjelang keberangkatan kereta api (KA) Kaligung Ekonomi dan Bisnis dari Stasiun Slawi. Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Tegal, Ir Suhartono MM mengatakan, kendaraan yang melaju dari arah utara kini sudah tidak diperkenankan lagi melintas masuk ke jalan Kemiri."Kami sudah mulai menetapkan jalan Kemiri menjadi satu arah dan akan berlaku untuk seterusnya," katanya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kesemrawutan arus lalu lintas di jalan tersebut. Sebab, diprediksikan banyak warga Kabupaten Tegal yang akan mengakses jalan tersebut untuk naik KA Kaligung.(Royce Wijaya /CN13)
dapet dari
jadi kayany kaligung Slawi udah operasi deh
tiket untuk pemberangkatan dari slawi untuk ekonomi Rp.19.000 sedang yang bisnis Rp.30.000 Tepuk Tangan
PEMBERANGKATAN PERDANA KALIGUNG DARI SLAWI MENGANGKUT 23 ORANG
SLAWI – Pemberangkatan perdana KA Kaligung dari Stasiun Slawi, Selasa (21/4), hanya mengangkut 23 penumpang. Pelepasan pemberangkatan KA Kaligung Ekonomi tepat pukul 09.15 WIB , dilakukan oleh Wakil Bupati Tegal HM Hery Soelistiawan SH MHum, mewakili Bupati Tegal Agus Riyanto SSos MM.
Kepala Daop V PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Purwokerto, Nur Mahmudi, Selasa (21/4) mengatakan pemberangkatan perdana KA Kaligung Ekonomi dari Slawi terdiri 4 rangkaian gerbong dengan kapasitas penumpang sekitar 150 penumpang setiap gerbong.
“Untuk pemberangkatan kedua pukul 12.58 WIB, menggunakan Kaligung Bisnis dengan kapasitas penumpang sekitar 70 penumpang setiap gerbongnya,”kata Nur. Jika ingin ada penambahan jadual pemberangkatan, ia berharap agar ada kesepahaman antata Daop V Purwokerto dan Pemkab Tegal agar animo masyarakat tinggi memanfaatkan sarana transportasi itu.
“Kita akan evaluasi pada tiga bulan pertama setelah pemberangkatan perdana, dengan standarisasi setiap Kaligung terdiri tujuh rangkaian gerbong mampu terisi penumpang mencapai 50 penumpang setiap gerbongnya. Tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan jam pemberangkatan,” urainya.
Untuk tarif tiket penupang, jelasnya, untuk KA Kaligung Ekonomi dari Slawi – Semarang, seharga Rp 15.500 penumpang anak-anak dan Rp 19.000 penumpang dewasa. Untuk Kaligung Bisnis, harga tiket Rp 24.500 anak-anak dan Rp 30.000 dewasa. Sementara, pemberangkatan KA Kaligung dari Slawi justru membuat membuat pendapatan di Stasiun Besar Tegal menjadi berkurang. Selain itu, biaya operasional menjadi membengkak karena ditanggung Stasiun Besar Tegal. “Karena baru beroperasi hari ini, ya belum tahu, kalau kemungkinan ya ada,”Kata Wakil Kepala Stasiun Tegal, Akhmad Rifan di hadapan para wartawan.
Terlebih selama ini penumpang KA Stasiun Besar Tegal yang paling dominant adalah penunpang Kaligung Tegal Semarang. Tak hanya berkurang pendapatan karena penumpang kabupaten membeli tiket di Stasiun Slawi akan masuk dalam pendapatan DAOP V Purwokerto, sedangkan biaya operasional harus ditanggung oleh Stasiun Besar Tegal.”Karena lokasinya lebih dekat dengan Stasiun Besar daripada DAOP V,” kata Rifan. Penyusutan kereta api, kerawanan gangguan dan suku cadang harus ditanggung Stasiun Besar Tegal. “Dampak dari pengoperasian kereta api sampai ke Slawi ya penyusutan KA jadi lebih cepat, rawan terjadi gangguan dan suku cadang jadi lebih besar,” pungkasnya. (Nirmala Post) Tepuk Tangan
wah jadi bener neh xgung dah berangkat dari slw wah kapan2 coba ah brkt dr slw.... Tepuk Tangan